Home Business Sistem Layanan Informasi Keuangan Bagi Debitur Dan Masyarakat Umum

Sistem Layanan Informasi Keuangan Bagi Debitur Dan Masyarakat Umum

74
0
sistem layanan informasi keuangan

Mikamoney.com– Sistem layanan informasi keuangan atau yang disingkat dengan SLIK adalah sistem informasi yang fungsinya untuk melakukan tugas pengawasan serta pelayanan informasi terkait keuangan.

Sistem layanan tersebut diluncurkan pada awal tahun 2018 oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sistem ini menjadi peran pengganti dari Sistem Informasi Debitur (SID) Bank Indonesia atau yang biasa disebut dengan BI Checking.

Sistem layanan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat yang mengajukan pinjaman kredit kilat. Riwayat pinjam kredit kilat akan terlihat di SID Bank Indonesia.

Nah, SID ini kini sudah diganti dengan sistem yang mempunyai cakupan yang lebih luas, yaitu SLIK. Cara buat laporan keuangan yang baik dapat anda lihat disana. Berikut adalah manfaat SLIK bagi kreditur dan debitur/ masyarakat.

Manfaat bagi kreditur 

SLIK ini dapat membantu mempercepat proses analisis juga pengambilan keputusan tanpa adanya kartu kredit. Selain itu, adanya SLIK ini juga dapat menurunkan resiko pinjam kredit kilat yang dapat bermasalah di kemudian hari.

Pemberi pinjam kredit kilat juga bisa menilai bagaimana reputasi pinjam kredit kilat dari calon debitur sebagai pelengkap ataupun pengganti agunan.

Adanya SLIK juga menjaga efisiensi biaya operasional. Yang paling penting adalah sangat mendukung transparansi pengelolaan pinjam kredit kilat.

Manfaat bagi debitur/ masyarakat 

Setiap debitur tentunya menginginkan waktu yang cepat untuk bisa memperoleh persetujuan jika ingin melakukan pinjam kredit kilat. Adanya sistem layanan informasi keuangan ini akan sangat membantu hal tersebut.

Bagi seorang nasabah baru yang tergolong sebagai usaha mikro, kecil, juga menengah bisa mendapatkan akses lebih luas kepada pemberi pinjaman, yaitu dengan mengandalkan reputasi keuangan yang dimilikinya. Jadi, tidak tergantung pada kemampuannya dalam menyediakan agunan. 

Di dalam SLIK tidak hanya dari industri perbankan saja yang menjadi cakupan pelapornya, namun juga dari lembaga jasa keuangan serta dari non lembaga jasa keuangan.

Sementara itu, seperti koperasi simpan pinjam bisa juga menjadi pelapor SLIK jika telah memenuhi syarat serta sudah mendapat persetujuan dari OJK. 

Secara umum adanya SLIK ini sangat bermanfaat bagi debitur maupun masyarakat umum. Data pinjam kredit kilat perbankan sudah terekam dengan baik. Tidak hanya itu, informasi terkait status agunan dan rincian penjamin pinjam kredit kilat juga bisa diakses disana. 

Walau bagaimanapun, anda harus tetap berhati-hati karena saat ini sudah banyak sekali aplikasi pinjaman online yang memudahkan masyarakat dalam mengambil cicilan.

Pinjaman tersebut menawarkan kemudahan dan cepat cair. Artinya, anda harus mengetahui dan selektif dalam memilih aplikasi terbaik sehingga nantinya tidak ada masalah di kemudian hari. 

Bagi anda yang ingin menggunakan layanan SLIK ini sebaiknya tidak diwakilkan karena semua data pribadi anda ada disana. Agar tetap terjaga kerahasiaannya sebaiknya dilakukan oleh diri anda sendiri.

Jika memang tidak bisa, anda bisa membuat Surat Kuasa yang dilengkapi materai, KTP asli debitur dan penerima kuasa. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here