Panduan Bisnis Yang Menerapkan Kerja Work From Home

Panduan Untuk Bisnis Yang Menerapkan Kerja Work From Home Berikut Kelebihan dan Kelemahannya
Bekerja dari rumah (photo: xframe.io)

Ada keuntungan dan kerugian yang jelas untuk bekerja dari rumah (Work From Home). Diantara kelebihannya Lebih nyaman, dan bisa jauh lebih murah untuk bekerja di rumah. Ini dapat mengurangi stres Anda dengan kesibukan dan kemacetan perjalanan anda menuju kantor.

Tapi, bekerja di rumah akan menjadikan anda kesepian, dan Anda harus mendisiplinkan diri untuk mulai bekerja dan kemudian mengakhiri hari kerja Anda karena batas antara rumah dan pekerjaan akan mudah kabur. Anda mungkin juga kehilangan kesempatan melebarkan jaringan sosialisasi dan belajar.

Kelebihan dan Kekurangan Work From Home

KELEBIHAN

Tidak perlu bolak-balik. Anda akan menghemat waktu dan uang untuk biaya transportasi, pakaian anda, sekaligus mengurangi stres harian Anda.

Lebih fleksibel. Anda dapat memilih untuk bekerja pada waktu paling produktif sepanjang hari dan menciptakan lingkungan tempat Anda bekerja paling baik.

Lebih seimbang. Tidak ada jaminan, tetapi dengan menciptakan lingkungan Anda sendiri, Anda akan memiliki kesempatan lebih baik untuk menjaga keseimbangan antara kehidupan kerja dan kehidupan pribadi Anda.

KEKURANGAN

Disiplin diri adalah suatu keharusan. Anda bekerja sendirian di rumah tanpa teman kantor di sekitar anda. Garis antara pekerjaan dan rumah cenderung kabur. Anda harus termotivasi dan disiplin diri.

Apakah Anda baik-baik saja dengan isolasi? Tidak semua orang bisa bekerja dari rumah. Bekerja pada hari Anda sendiri tanpa waktu tatap muka dengan rekan kerja bisa sangat kesepian.

Namun, media sosial dapat membantu Anda terhubung dengan klien, kolega, dan mitra bisnis lainnya.

Menghentikan kerja di malam hari bisa jadi sulit. Meskipun Anda mungkin membangun keseimbangan kerja/kehidupan pribadi yang lebih baik, jika Anda tidak memiliki disiplin untuk menetapkan batasan dan Anda cenderung terlalu banyak bekerja, Anda berisiko melanggar batas waktu kerja keluarga.

Kehilangan kesempatan belajar. Di luar isolasi bekerja sendiri, Anda akan kehilangan kesempatan untuk belajar dari orang lain secara informal dan berjejaring. Anda masih dapat menemukan peluang itu, tetapi itu akan membutuhkan lebih banyak usaha.

Panduan Dan Kiat Bisnis dengan Work From Home

Kondisi dunia saat ini telah memaksa banyak bisnis untuk membuat karyawannya bekerja dari rumah untuk mencegah penyebaran penyakit. Namun, tidak semudah mengirim pekerja Anda pulang, karena Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki proses dan sistem.

Dan Anda pasti ingin mendapatkan kebijakan kerja dari rumah yang tepat untuk membantu melindungi bisnis Anda dari masalah kewajiban.

Berikut kita mengelola tim jarak jauh dalam penerapan work from home:

Gunakan Teknologi untuk Menghubungkan Tim yang Bekerja Dari Rumah

Di mana pun mereka berada, tenaga kerja virtual memudahkan karyawan Anda bekerja dari mana saja. Untuk membuat tim Anda sukses dan mengelola karyawan jarak jauh Anda secara efektif, Anda memerlukan alat yang tepat.

