Home Herbal 4 Ramuan Tradisional untuk Menurunkan Kolesterol Secara Efektif

4 Ramuan Tradisional untuk Menurunkan Kolesterol Secara Efektif

416
0
4 Ramuan Tradisional untuk Menurunkan Kolesterol Secara Efektif
Daun Suji

Mikamoney.com Bahan herbal apa sajakah yang bisa digunakan sebagai ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol dengan cepat? Jika saat ini kadar kolesterol Anda sedang tinggi, jangan khawatir. Anda cukup beruntung karena di Indonesia banyak terdapat bahan herbal yang bisa digunakan untuk menurunkan kolesterol.

Selain efektif, bahan-bahan herbal ini juga lebih aman jika dibandingkan dengan obat kimia dan relatif tanpa efek samping. Berikut bahan ramuan tradisional untuk kolesterol yang bisa anda gunakan untuk mengatasi penyakit ini dengan cepat.

1. Daun Salam

Selain untuk melezatkan makanan, daun salam juga dikenal sebagai bahan herbal untuk mengobati berbagai penyakit, salah satunya kolesterol. Hal ini dikarenakan daun salam mengandung antioksidan dan flavonoid. Kedua bahan ini dapat membantu anda mengontrol kadar kolesterol. Tidak hanya itu, kedua bahan tersebut juga menjadikan daun salam bahan herbal pembersih pembuluh darah yang efektif.

Cukup sediakan 15 hingga 20 lembar daun salam dan 100 gr kulit polong kacang tanah. Cuci bersih kedua bahan tersebut dan rebus sampai mendidih dengan menggunakan 800 ml air. Sisakan 400 ml air rebusan tersebut dan minum 2 sampai 3 kali sehari untuk menurunkan kolesterol.

2. Kunyit

Kunyit yang direbus bersama mengkudu dan daun dewa dipercaya sebagai salah satu ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol dengan efektif. Selain sebagai penyedap dan pewarna alami masakan, kunyit juga mengandung bahan aktif untuk menurunkan LDL (kolesterol jahat) di dalam darah. Anda cukup merebus 25 gr kunyit di dalam 700 ml air bersama dengan 15 gr daun dewa dan 2 buah mengkudu.

Rebus semua bahan tersebut hingga mendidih dan sisakan 300 ml saja. Setelah itu anda dapat menyaring air tersebut untuk menghilangkan sisa rebusan. Kemudian minum ramuan tersebut 2 kali sehari untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah anda.

Baca juga  4 Ramuan Alami untuk Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

3. Daun Suji

Selama ini daun suji dikenal sebagai pewarna hijau alami pada makanan. Tapi tahukan anda jika daun suji juga dapat digunakan sebagai bahan herbal penurun kadar kolesterol? Daun ini kaya akan saponin yang dapat menurunkan kadar LDL dalam darah.

Untuk mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh, anda cukup menyiapkan 5 lembar daun suji dan cuci hingga bersih. Kemudian rebus daun-daun tersebut dengan menggunakan 2 gelas air sampai mendidih. Pastikan anda menyisakan setengah bagian dari air rebusan tersebut dan minum secara rutin 3 kali sehari untuk menormalkan kadar kolesterol dalam tubuh.

4. Bawang Putih

Bawang putih ada di hampir semua resep masakan tradisional di Indonesia. Selain sebagai bahan penyedap, bawang putih juga dapat menurunkan kolesterol berkat kandungan allicin yang terdapat di dalamnya.

Anda bisa menggunakan campuran 2 siung bawang putih, 1 buah bawang bombai, dan 7 lembar daun sambung nyawa untuk mengatasi masalah kolesterol anda. Blender ketiga bahan tersebut sebagai ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol dengan cepat.

Previous articleAneka Pilihan Herbal Tradisional untuk Asma
Next articleJenis Strategi Digital Marketing serta Manfaatnya Terhadap Bisnis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here