Home Self Help Lengkap, Inilah Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Tips untuk Mengembangkan Diri!

Lengkap, Inilah Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Tips untuk Mengembangkan Diri!

109
0
Pengembangan diri adalah sekumpulan usaha yang dilakukan oleh seorang individu untuk memenuhi kebutuhan aktualisasi dirinya.

Menurut Abraham Maslow, seorang psikolog dari Amerika berpendapat bahwa Pengembangan diri adalah sekumpulan usaha yang dilakukan oleh seorang individu untuk memenuhi kebutuhan aktualisasi dirinya.

Beliau menilai jika aktualisasi diri merupakan tingkat kebutuhan manusia yang paling tinggi, sehingga ia akan melakukan berbagai upaya agar dapat memperoleh kesempatan untuk mengembangkan bakat dan karirnya. 

Sayangnya, usaha untuk menuju kesana (mengembangkan diri) harus melalui berbagai tantangan dan kendala yang tidak mudah. Oleh sebab itu, kami memberikan informasi dan kiat-kiat terbaik untuk menjawab masalah tersebut seperti berikut!

Tujuan Pengembangan Diri

Tujuan pengembangan diri bagi setiap individu di dunia ini tidaklah jauh berbeda, yakni untuk memperluas kemampuan, kreativitas, pola pikir, karakter, wawasan, kompetensi, dan tentunya agar mereka mengetahui Cara mengembangkan potensi diri dengan baik tanpa merasa dirinya tertinggal oleh yang lain.  

Bukankah para pekerja yang berkarir di luar bidang yang ia tekuni selama bersekolah dapat menjadi salah satu indikator untuk menunjukkan kalau potensi manusia dapat berkembang?

Manfaat Pengembangan Diri

Tahukah kamu? Manfaat proses Pengembangan diri adalah agar manusia dapat menganalisa kelebihan dan kekurangannya, sehingga ia sadar jika nilai plus dalam dirinya dapat ditingkatkan, diasah, dan dikembangkan lebih baik lagi. 

Sebaliknya, ketika seseorang mengetahui kekurangan atau nilai minus pada pribadinya, ia tidak akan kesulitan untuk memperbaiki bahkan mengubahnya menjadi sesuatu yang luar biasa. 

Tips dan Kiat-kiat Untuk Mengembangkan Diri

Ketika berbicara tentang definisi pengembangan diri, maka pembahasan yang paling menarik yaitu kiat atau langkah-langkah dalam mewujudkannya. Bagaimanakah caranya?

Pertama, optimisme atau rasa percaya diri. Untuk memulai sesuatu, kita harus senantiasa percaya diri atau yakin pada kemampuan serta kelebihan yang dimiliki diri sendiri. Walaupun begitu, optimisme tidak terbentuk secara kokoh begitu saja, kita harus belajar membangunnya lagi dan lagi hingga benar-benar kuat.

Baca juga  4 Cara Mengembangkan Bakat untuk Menghadapi Masa Depan

Kedua, jangan lelah belajar. Sebab, kegiatan ini akan membuka wawasan kita setiap hari, yang tentu saja akan mempengaruhi pola pikir serta perkembangan kualitas diri tiap harinya bahkan di masa depan. Orang yang berkembang ialah mereka yang terus belajar dan haus ilmu. 

Ketiga, menerapkan self love atau seni mencintai diri sendiri. Di era seperti sekarang, praktik seperti ini mampu memberikan value atau nilai lebih dalam memperkuat kepribadian dan cara pandang kita terhadap sisi emosional serta sosial. Jadi, mulailah mencintai diri sendiri dengan tidak menggubris hinaan orang lain, tidak sungkan menolak ajakan seseorang, dan fokus pada solusi daripada mengkhawatirkan masa depan. 

Keempat, fokus pada tujuan dan potensi. Tujuan Pengembangan diri adalah berfokus pada kebutuhan jiwa diri sendiri ketimbang membandingkannya dengan orang lain, sehingga seluruh hal yang menyangkut diri sendiri dapat terpenuhi.

Dari bacaan di atas, sudahkah kamu mulai memikirkan potensi serta segala hal yang ada pada dirimu? Jangan sampai mengabaikannya ya!

Previous article4 Cara Mengembangkan Bakat untuk Menghadapi Masa Depan
Next article3 Cara Mengembangkan Potensi Diri Dalam Konsep Psikologi Pengembangan Diri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here