Itu sebabnya memilih teknologi tenaga kerja virtual adalah pilihan penting. Pilihlah Alat-alat teknologi yang dapat membantu tim Anda untuk:

  • Menyampaikan
  • Bersidang
  • Bagikan dokumen
  • Kelola proyek
  • Lacak kemajuan

Pastikan Karyawan Anda Memiliki Ruang Kerja Dari Rumah

Jika Anda ingin berhasil menjalankan bisnis dari rumah, penting untuk memiliki tempat terpisah yang didedikasikan sebagai ruang kerja Anda. Ini adalah prinsip yang sama yang harus diikuti oleh karyawan Anda saat mereka bekerja dari jarak jauh.

Ketahuilah bahwa rumah karyawan Anda mungkin tidak memiliki pengaturan fisik kantor yang paling ideal. Jadi, Anda mungkin ingin menyarankan mereka memilih atau membuat ruang yang terbaik di rumah mereka untuk didedikasikan untuk bekerja.

Tips untuk Pemilik Bisnis Bekerja dari Rumah

Memulai bisnis yang memungkinkan Anda menghasilkan uang dari rumah lebih dapat dicapai dari sebelumnya. Namun, penting untuk bertanya pada diri sendiri sebelum memulai bisnis dari rumah dan untuk menilai apakah program kerja dari rumah Anda berada di jalur yang benar untuk pertumbuhan dan kesuksesan.

a. Bisakah Anda Menumbuhkan Bisnis Anda dari Jarak Jauh?

Banyak pemilik usaha kecil hingga menengah menghadapi tantangan yang sama saat mereka menikmati pertumbuhan yang cepat: cara cepat menskalakan operasi mereka tanpa meningkatkan biaya overhead secara dramatis.

Menciptakan tempat kerja virtual dapat membantu mengatasi tantangan ini. Salah satu manfaatnya adalah karyawan bekerja dari rumah sehingga Anda tidak perlu menyewa ruang kantor dan terus-menerus pindah ke kantor yang lebih besar seiring pertumbuhan bisnis Anda.

Namun, tempat kerja virtual memang mencegah Anda melakukan kontak tatap muka setiap hari dengan tim Anda, sehingga kemungkinan akan mengubah budaya bisnis Anda. Itulah mengapa penting untuk mempertimbangkan keuntungan dan kerugian dari tenaga kerja virtual dan melihat pro dan kontra dari bekerja dari rumah vs. lokasi kantor.

b. Apakah Anda Perlu Melengkapi Tenaga Kerja Virtual Anda?

Tidak semua orang di tenaga kerja virtual Anda perlu bekerja penuh waktu. Anda mungkin menemukan bahwa Anda dapat mengalihdayakan pekerjaan ke kontraktor lepas atau menggunakan sumber daya lepas pantai untuk beberapa fungsi bisnis Anda. Ini memungkinkan staf penuh waktu Anda untuk fokus pada proyek dan tugas penting yang dapat membantu bisnis Anda tumbuh dan sukses.

c. Menyeimbangkan Kehidupan Rumah Saat Bekerja Dari Rumah

Jelas ada keuntungan dan kerugian bekerja dari rumah. Meskipun lebih nyaman dan lebih murah, itu bisa membuat Anda kesepian dan Anda harus disiplin untuk menyelesaikan pekerjaan dan mengakhiri hari Anda. Bekerja dari rumah mengaburkan batas antara kehidupan rumah dan pekerjaan Anda.

Untuk membantu produktivitas Anda, Anda bisa tetap profesional saat bekerja dari rumah. Misalnya, mengenakan pakaian kerja dapat membuat Anda memiliki pola pikir yang lebih produktif dan membuat Anda fokus pada pekerjaan.

Mengakhiri hari kerja Anda adalah bagian penting dari menjaga keseimbangan kehidupan kerja. Bekerja dari rumah memberi Anda akses ke peralatan bisnis Anda dan memudahkan Anda untuk bekerja lebih lama. Namun, mengetahui kapan harus mengakhiri hari kerja Anda dapat meningkatkan kesehatan mental dan produktivitas Anda secara keseluruhan.

Info lain: Skill Seorang Wirausaha yang Harus Dimiliki

Leave a Reply

Your email address will not be published.