Cara Mendirikan Perusahaan Media dalam 5 Langkah

Cara Mendirikan Perusahaan Media dalam 5 Langkah Mudah
Image by Gerd Altmann from Pixabay

Bagaimana cara mendirikan perusahaan media? Sebelumnya telah dibahas di laman media online. Kali ini akan dibahas lebih lanjut dalam mendirikan startup media

Apa itu Perusahaan Media?

Perusahaan media adalah perusahaan yang bergerak dalam bisnis media dengan membuat konten dan menerbitkannya secara berkala dengan melibatkan editor dan penulis profesional

Industri media termasuk di dalamnya berisi produksi film dan musik, grafik, seni, dan semua jenis konten media termasuk media sosial di dalamnya termasuk pula komunitas digital dalam bentuk platform berbagi konten buatan pengguna.

Apa yang Dilakukan Perusahaan Media?

Perusahaan media di dalamnya terdapat aktivitas penerbit yang berfungsi untuk memberikan informasi yang berbeda kepada pembaca: berita terkini, investigasi, ulasan, dll. Beberapa media mencakup banyak topik – politik, bisnis, ekonomi, kesehatan, dll. Lainnya mengkhususkan diri dalam satu topik khusus untuk publikasi mereka.

Selain cetak, penerbit juga menempatkan konten mereka secara online. Dengan situs web, mereka memiliki lebih banyak peluang untuk melibatkan pengunjung. Selain teks dan foto, perusahaan media membuat konten audio dan video. Mereka dapat menggunakan platform seperti YouTube untuk berinteraksi dengan audiens mereka dengan cara tambahan.

“Produk” utama media online adalah konten. Konten dan pembaca menciptakan nilai bagi penerbit. Semakin banyak trafik situs web media semakin baik untuk menjadikannya populer. Perusahaan media populer memiliki lebih banyak peluang untuk bekerja dengan pengiklan daripada yang kurang dikenal. Dengan demikian, mereka memiliki lebih banyak aliran pendapatan potensial.

Memulai Perusahaan Media

Jika Anda ingin memulai perusahaan media independen dengan konten Anda sendiri, ikuti tips kami di bawah ini cara mendirikan perusahaan media.

1. Target audiens

Langkah pertama tentukan target audiens. Perusahaan media anda target sasarannya siapa? Apakah semua kalangan, remaja, dewasa atau lainnya.

Anda perlu menargetkan kelompok pembaca tertentu. Ini akan memberi Anda ide untuk konten, dan memberi Anda arahan untuk membangun situs web. Tergantung pada jumlah pembaca potensial, Anda dapat menentukan ukuran bisnis Anda.

Sebagai contoh, misalkan Anda ingin membuat blog tentang olahraga. Tentukan kelompok target Anda (atau kelompok) – usia, jenis kelamin, wilayah, dll.

Hubungkan segmen dengan olahraga tertentu (yaitu sepak bola, bola basket, renang, dll.). Sekarang Anda dapat merencanakan batas lalu lintas untuk situs web Anda, tahap pengembangan bisnis Anda, dan saluran pemasaran untuk berinteraksi dengan pengguna.

Anda tahu minat audiens Anda, dan apa yang mereka butuhkan. Berdasarkan info ini, Anda dapat langsung membangun aliran pendapatan dengan bekerja sama dengan pengiklan.

2. Branding Atau Image

Bangun branding atau image bagi perusahaan media anda dengan mengidentifikasi fitur berharga dari perusahaan media Anda. Apa yang membedakan perusahaan media anda dengan pesaing lainnya? Tetap unik atau buat sesuatu yang unik yang menjadi ciri media anda

Keunikan ini akan membentuk citra perusahaan Anda dan pesan inti bagi pembaca. Info baru apa yang akan ditemukan pengguna di situs web Anda? Buatlah jelas bagi pembaca. Tunjukkan manfaat yang akan mereka dapatkan dari perusahaan Anda.

3. Portal Media Online

Masa keemasan media cetak telah berlalu, Anda dapat dengan mudah memulai perusahaan media online hanya dengan menginstal WordPress.

Bahkan beberapa surat kabar ternama telah menghentikan pencetakannya untuk memangkas pengeluaran. Juga, beberapa media cetak terkemuka menerbitkan artikel di situs web mereka sebelum dicetak.

Media online lebih praktis dengan jangkauan luas untuk audiens, dalam membuat media online pastikan hosting yang digunakan handal dan akses cepat seperti Niagahoster

4. Buat konten dan tarik pengguna

Tentukan kategori dan topik untuk membuat konten. Dasarkan pilihan Anda pada popularitas topik, permintaan pencarian, tren, dan/atau kata kunci.

Buat konten berkualitas tinggi, unik, dan bermanfaat bagi audiens Anda. Bergantung pada niche Anda (berita, cerita, artikel blog), rencanakan strategi pemasaran untuk menarik pengunjung baru, dan berinteraksi dengan pelanggan setia.

Untuk promosi situs web, Anda dapat menggunakan:

  • Optimisasi Mesin Pencari
  • iklan berbayar
  • blog tamu
  • Pemasaran media sosial
  • Bermitra dengan media lain

5. Dapatkan Sumber Pemasukan

Perusahaan media bukanlah yayasan amal, anda harus mencetak keuntungan agar bisnis media anda dapat berjalan dan menguntungkan

Ada beberapa cara untuk menghasilkan uang bagi perusahaan media yaitu:

a. Google AdSense.

