Home Business Berikut Ini Cara Membuat Laporan Keuangan Serta Fungsinya

Berikut Ini Cara Membuat Laporan Keuangan Serta Fungsinya

56
0
Berikut Ini Cara Membuat Laporan Keuangan Serta Fungsinya

Cara membuat laporan keuangan harus selalu kita perhatikan. Membuat laporan keuangan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam dunia bisnis. Karena dengan adanya laporan keuangan, kita dapat mengetahui apakah bisnis kita memberikan keuntungan besar atau malah mendapat kerugian. Maka dari itu membuat laporan keuangan itu perlu dan wajib untuk Anda yang memiliki bisnis.

Lalu bagaimana cara membuatnya? Terkadang dalam membuat laporan, masih banyak yang belum tahu caranya. Nah kini kita akan membahas beberapa cara untuk membuat laporan keuangan dengan benar.

Inilah Cara Membuat Laporan Keuangan Dalam Bisnis

Dalam dunia bisnis, terkadang masih ada orang yang belum mengetahui cara membuat laporan. Lalu belum tahu tahap-tahap urutannya yang membuat orang susah membaca dan memahaminya. Maka dari itu, perhatikan tutorial cara untuk membuat laporan di bawah ini.

1. Membuat Buku Catatan Pemasukan dan Pengeluaran

Pada saat awal membuka usaha, sebaiknya segera membuat laporan catatan pemasukan maupun pengeluaran. Catat semua yang masuk maupun yang keluar dengan teliti. Mulai dari hasil penjualan, Pembelian barang, hutang piutang, dan keperluan lainnya. Usahakan untuk mencatat laporan ini setiap hari. Agar informasi yang ada valid dan tidak ada yang kelewatan. Dengan begini Anda akan mengetahui berapa banyak keuntungan dan berapa banyak jumlah pengeluaran.

2. Membuat Buku Kas Utama

Buku khas utama ini merupakan gabungan antara buku pemasukan dan buku pengeluaran yang lebih detail. Agar mudah untuk mengetahui seberapa besar jumlah keuntungan dan seberapa besar tingkat kerugian. Selain itu, fungsi dari buku kas utama ini juga bisa terpakai untuk menyusun strategi bisnis agar lebih maju pada masa depan.

3. Menyiapkan Buku Stok Barang

Baca juga  Metode Laporan Arus Kas Langsung dan Tidak Langsung

Dalam dunia bisnis, Anda tidak sepenuhnya hanya mencatat laporan tentang keuangan saja. Akan tetapi juga mencatat stok barang. Dalam pencatatan keluar masuknya barang ini harus tercatat setiap hari. Agar kita tahu jika tingkat penjualan tinggi maka seharusnya tingkat keluar dan masuknya barang juga tinggi.

Buku catatan stok barang ini juga terpakai untuk monitoring persediaan barang. Jadi supaya Anda mengetahui barang apa saja yang stoknya sudah menipis. Selain itu, dengan adanya buku catatan stok ini, juga membantu Anda untuk menghindari kecurangan yang dilakukan karyawan juga supplier

Lalu Apa Saja Fungsi Catatan Laporan Keuangan?

Fungsi catatan laporan keuangan sangat berpengaruh pada kemajuan bisnis yang Anda jalankan. Maka dari itu cara membuat laporan keuangan ini sangat penting dan sangat membantu dalam perkembangan bisnis Anda. Berikut fungsi catatan laporan keuangan.

Memiliki Historis

Saat pencatatan laporan berdasarkan tanggal dan waktu transaksi. Maka saat menyusun laporan keuangan nanti bisa mengikuti transaksi sehari-hari

Sebagai Analisis

Fungsi dari catatan laporan ini, kita juga dapat menganalisis tingkat pemasukan dan pengeluaran yang kita dapatkan. Sehingga kita dapat mengevaluasi cara kerja dalam bisnis kita.

Memberikan Efek Positif dalam Kinerja Perusahaan

Dengan adanya catatan keuangan, kita akan mengetahui keuntungan dan kerugian yang didapat. Nah, apabila keuntungan banyak maka perusahaan akan bisa terus berkembang dalam kinerjanya. Lalu saat perusahaan mengalami kerugian, Anda dapat mengevaluasi kinerja perusahaan, dan otomatis akan berusaha merubah sistem kerja. Guna untuk mengurangi atau menghentikan tingkat kerugian.

Nah, itu dia cara membuat laporan keuangan serta fungsinya. Kesimpulannya adalah saat Anda memiliki laporan keuangan, Anda akan menjadi lebih mudah dalam memanajemen keuangan Anda serta meminimalisir adanya kerugian.

Baca juga  Jadi Pengusaha, Mengapa Tidak? Mari Jadi Pengusaha
Previous articleDownload Sertifikat Vaksin Covid-19 Secara Aman
Next articleStartup Top 100: 6 Cara untuk Mendapatkan Funding Startup

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here