Home Business Cara Buat Laporan Keuangan Sederhana dan Mengatur Keuangan Usaha

Cara Buat Laporan Keuangan Sederhana dan Mengatur Keuangan Usaha

266
0
Cara buat Laporan Keuangan

Mikamoney.com– Laporan keuangan merupakan catatan informasi keuangan perusahaan di suatu periode akuntansi yang bisa digunakan untuk menggambarkan kinerja dari perusahaan tersebut. Laporan keuangan juga bisa disebut sebagai bagian proses pelaporan keuangan. Maka dari itu, tidak jarang orang-orang mencari informasi mengenai cara buat laporan keuangan di internet agar bisa membuat laporan yang baik dan benar.

Namun, sayangnya cukup banyak informasi di internet yang menggunakan istilah-istilah rumit yang tidak setiap pebisnis kecil atau menengah mengerti tentang itu ataupun bisa untuk menerapkannya maupun mengetahui cara membaca laporan keuangan yang dicontohkan.

Padahal laporan pada faktanya merupakan kunci dari kesuksesan sebuah perusahaan di dalam menjalankan bisnis baik untuk skala besar ataupun kecil. 

Di perusahaan dengan skala yang besar, laporan keuangan umumnya telah dijalankan dengan sedemikian rupa dan sangat tertata oleh akuntan.

Bahkan tidak jarang perusahaan skala besar ataupun menengah menggunakan software akuntansi untuk memudahkan dalam membuat laporan keuangan perusahaan.

Namun, bagi perusahaan atau bisnis kecil yang belum menggunakan software akuntansi, tidak perlu bingung mengenai bagaimana cara membuat laporan keuangan yang benar.

Itu karena di sini akan membahas tentang bagaimana cara membuat laporan tersebut secara sederhana dan juga membahas tentang cara mengatur keuangan usaha

Nah, Anda ingin tahu bagaimana cara-cara tersebut? Anda harus membaca artikel ini hingga selesai jika begitu. Berikut pembahasannya. 

Cara Buat Laporan Keuangan Sederhana

1.Membuat Buku Catatan Pengeluaran

Pada awal membuka bisnis atau usaha, maka sebaiknya pertimbangkan untuk membuat buku terpisah atau khusus untuk mencatat semua pengeluaran lebih dulu.

Catat semua pengeluaran perusahaan mulai dari pembelian barang dan pengeluaran lain secara jelas. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah untuk mengetahui tentang jumlah dari modal usaha yang sudah dikeluarkan.

2.Membuat Buku Catatan Pemasukan

Tidak hanya pengeluaran yang harus dicatat dengan jelas, semua hal yang ada hubungannya dengan pemasukan uang pun sangat perlu untuk dicatat secara jelas.

Begitupun hasil dari penjualan barang sampai piutang yang telah dibayar. Usahakan untuk Anda mencatat semua pemasukan setiap hari. Ini agar memudahkan Anda di dalam membuat laporan bulanan. 

3.Membuat Buku Kas Utama

Buku kas adalah gabungan dari buku catatan pemasukan serta pengeluaran. Penggabungan ini mempunyai tujuan untuk mengetahui secara detail mengenai besar jumlah kerugian ataupun keuntungan perusahaan.

Tidak hanya itu, buku kas utama ini pun bisa untuk digunakan sebagai sebagai dasar dari pembuatan perencanaan strategi perusahaan di masa yang akan datang. 

4.Membuat Buku Stok Barang

Perusahaan tidak hanya harus mencatat tentang keuangan terus-menerus, namun juga perlu mencatat mengenai jumlah barang.

Pencatatan arus dari masuk dan keluarnya barang perlu untuk dilakukan dengan berkelanjutan dan setiap hari. Jika penjualan tinggi maka seharusnya jumlah barang keluar maupun masuk juga semakin tinggi.

Buku stok ini pun bisa untuk digunakan dalam melakukan monitor jumlah persediaan barang yang perusahaan miliki. Tidak hanya itu, buku ini pun bermanfaat untuk menghindari adanya kecurangan yang terkadang dilakukan oleh supplier maupun karyawan perusahaan yang tidak bertanggung jawab. 

5.Membuat Buku Inventaris Barang

Buku yang satu ini untuk mencatat semua barang yang perusahaan miliki. Barang-barang tersebut baik yang sudah dibeli ataupun sudah diurus. Tidak hanya itu, buku ini juga bisa berfungsi agar aset perusahaan bisa terkendali. 

Nah, itulah cara buat laporan keuangan sederhana yang bisa untuk Anda terapkan di usaha Anda. Setelah mengetahui cara membuat laporan tersebut, tentu Anda juga harus tahu cara mengelola keuangan usaha yang tepat agar bisnis berjalan dengan lancar. Nah, Anda penasaran bagaimana cara tersebut? Berikut pembahasannya. 

