Cara Mengatasi Kecewa Saat Orang Lain mengecewakanmu

Cara Mengatasi Kekecewaan Saat Orang Lain mengecewakanmu

Apakah kalian pernah merasakan dikecewakan oleh orang lain? hampir setiap orang pernah merasakan kekecewaan. Oleh karena itu, diperlukan kedewasaan dan pola pikir yang positif ketika kalian berada pada posisi tersebut. Apabila kalian ingin mengetahui bagaimana cara mengatasi kecewa ketika dikecewakan oleh orang lain maka kalian berada ditempat yang tepat saat ini

Mengapa Sakit Ketika Orang Mengecewakanmu

Ada beberapa alasan mengapa perasaan Anda terluka ketika teman mengecewakan Anda. Mengetahui mengapa Anda merasakan kekecewaan ini penting untuk refleksi diri dan move on.

Berikut adalah tiga alasan mengapa Anda terluka ketika orang mengecewakan Anda:

1. Harapan yang tidak terpenuhi

Salah satu alasan Anda mungkin merasa sakit hati atau kecewa adalah karena Anda memiliki harapan yang tidak terpenuhi. Ini adalah saat Anda telah menetapkan apa yang diharapkan dari orang lain, tetapi orang lain masih belum memenuhi harapan Anda. Bisa jadi orang lain tidak mampu bertemu dengan anda atau karena mereka gagal melakukan apa yang diminta dari mereka.

Contohnya adalah meminjamkan uang kepada teman atau anggota keluarga. Harapannya adalah bahwa itu dibayar kembali dalam jangka waktu tertentu; namun, seseorang mungkin tidak memenuhi harapan ini dengan tidak membayar Anda kembali.

Ini bisa membuat frustrasi dan mengecewakan ketika seseorang tidak memenuhi harapan yang telah ditetapkan dan dikomunikasikan. Ini berasal dari keterputusan antara apa yang dijanjikan dan apa yang disampaikan. Anda percaya bahwa sesuatu akan terjadi, dan ternyata tidak terjadi.

2. Harapan yang tidak realistis

Ketika teman Anda mengecewakan Anda, apakah itu karena Anda memiliki harapan yang tidak realistis? Memiliki harapan yang tidak realistis dari orang lain adalah cara pasti untuk menemukan diri Anda kecewa. Namun, dalam beberapa kasus, apa yang kita harapkan dari orang lain tidak realistis.

Misalnya, Anda mungkin mengharapkan teman Anda tersedia untuk Anda 24 jam sehari. Atau agar balita Anda tidak membuat kekacauan. Ini tidak realistis bagi siapa pun dan dapat dengan mudah berakhir dengan kekecewaan.

Sebelum menaruh harapan pada seseorang, tanyakan pada diri Anda apakah ini akan menjadi sesuatu yang masuk akal untuk Anda capai. Bahkan jika ya, apakah itu realistis untuk orang lain?

3. Kurangnya komunikasi atau miskomunikasi

Alasan ketiga mengapa Anda merasa kecewa adalah karena kurangnya komunikasi atau miskomunikasi tentang harapan Anda.

Misalnya, Anda mungkin telah memberi tahu pasangan Anda untuk tidak membeli apa pun untuk ulang tahun Anda padahal kenyataannya, Anda benar-benar menginginkan sesuatu. Ini adalah contoh kurangnya komunikasi–di mana Anda tidak mengungkapkan perasaan dan keinginan Anda yang sebenarnya.

Jika Anda ingin menghindari kekecewaan, memiliki keterampilan komunikasi yang kuat sangat penting. Anda harus belajar bagaimana mengungkapkan keinginan dan kebutuhan Anda dengan cara yang dapat dipahami orang lain. Ini penting untuk semua hubungan dan interaksi Anda dengan orang lain.

5 Langkah Cara Mengatasi Kecewa

Sekarang setelah Anda memahami mengapa Anda mungkin merasa kecewa, inilah saatnya untuk mengambil langkah maju. Inilah yang perlu Anda lakukan.

1. Akui perasaanmu

Kekecewaan adalah emosi yang valid. Kita semua akan mengalaminya pada satu waktu atau lainnya. Entah itu tidak mendapatkan pekerjaan impian Anda atau hubungan yang gagal. Akan ada saat-saat ketika Anda tidak mendapatkan apa yang Anda harapkan dari kehidupan.

