Home Self Help Pentingnya Personal Development, dan Pengertian Pengembangan Diri

Pentingnya Personal Development, dan Pengertian Pengembangan Diri

66
0
Pentingnya Personal Development, dan Pengertian Pengembangan Diri

Pengertian pengembangan diri merupakan suatu proses belajar untuk menyelesaikan masalah, mengasah bakat, potensi, dan kepribadian seseorang dari kejadian atau pengalaman yang sudah dilalui secara berulang-ulang. Pengembangan diri atau personal development tidak hanya dipelajari dan dilakukan saat berada di bangku pelajar, namun juga penting untuk tetap dipelajari saat sudah dewasa untuk memperbesar kapasitas diri dan berkembang.

Kemampuan pengembangan diri sangat diperlukan baik untuk berkomunikasi, belajar, maupun bekerja. Kemampuan pengembangan diri berguna untuk seseorang berfikir, dan bersikap terhadap suatu masalah dengan tepat, serta dapat membantu untuk kehidupan sehari-hari untuk tumbuh di dalam lingkungan masyarakat.

Ilmu tentang pengembangan diri juga sudah cukup dikenal dari zaman dulu. Maka dari itu ada beberapa tokoh dan sumber yang turut membagikan pengetahuannya dan pemahamannya tentang  pengertian pengembangan diri, berikut informasinya.

Erik Erikson

Setiap orang menjalani krisis psikososial pada saat jatuh tempo. Setiap pribadi memiliki rintangan emosional tertentu untuk mengatasinya.

Secara garis besar gambar pengembangan diri itu adalah ilmu untuk mengembangkan potensi, sikap, dan perilaku seseorang dalam menjalani kehidupan. Karena sebagai manusia kita pasti akan tumbuh dan berkembang baik dari segi fisik, sosial, dan spiritual, serta pengembangan pola pikir seseorang. 

Motivasi cukup penting dan diperlukan untuk membantu seseorang mengembangkan diri. Karena setiap butuh berkembang dalam segi spiritual, karir, dan kehidupan sosial. Tak jarang seseorang bisa kehilangan motivasi dan berhenti untuk menggapai segala mimpi-mimpinya.

Seseorang yang telah kehilangan motivasinya akan cenderung tidak peduli terhadapan apapun terutama pada mimpi dan kehidupannya. Hal ini bisa terjadi pada seseorang yang mengalami suatu kekecewaan, atau perlakuan yang tidak baik selama hidupnya. Ada baiknya kita juga menolong orang-orang yang kekurangan motivasi, karena hal itu juga dapat meningkatkan kapasitas hati anda, dan menjadi pelajaran untuk lebih mengembangkan diri.

Baca juga  Jenis Strategi Digital Marketing serta Manfaatnya Terhadap Bisnis

Faktor Pengembangan Diri

Ada dua faktor penting yang mempengaruhi pengembangan diri seseorang. Jelas sekali karena setiap orang mempunyai karakter, kepercayaan, dan lingkungan tempat tinggal yang beragam. Jadi sangat besar kemungkinan setiap orang mempunyai sifat dan karakter tertentu.

  • Faktor Genetik

Faktor Genetik atau turunan cukup berpengaruh pada pembentukan dan perkembangan kepribadian setiap anak. Saat di dalam kandungan pola-pola kepribadian dan jenis penyesuaian individu juga sudah mulai terbentuk untuk penyesuaian diri setelah kelahiran.

  • Faktor Budaya

Budaya atau culture di daerah tertentu juga bisa menjadi faktor pengembangan diri seseorang, sebagai contoh pengembangan diri di Negara Indonesia tentu berbeda dengan Cara mengembangkan potensi diri di Negara Jepang. 

Setiap daerah memberikan pengaruh pada pola pikir, pandangan, cara berperilaku, kebiasaan. Seperti misalnya di lingkungan Jawa pasti mayoritas masyarakatnya sopan, dan bertata krama.

Sekian pembahasan pengertian pengembangan diri, pengembangan diri menjadi salah satu ilmu yang penting untuk dipelajari untuk membentuk diri.

Previous article5 Referensi Buku Pengembangan Diri Terbaik yang Jarang Diketahui
Next articleTahapan Audit dalam Pengembangan Bisnis Penting Diketahui

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here