Adsense menjadi favorit bagi para publisher media online, Jumlah pendapatan Anda tergantung pada lalu lintas situs web Anda. Biaya Per Klik (BPK) berbeda untuk berbagai industri. Umumnya, tarifnya berkisar dari beberapa sen hingga $1-2 per klik. Rata-rata, jumlah klik pada iklan kurang dari 1% dari lalu lintas situs web.

b. Platform iklan pihak ketiga.

Sama seperti Google Ads, platform pihak ketiga menghubungkan pengiklan dengan pemilik situs web. Namun, Anda mendapatkan lebih banyak potensi pendapatan. Misalnya, ZEDO memberi penayang format iklan dan video yang kaya untuk ditampilkan di situs web mereka.

Perusahaan memiliki alat untuk penargetan dan pelaporan. Anda bahkan dapat menemukan server iklan dengan konten teks promosi yang sudah jadi.

c. Penggalangan dana (crowdfunding).

Jika Anda telah mengumpulkan basis pelanggan setia, minta mereka untuk membantu mengembangkan bisnis Anda. Jelas, itu akan berhasil jika perusahaan Anda sangat dipercaya.

Misalnya, mungkin Anda menulis tentang ekonomi tetapi ingin mempekerjakan seseorang untuk memulai kolom politik. Crowdfunding dapat membantu Anda mengumpulkan sejumlah uang untuk investasi lebih lanjut.

d. Konten berbayar.

Tawarkan pelanggan Anda akses ke konten yang sangat berharga dengan biaya tertentu. Keanggotaan (membership) agak populer di kalangan media online.

Anda dapat menggunakan alat paywall untuk mengamankan konten berbayar Anda. Untuk mendorong pengunjung berpartisipasi, tawarkan bonus dengan pembelian (panggilan ke editor, konsultasi).

e. Saluran Youtube.

Buat versi video dari konten Anda, sehingga dapat diposting di Youtube. Uangkan saluran YouTube Anda dengan iklan.

f. Program mitra.

Banyak perusahaan memiliki program afiliasi untuk penjualan produk mereka melalui jaringan mitra mereka.

Anda bisa bergabung dengan afiliasi produk jaringan mitra. Pilihan lain bagi perusahaan yang sudah memiliki pengaruh dalam industrinya adalah mencari sponsor. Sponsor memberikan pendapatan bagi perusahaan media dan menjadi mitra mereka.

Tools yang bisa digunakan

Mari kita lihat beberapa alat untuk memulai dan mengembangkan proyek media dengan sukses.

CMS: Anda bisa menyewa pengembang untuk membuat website sendiri atau menggunakan CMS seperti wordpress.

Media sosial : Facebook, Twitter, Instagram. Jangkau audiens target Anda dengan segala macam platform sosial yang Anda bisa. Arahkan ulang pengguna dari media sosial ke situs web Anda untuk menghasilkan lalu lintas.

Video: YouTube, Vimeo. Gunakan YouTube untuk menghosting dan memonetisasi konten video Anda. Gunakan Vimeo untuk streaming langsung, atau publikasikan video tanpa iklan.

Foto: Imgur, Flickr, ImageShack. Simpan foto Anda secara eksternal untuk menghemat ruang disk di server Anda.

Email: Aweber, Sendinblue, MailChimp, HubSpot. Sistem pemasaran email akan membantu Anda berinteraksi dengan pelanggan secara pribadi, memberi tahu mereka tentang penawaran, dan melacak tanggapan mereka.

Push notification: Platform push adalah cara yang bagus untuk menghasilkan lalu lintas kembali ke situs web Anda. Alat otomatisasi memudahkan untuk memberi tahu pelanggan tentang berita terbaru, posting baru, dll.

Ringkasan

Untuk mendirikan perusahaan media yang independen dan bereputasi baik, yang menghasilkan pendapatan, Anda harus:

  1. Tentukan audiens target dan niche Anda.
  2. Buat konten unik yang berharga.
  3. Tentukan pesan inti Anda dan manfaatnya bagi pembaca.
  4. Pikat pengunjung dengan SEO, SMM, guest blogging, bermitra dengan media online lainnya.
  5. Berinteraksi dengan audiens Anda menggunakan pemasaran email, pemberitahuan push, media sosial.
  6. Buat versi audio/video dari konten Anda, dan posting di platform lain, untuk menjangkau audiens yang lebih luas.
  7. Uangkan situs web dan saluran YouTube Anda dengan menampilkan iklan Google.
  8. Terhubung ke platform iklan pihak ketiga (sebagai opsi tambahan).
  9. Perluas bisnis Anda dengan crowdfunding.
  10. Buka kunci bagian tertentu dari situs web Anda untuk anggota yang membayar.
  11. Promosikan/jual produk melalui program afiliasi, dan hasilkan pendapatan komisi untuk perusahaan Anda.
  12. Cari perusahaan yang tertarik dengan konten Anda untuk mendapatkan sponsor.

Demikian Cara Mendirikan Perusahaan Media dalam 5 Langkah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.