Apa pun itu, penting untuk mengakui bahwa Anda merasa dikecewakan. Jangan mencoba menutupi perasaan atau emosi Anda. Sebaliknya, Anda harus menghadapi emosi Anda untuk memperbaiki masalah yang menyebabkannya.

2. Tentukan penyebab kekecewaan Anda

Langkah selanjutnya adalah mencari tahu mengapa Anda merasa kecewa. Apa akar penyebab perasaan Anda? Apakah karena Anda memiliki harapan yang tidak terpenuhi, harapan yang tidak realistis, atau ada komunikasi yang buruk?

Renungkan situasi dengan cara yang objektif. Ini bekerja paling baik setelah Anda mengatasi emosi Anda dan dapat berpikir dengan cara yang jelas dan objektif. Jadi beri diri Anda waktu untuk merasakan perasaan Anda sebelum menyelami akar masalahnya. Ini akan membantu Anda menangani situasi dengan lebih baik ketika seorang teman mengecewakan Anda.

3. Komunikasikan perasaan Anda dengan tepat ketika orang mengecewakan Anda

Komunikasikan kekecewaan ini kepada orang yang memicunya. Pastikan untuk mengekspresikan diri Anda dengan jelas dan mengartikulasikan perasaan Anda. Ini berarti Anda harus benar-benar memahami apa yang Anda rasakan dan penyebabnya.

Praktik yang bagus untuk mengomunikasikan hal ini adalah dengan menyusun kalimat Anda seperti ini:

Umumnya, tidak ada orang yang ingin dengan sengaja membuat seseorang merasa buruk. Jadi dengan membagikan dampak tindakan mereka terhadap perasaan Anda, mereka dapat membuat perubahan yang diperlukan untuk tidak menyinggung Anda dengan cara itu lagi.

Setelah Anda mengungkapkan perasaan Anda, berikan kesempatan kepada orang lain untuk menerima apa yang Anda katakan, tetapi juga bagikan pemikiran dan perasaan mereka. Dari sana, Anda dapat bekerja sama untuk bergerak maju dengan cara yang bermanfaat.

4. Tetapkan harapan dan batasan ke depan

Sekarang setelah Anda memahami sumber dan penyebab kekecewaan Anda, tetapkan harapan dan batasan ke depan agar Anda tidak mengalaminya lagi. Ini mungkin harapan yang Anda tetapkan untuk diri sendiri atau orang lain.

Misalnya, jika Anda membutuhkan kolega Anda untuk memberikan informasi, Anda dapat bekerja sama untuk membuat proses dan tenggat waktu yang tegas untuk dipatuhi semua orang. Dalam hal keuangan, Anda mungkin memutuskan untuk tidak meminjamkan uang lagi atau hanya kepada orang-orang tertentu.

Ingatlah untuk menjaga ekspektasi dan batasan Anda tetap realistis.

5. Maafkan dan lewati itu

Akhirnya, tidak ada gunanya menyimpan dendam ketika orang mengecewakan Anda. Anda tidak ingin kesalahan masa lalu Anda menjadi kesalahan Anda selamanya. Dengan cara yang sama, izinkan orang untuk tumbuh dan belajar dari pelanggaran masa lalu.

Belajarlah untuk memaafkan mereka dan diri Anda sendiri dan bergerak maju.

Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Teman Mengecewakanmu

Berurusan dengan kekecewaan ketika teman-teman Anda mengecewakan Anda bisa jadi sulit untuk diatasi. Bagaimanapun, ini adalah orang-orang yang Anda percayai dan rentan secara emosional. Jadi bisa lebih menghancurkan ketika teman mengecewakan Anda dan mereka menyakiti Anda dengan cara tertentu.

Dalam hal ini, bahkan lebih penting untuk mengomunikasikan perasaan Anda sehingga Anda dapat bergerak maju. Anda tidak ingin melepaskan persahabatan karena sesuatu yang mungkin tidak disengaja.

Jadi pastikan untuk menggunakan langkah-langkah yang sama yang diuraikan di atas ketika seorang teman mengecewakan Anda.

Gunakan kiat-kiat ini untuk membantu Anda ketika orang-orang mengecewakan Anda

Jangan biarkan kekecewaan menghalangi Anda membangun hubungan dengan orang lain. Kita diciptakan untuk berada dalam komunitas dengan orang lain. Kenyataannya, hanya dibutuhkan upaya untuk menciptakan dan memelihara hubungan yang berkualitas. Demikian cara mengatasi kecewa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.