Home Self Help 3 Cara Mengembangkan Potensi Diri Dalam Konsep Psikologi Pengembangan Diri

3 Cara Mengembangkan Potensi Diri Dalam Konsep Psikologi Pengembangan Diri

84
0
3 Cara Mengembangkan Potensi Diri Dalam Konsep Psikolog Pengembangan Diri

Pengembangan potensi diri sangat berkaitan dengan psikologi pengembangan diri. Alfred Adler dan Carl Jung adalah yang memulai mengaitkan pengembangan ciri dengan psikologi dalam jurnal psikologi pengembangan diri. 

Apa Itu Pengembangan Diri ?

Sebelum belajar konsep psikologi pengembangan diri marilah kita belajar dulu tentang apa itu pengembangan diri. Pengembangan diri merupakan semua aktivitas atau kegiatan yang berhubungan erat dengan identitas diri dan mengembangkan bakat serta potensi dalam diri seseorang.

Baca juga: 4 Cara Mengembangkan Bakat untuk Menghadapi Masa Depan

Dalam dunia psikologi ada 3 konsep diri yaitu akademik, konsep diri yang terkait dengan perbedaan budaya serta gender. Ketiga konsep ini akan berkembang usia 7 hingga 8 tahun. Konsep diri juga akan mempengaruhi kekuatan untuk membangun perilaku. Oleh sebab itu pengembangan diri sangat berkaitan dengan konsep psikologi. 

Cara Mengembangkan Potensi

Dalam upaya untuk meraih apa yang diimpikan, maka seseorang perlu untuk melakukan pengembangan diri. Cara mengembangkan potensi diri juga bisa dilakukan dengan beberapa cara. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengembangkan diri. 

1.Mengenali Diri Sendiri Terlebih Dulu

Untuk mengembangkan potensi diri, kita perlu untuk mengenal diri terlebih dahulu. Buat daftar pertanyaan agar Anda bisa lebih mengenal diri sendiri. Anda bisa bertanya kepada diri sendiri apa yang menjadi tujuan dari hidup Anda. 

Tanyakan juga hal apa saja yang membuat Anda bahagia selama ini dan juga sebaliknya yaitu apa saja yang bisa membuat Anda bersedih. Cari juga bagaimana cara Anda untuk dapat mengatasi segala masalah yang ada dalam hidup Anda.

2. Menggali Apa Yang Menjadi kekurangan Serta Kelebihan

Untuk meningkatkan potensi diri Anda perlu mengenal kelebihan serta kekurangan Anda. Dengan begitu Anda akan bisa mencapai apa yang menjadi tujuan hidup Anda. Saat Anda juga memahami apa yang menjadi kekurangan Anda, maka Anda akan tahu bagaimana memperbaiki diri untuk menutup kekurangan tersebut.

Baca juga  Mengenal Lebih Dekat Perusahaan Venture Capital di Indonesia

3. Terbuka Terhadap Kritik Serta Masukan

Hal yang paling penting dan utama Ketika Anda menegmbangkan potensi diri adalah Anda harus memiliki sikap yang open minded terhadap berbagai kritik serta saran.

Ubahlah kritik negatif menjadi positif untuk memperbaiki diri. Pilah mana kritik yang berpotensi membangun diri dan mana yang tidak. Jadikan masukan sebagai bahan untuk mengembangkan potensi diri Anda. 

Baca juga: Cara Mengembangkan Diri Agar Mampu Menjadi Seorang Pemimpin Yang Dicintai dan Disegani

Jangan ragu juga untuk mencoba hal yang baru Ketika Anda mendapatkan masukan yang baik dari orang lain. Jika Anda menerapkan tiga cara untuk mengembangkan potensi diri dengan benar maka anda akan bisa mencapai tujuan dengan baik sesuai dengan target Anda selama ini. Jangan lupa juga untuk selalu menerapkan kebiasaan baik sehari-hari. 

Pengembangan diri dalam psikologi pengembangan diri memang sangat berkaitan erat. Dengan mengenali diri sesuai dengan konsep psikologi maka seseorang bisa mengembangkan potensi diri dengan sangat baik. 

Previous articleLengkap, Inilah Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Tips untuk Mengembangkan Diri!
Next articleCara Mengembangkan Potensi Diri Untuk Berprestasi Yang Benar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here