Home Money Cara Pintar Mengatur Keuangan Rumah Tangga Yang Baik dan Benar

Cara Pintar Mengatur Keuangan Rumah Tangga Yang Baik dan Benar

187
0
mengatur keuangan rumah tangga

Mikamoney.com Menjaga keuangan rumah tangga agar tetap tercukupi adalah salah satu kunci keharmonisan sebuah keluarga. Memang cara mengatur keuangan rumah tangga akan berbeda-beda sesuai dengan pemasukan dan pendapatan.

Misalnya saja sebuah keluarga memiliki dua  atau tiga sumber pendapatan. Yaitu pendapatan dari suami istri dan usaha sampingan. Dengan begitu, mereka akan leluasa mengalokasikan pengeluaran.

Tetapi, hal itu tidak berlaku bila mereka tidak pintar memanajemen keuangan. Bisa saja mereka malah mengalami kekurangan karena terlalu boros.

Jadi, bukan berarti keluarga yang mempunyai pendapatan rendah tidak bisa memaksimalkan keuangan. Supaya anda tidak bingung, berikut kami berikan cara pintar mengatur keuangan rumah tangga yang baik dan benar

Menghitung Seluruh Pendapatan 

Pasti anda memiliki pendapatan setiap bulannya bukan. Agar lebih mudah anda perlu menghitung seluruh pemasukan. Hal ini bertujuan, supaya anda lebih mudah untuk mengalokasikan dana untuk kebutuhan yang diperlukan.

Dari keseluruhan pendapatan tersebut anda akan mengetahui berapa budget yang harus dikeluarkan setiap bulan.

Membuat Catatan Belanja Bulanan

Para mom harus cermat dan bijak dalam mengatur belanja bulanan. Agar tidak bingung saat belanja, anda bisa membuat catatan kecil untuk membeli barang yang diperlukan saja.

Hal ini sangat baik untuk menghindari pengeluaran yang tidak diperlukan. Usahakan dana yang anda siapkan cukup untuk belanja bulanan. 

Membayar Kewajiban

Mengatur keuangan rumah tangga berikutnya yaitu membayar semua tagihan dengan tepat waktu. Sehingga, dapat mengurangi beban anda.

Jangan sampai anda menunda membayar kewajiban tersebut. Kewajiban yang harus anda utamakan adalah cicilan rumah, cicilan kendaraan ataupun tagihan kartu kredit. 

Usahakan Untuk Menabung

Memang penghasilan yang tidak begitu besar, susah untuk menyisihkannya. Tapi, dengan penghasilan minim bukan berarti anda tidak bisa menabung.

Anda bisa menyisihkan 10 hingga 15 % untuk di tabung. Supaya selalu bisa menabung anda perlu sedikit menghemat pengeluaran. 

Berinvestasi

Sebaiknya tidak hanya menabung, anda bisa mengembangkanya dengan cara berinvestasi. Dengan investasi uang anda akan semakin banyak.

Perkembangan zaman yang serba modern ini banyak sekali cara untuk investasi. Anda bisa menyesuaikan dengan kemampuan dan ketersediaan dana anda.

Menyisihkan Untuk Dana Pendidikan Anak

Cara mengatur keuangan rumah tangga berikutnya tidak kalah penting. Masa depan anak tentu harus anda pikirkan. Pasti anda menginginkan anak anda menempuh Pendidikan yang baik bukan. Untuk itu, anda juga perlu menyisihkan dana untuk mempersiapkan masa depan anak. 

Membuat Laporan Keuangan

Pasangan yang sudah berumah tangga tentu harus mengetahui bagaimana cara buat laporan keuangan rumah tangga. Dengan adanya laporan bisa dijadikan informasi keuangan setiap bulannya.

Apakah mengalami progress yang baik atau tidak. Selain itu, laporan ini juga dapat menjadi bahan evaluasi jika terjadi pengeluaran yang tidak sesuai. 

Previous articleCara Mengatur Keuangan Usaha Kecil
Next articlePerbedaan Bank dan Lembaga keuangan lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here