Catat Tips Memulai Bisnis Wisata Berikut

Catat Tips Memulai Bisnis Wisata Berikut

Tips memulai bisnis wisata tidak terlalu mudah karena harus ada beberapa yang dipersiapkan. Ada banyak sekali bisnis wisata yang menjamur di Indonesia dan pasti mendapatkan banyak pelanggan, apalagi jika tempat wisatanya memiliki keunikan.

Kebanyakan orang memanfaatkan lahan di daerahnya yang sekiranya cocok untuk bisnis wisata lalu mempromosikannya melalui sosial media. Akan tetapi sebagai pemula yang baru mau bergelut di bidang travel cobalah untuk mengikuti beberapa tips di bawah ini. 

Tips dan Trik Memulai Bisnis Agen Wisata

Sama seperti bisnis lainnya yang juga harus melalui beberapa tahapan, bisnis wisata juga harus butuh persiapan. Modal adalah yang paling penting karena akan digunakan untuk membeli sebuah lokasi dari agen wisata. Beberapa tipsnya adalah sebagai berikut

1.     Memilih Jenis Usaha Wisata yang Diinginkan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan memilih jenis wisatanya terlebih dahulu. Ada banyak pilihan jika ingin menjadi seorang agen wisata. Beberapa contohnya adalah menjadi agen tiket pesawat, bus, kereta api atau memiliki kamar hotel.

Selain itu ada juga agen wisata yang akan bertugas untuk mengantarkan wisatawan ke destinasi wisatanya. Jenis lainnya adalah sebagai agen yang mengurus visa dan paspor, kemudian setelah memilih jenisnya maka cobalah untuk mempelajari terlebih dahulu mengenai jenis wisatanya.

Dapatkan informasi yang lengkap mengenai jenis agen wisata tersebut agar mudah dalam memulai bisnis. Agar mendapatkan informasi yang lengkap cobalah untuk mencari tahu lewat agen wisata lainnya. Jadikan sebagai patokan untuk berbisnis agar lebih mudah memulainya.

2.     Mulai Membuat Profil Usaha

Tips memulai bisnis wisata yang berikutnya adalah dengan memulai membuat profil usaha. Agar orang mudah percaya dengan bisnis yang telah dibuat maka buatlah profil usaha secara menarik sehingga tampak profesional.

Selain itu profil usaha juga berpengaruh pada kredibilitas dari bisnis yang dibuat. Agar mudah menarik pelanggan maka dinilai dari profil usaha yang telah dibuat. Caranya adalah dengan memaparkan apa saja kelebihan dari bisnis wisata yang sedang dijalankan.

3.     Memetakan Lokasi Agen Wisata

Tips berikutnya adalah membuat peta lokasi agar pelanggan tahu dimana letak kantor agen wisata tersebut. Selain itu buatlah juga peta lokasi wisata yang menjadi tujuan dari agen agar pelanggan tidak bingung. Tempat mana saja yang menjadi tujuan wisata maka harus dimasukkan ke dalam peta.

Misalnya dengan membuat peta wisata kuliner atau sejarah, buatlah peta yang jelas. Selain itu yang lebih penting adalah mengenai jaraknya jangan sampai lebih dari 200 KM. Jika jaraknya jauh maka akan membutuhkan biaya yang lebih besar.

4.     Membuat Nama Agen yang Gampang Diingat

Tips untuk memulai menjadi agen wisata adalah dengan membuat nama agen yang mudah diingat oleh pelanggan. Boleh menggunakan bahasa asing akan tetapi harus dipahami oleh pelanggan agar tidak bingung. Jangan membuat nama agen yang sulit diucapkan dan diingat.

5.     Mendaftarkan Bisnis Agen Wisata

Tips memulai bisnis wisata yang berikutnya adalah dengan mendaftarkan bisnis tersebut. Setelah selesai membuat nama perusahaan dan logonya maka langkah selanjutnya adalah memiliki hak kekayaan intelektual. Jadi untuk berjaga-jaga jika suatu hari ada orang yang ingin menggunakan nama tersebut.

6.     Mulai Mempromosikan Bisnis dengan Penawaran Menarik

Karena bisnisnya masih baru agar bisa mendapatkan pelanggan cobalah untuk mulai mempromosikan bisnis tersebut dengan memberi penawaran. Buatlah beberapa paket penawaran menarik kemudian sebarkan di internet atau sosial media.

Apalagi jika terdapat promo tentu akan memudahkan untuk menarik pelanggan. Semua orang lebih suka jika ada promo atau potongan harga.

7.     Melakukan Perluasan Bisnis

Tips yang terakhir adalah dengan melakukan perluasan bisnis atau melakukan kerjasama. Caranya adalah membuat kerjasama dengan pihak pemerintah daerah, jasa transportasi, pengelola destinasi wisata dan lain sebagainya.

Ada banyak tips memulai bisnis wisata yang bisa diterapkan jika ingin menjadi seorang agen. Tentu ada modal yang harus dipersiapkan sebelum menjadi agen wisata. Lalu setelah modal maka tentukan jenis agen wisata apa yang diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.