Home News Perbedaan Bank dan Lembaga keuangan lainnya

Perbedaan Bank dan Lembaga keuangan lainnya

79
0
Perbedaan Bank dan Lembaga keuangan lainnya
Image: unsplash (Cory Woodward)

Mikamoney.com Cara buat laporan keuangan – mungkin anda tidak asing lagi dengan bank dan juga Lembaga keuangan lainnya . Kedua institusi ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat. Usaha yang bergerak dalam bidang keuangan, dalam praktiknya dibedakan menjadi dua golongan. Yaitu, Lembaga keuangan bank dan Lembaga keuangan lainnya.

Dalam suatu negara diperlukan adanya lembaga keuangan. Karena bank atau lembaga keuangan lainnya mampu mengendalikan peredaran uang sehingga tidak menimbulkan dampak negatif pada masyarakat. Umumnya kerja dari kedua lembaga keuangan ini tidak jauh berbeda. Yakni, menyediakan jasa dan melayani masyarakat dalam bentuk simpanan maupun permodalan. Tetapi, lembaga keuangan bank dan lembaga keuangan lainnya juga terdapat perbedaan. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini.

Perbedaan Lembaga Keuangan Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya

Bank dan lembaga keuangan lainnya terdapat perbedaan yang signifikan. Lembaga keuangan bank merupakan suatu bentuk lembaga keuangan yang memberikan layanan keuangan yang lengkap. Mulai dari penyimpanan, pembayaran dan peminjaman / kredit. Dalam praktiknya bank terbagi atas 3 jenis yaitu:

1. Bank sentral

Bank sentral di Indonesia adalah bank Indonesia. Adanya bank sentral bertujuan untuk mencapai dan memelihara agar rupiah tetap stabil. Stabil disini dimaksudkan agar nilai rupiah tetap stabil terhadap barang dan jasa dan mata uang negara lain.

2. Bank umum

Bank umum merupakan bank yang melakukan kegiatan perbankan. Mereka memberikan fasilitas simpanan, pinjaman, menyimpan barang berharga dan masih banyak lagi.

3. Bank Perkreditan Rakyat

Kegiatan yang dilakukan BPR lebih sempit ketimbang bank umum. Sebab, BPR dilarang untuk menerima simpanan giro, kegiatan valas dan asuransi.

Sementara lembaga keuangan lainnya adalah lembaga yang menyediakan pelayanan jasa keuangan yang diatur oleh regulasi yang dibuat oleh pemerintah. Lembaga keuangan lainnya bisa dikatakan sebagai aktivitas pembiayaan. Dimana, lembaga tersebut melakukan kegiatan pembiayaan dalam bentuk penyediaan dana serta barang modal. 

Adapun jenis lembaga keuangan lainnya yaitu koperasi simpan pinjam, asuransi, pegadaian dan masih banyak lagi. Biasanya lembaga keuangan lainnya memfokuskan salah satu bidang saja. Penyaluran dana atau penghimpunan dana. Meskipun ada juga yang melakukan keduanya. 

Fungsi Lembaga Keuangan Bank

Dilihat dari aktivitasnya lembaga keuangan bank dan lembaga keuangan lainnya memiliki fungsi yang berbeda. Bank mempunyai fungsi sebagai penyedia jasa terkait penyimpanan dan perluasan kredit. Utamanya bank melakukan pengumpulan dana yang berasal dari masyarakat dengan memberikan berbagai pelayanan produk keuangan.

Fungsi Lembaga Keuangan Lainnya

Meskipun lembaga keuangan lainnya bukan keuangan bank. Tetapi peranya dalam masyarakat cukup penting. Fungsi utama dari keuangan lainnya yaitu menghimpun dana dengan menerbitkan surat berharga yang kemudian menyalurkanya kepada masyarakat umum. Bahkan, Lembaga keuangan lainnya mendorong dan membantu usaha kecil dan menengah dalam permodalan. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here