Cara Mengatur Keuangan Bisnis atau Usaha

Cara atur keuangan usaha tentunya berbeda dengan cara mengatur keuangan pribadi. Begitupun pasti berbeda dengan cara mengatur keuangan rumah tangga yang bisa dibicarakan berdua dengan pasangan.

Jika Anda sampai salah dalam mengatur keuangan perusahaan, bisa saja malah membuat usaha Anda tersebut gagal untuk berkembang.

Maka dari itu, mari kenali beberapa cara kelola keuangan usaha yang harus diketahui bagi Anda yang baru berkecimpung di dunia bisnis. 

1.Pisahkan Rekening Pribadi, Keluarga serta Usaha

Memisahkan rekening pribadi, keluarga dan usaha adalah hal yang penting dan wajib untuk dilakukan oleh para pelaku usaha.

Hal itu karena dengan semua uang menyatu, Anda bisa sangat kesulitan dalam melihat seberapa jauh bisnis berkembang.

Nah, Anda bisa membuat rekening di beberapa bank dan lembaga keuangan yang berbeda ataupun sama tergantung dari peraturannya. 

2.Buat Perencanaan Umum

Tidak hanya memisahkan rekening yang harus Anda lakukan, namun membuat rencana umum usaha yang sedang dijalankan pun sangat perlu.

Rencana ini seperti program yang dilakukan pada 1 periode panjang lalu membagi ke beberapa periode pendek, misalnya mingguan ataupun triwulan. 

3.Buat Perencanaan Pendapatan

Kemudian Anda pun harus membuat rencana pendapatan yang keperluan modal telah direncanakan sebelumnya. Buatlah rencana tentang bagaimana usaha dilakukan menghasilkan pendapatan terlebih dahulu.

Lalu, buat target penjualan, rencanakan produk-produk yang nantinya dijual serta membuat strategi guna memastikan setiap penjualan bisa menghasilkan keuntungan. 

4.Buat Catatan Proyeksi Arus Kas

Cara atur keuangan usaha yang perlu untuk Anda lakukan secara berkala adalah melakukan pengawasan arus kas. Proses yang ini memang lumayan sulit untuk dilakukan karena harus benar-benar teliti dalam mengawasinya.

Adanya proyeksi mengenai arus kas ini, Anda akan mengetahui tentang kapan menerima uang, kapan waktu mengeluarkan uang, serta apakah Anda mempunyai uang tunai atau tidak. Dengan begitu, Anda bisa untuk mengetahui maupun mengantisipasi adanya minus atau kekurangan di keuangan. 

5.Buat Anggaran Rutin

Anggaran fungsinya sebagai batasan dalam menilai efisiensi dari usaha serta kinerja. Dengan Anda membuat anggaran, Anda bisa membatasi pengeluaran yang sesuai koridor yang mana sebelumnya sudah ditentukan serta diestimasikan. Setelah seluruh anggaran di sebuah periode siap, lakukan budgeting dengan berkesinambungan. 

6.Pisahkan Akunting dan Kasir

Pemisahan antara akunting dari kasir merupakan hal yang juga wajib dilakukan. Apabila bagian kasir membuat laporan keuangan, bisa saja muncul potensi untuk memanipulasi. Misalnya saja dalam laporan ada uang dalam kas, namun ketika dicek atau audit uang tersebut tidak ada. 

7.Kembangkan Usaha Melalui Laba

Kembangkan usaha Anda dengan laba. Jangan sampai Anda menghabiskan uang keuntungan untuk hal-hal lain yang tidak begitu penting dan tidak ada kaitan dengan usah.

Sebaiknya Anda gunakan laba tersebut untuk mengembangkan usaha lebih besar seperti menambah barang dagangan untuk dijual dan lain sebagainya. 

Nah, demikian pembahasan di sini mengenai cara buat laporan keuangan dan juga cara kelola keuangan usaha agar dapat berjalan dengan lancar.

Baca juga: Cara dapat uang cepat minim usaha

Untuk mengetahui perkembangan-perkembangan tentang dunia finance atau keuangan, Anda tentunya harus banyak mencari informasi atau berita bisnis dan keuangan.

Saat ini sudah banyak portal atau sistem layanan informasi keuangan dan hal berkaitan yang bisa Anda jadikan sumber informasi.

Salah satu perusahaan yang mempunyai portal layanan informasi serta perbandingan netral sekaligus terpercaya dalam membantu masyarakat Indonesia cerdas membuat keputusan finansial adalah PT. Puncak Finansial Utama.

Di sini portal layanan yang dimiliki perusahaan tersebut, Anda bisa mencari tahu banyak hal mengenai keuangan, misalnya jenis-jenis rasio keuangan dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat. 

Previous articleTips Cari Uang Di Internet Yang Mudah dan Cepat
Next articleCara Membaca Laporan Keuangan Dengan Mudah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here