Home Business Cara Membaca Laporan Keuangan Dengan Mudah

Cara Membaca Laporan Keuangan Dengan Mudah

58
0
cara membaca laporan keuangan

Mikamoney.com Laporan keuangan merupakan sesuatu yang sangat penting. Oleh karena itu diperlukan kemampuan cara membaca laporan keuangan dengan cepat terutama bagi kalangan eksekutif perusahaan

Sebuah perusahaan dapat mengambil keputusan melalui posisi keuangan perusahaan. Posisi finansial suatu perusahaan akan tercermin dari laporan keuangan yang dibuat oleh bagian keuangan perusahaan.

Laporan keuangan akan dibuat selama periode tertentu serta dengan metode tertentu. Ada cara buat laporan keuangan yang baik yang seharusnya dipahami oleh bagian keuangan.

Tujuannya agar laporan keuangan yang dibuat benar – benar menggambarkan kondisi perusahaan saat ini.

Jenis Laporan Keuangan

Laporan keuangan perusahaan dapat memengaruhi keputusan krusial yang diambil oleh pemilik usaha. Laporan keuangan akan menjadi bahan rujukan untuk mengambil keputusan penting.

Beberapa laporan keuangan yang sering menjadi bahan acuan keputusan perusahaan ada 4 jenis yaitu :

  1. Laporan laba rugi atau income statement.
  2. Laporan neraca atau balanced statement.
  3. Laporan perubahan modal atau the statement of shareholder’s equity.
  4. Laporan arus kas atau cash flow statement

Pemilik usaha biasanya menggunakan keempat jenis laporan di atas untuk mengambil keputusan. Hanya saja pemilik perusahaan biasanya menggunakan laporan nomor 1,2 dan 4 lebih sering.

Cara Membaca Neraca Perusahaan

Sangat penting bagi pemilik perusahaan untuk mengetahui cara membaca laporan keuangan. Laporan neraca adalah laporan pertama yang harus dibaca. Pada laporan ini, Anda harus melihat posisi keuangan perusahaan pada beberapa periode. 

Dalam laporan neraca ada tidak hal penting yang seharusnya menjadi perhatian. Yang pertama adalah Aset, yang kedua adalah hutang dan yang terakhir adalah modal. Antara aktiva dan pasiva haruslah seimbang.

Cara Membaca Laporan Laba Rugi

Selanjutnya Anda juga harus tahu cara membaca laporan keuangan laba rugi. Dalam laporan laba rugi, Anda akan mendapati hasil usaha dalam beberapa periode. Anda akan melihat total pendapatan dan nilai total biaya yang dikeluarkan dalam periode tersebut. 

Anda harus memperhatikan apakah dalam laporan laba rugi perusahaan dinyatakan laba atau rugi. Perusahaan bisa dikatakan laba apabila memiliki pendapatan yang nilainya lebih besar dari pada beban perusahaan. Sedangkan perusahaan dikatakan rugi apabila memiliki beban yang lebih besar dibanding dengan pendapatan. 

Cara Membaca Laporan Arus Kas

Laporan terakhir yang harus Anda ketahui adalah laporan arus kas. Cara membaca laporan keuangan arus kas adalah dengan melihat apakah arus kas positif atau negatif.

Apabila perusahaan menghasilkan profit yang nilainya lebih besar dari biaya operasional maka bisa disebut positif. Berlaku sebaliknya untuk negatif.

Dalam membaca laporan arus kas, Anda juga harus membandingkan laporan dari periode sebelumnya. Arus kas dari beberapa periode dapat menentukan kondisi keuangan perusahaan selama ini. Masa depan dan keberlangsungan usaha juga dapat terlihat melalui laporan keuangan arus kas tersebut. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here