Nama Pulau Yang Mirip dan Bikin Orang Keliru

pulau di indonesia yang memiliki nama hampir sama dan mirip
Nama Pulau Yang Mirip dan Bikin Orang Keliru

Mikamoney.com-Halo sobat Mika, tahukah kalian bahwa terdapat banyak pulau di Indonesia diantaranya memiliki nama pulau yang mirip dan hampir sama.

Negara kita termasuk Negara dengan jumlah kepulauan terbanyak nomor 3 di dunia setelah Finland dan Canada. Mungkin saking banyaknya pulau-pulau di Indonesia banyak orang Indonesia sendiri yang tidak mengenalnya

Oleh karenanya, Mika kali ini akan mengenalkan beberapa pulau yang memiliki kesamaan atau kemiripan namanya yang kadang membuat orang salah mengira dan menebaknya.

Mungkin banyak diantara pembaca yang sebagian merasa asing dengan beberapa nama pulau ini namun Sobat Mika juga pasti sudah familiar dengan sebagiannya

Indonesia merupakan Negara kepulauan dan maritim  yang saling berjejer dan terhubung oleh laut, masing-masing pulau memiliki keunikan dan ciri khasnya tersendiri dengan beragam suku, adat-istiadat dan sebagainya.

Baca juga: Pulau Pitcairn salah satu tempat terpencil di dunia

Dibalik keberagaman itu, kita sebagai saudara yang terikat oleh sistem pemerintahan dan Negara kesatuan seharusnya bangga dan saling menghormati akan keragaman yang ada.

Sobat Mika pasti sudah familiar dengan pulau-pulau besar seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan dan lain sebagainya. Namun, bagaimana dengan pulau-pulau kecil yang terbentang di bagian wilayah Indonesia?

Saya yakin, tidak semuanya Sobat Mika mengenal pulau-pulau tersebut. Padahal pulau-pulau tersebut juga ada penduduknya loh..

Terdapat beberapa pulau di Indonesia yang memiliki kesamaan atau kemiripan nama sehingga membuat orang kadang keliru menyebutnya, bahkan yang paling naïf banyak diantara orang-orang kita ( Indonesian) yang tidak mengenalnya. Berikut beberapa pulau yang memiliki kesamaan nama :

Read also :  Lengkap, Inilah Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Tips untuk Mengembangkan Diri!

1. Pulau Sumbawa dan Sumba

Banyak orang sering keliru antara Sumbawa dan Sumba, memang keduanya memiliki kesamaan nama yang sama. Namun, kedua pulau tersebut merupakan dua pulau yang berbeda.

Pulau Sumbawa yang terkenal dengan susu kuda liarnya merupakan sebuah pulau terbesar yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan Kota terbesarnya adalah Bima yang berada di ujung timur pulau ini.        

Pulau Sumbawa merupakan salah satu pulau kaya dengan sumber daya alamnya dimana banyak ditemukan tambang emas dan tembaga yang dikelola oleh Newmont, salah satu perusahaan multinasional terbesar nomor 2 di Indonesia. Lalu, yang kedua adalah..Pulau Sumba

Pulau sumba adalah salah satu pulau di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan  terletak dibagian selatan Indonesia. Pulau Sumba ini terpisah dengan ibukota NTT yakni Kupang yang berada di pulau Timor.

Terdapat beberapa situs kuno di pulau ini, dan setiap tahun digelar festival yang menarik wisatawan untuk mengunjunginya yaitu festival pasola, suatu festival yang menunjukkan keahlian berkuda dan melempar lembing

Pulau Sumba memiliki keindahan alam yang masih asri, salah satunya adalah pantai Nihiwatu, pantai yang berada di peringkat 17 diantara 100 pantai terbaik dunia. Dan dilokasi yang sama terdapat Hotel Nihiwatu yang pernah dinobatkan sebagai hotel terbaik di dunia oleh majalah wisata Travel+Leisure     

2. Pulau Bawean dan Kangean

Pulau Bawean dan Pulau Kangean adalah suatu pulau yang sama-sama berada di dalam Provinsi Jawa Timur. Namun demikian, banyak orang Jawa Timur Sendiri yang tidak mengenalnya

Pulau Bawean, merupakan pulau yang berada di laut Jawa disebelah utara berbatasan dengan laut Kalimantan dan di sebelah selatan berbatasan dengan Laut Jawa. Pulau ini terletak di sebelah utara Surabaya dan termasuk dalam wilayah Kabupaten Gresik.

Read also :  Cara Menemukan Gairah Hidup Anda Agar Hidup Lebih Hidup

Bawean terkenal karena penduduknya menjadi perantau manca Negara, mereka merantau sejak awal abad 19 ke Singapura, Malaysia, Vietnam dan Australia. Pulau kedua adalah..Kangean

Kangean, sebuah pulau kaya migas yang terletak di sebelah utara pulau Bali. Pulau ini secara administratif masuk dalam kabupaten sumenep, Madura.

Pulau Kangean merupakan gugusan kepulauan yang banyak terdapat pulau-pulau kecil disekitarnya, diantaranya adalah pulau Pagerungan tempat Blok Migas Kangean Energy, salah satu penyumbang migas terbesar di Indonesia      

3. Riau dan Kepulauan Riau

Then, Riau merupakan nama provinsi yang terletak di tengah pulau Sumatera dengan ibu kota Pekanbaru. Riau merupakan salah satu provinsi terkaya di Indonesia dengan sumber utamanya berasal dari minyak bumi, gas alam, sawit, karet dan kelapa sawit.

Sedangkan, Kepulauan Riau merupakan provinsi yang terbentuk dari  pemekaran provinsi Riau dengan Tanjung Pinang sebagai ibukota Provinsinya.

Batam merupakan salah satu kota terbesar di kepulau Riau yang berbatasan langsung dengan selat Singapura

4. Pulau Karimun dan Pulau Karimun Jawa

Pulau Karimun, merupakan salah satu pulau yang terdapat di Provinsi Kepulauan Riau dan menjadi kabupaten Karimun dengan ibukota Tanjung Balai Karimun.

Kabupaten Karimun berbatasan dengan Kepulau Meranti di sebelah barat, Pelalawan dan Indragiri Hilir disebelah Selatan dan Kota Batam disebelah Timur.

Sedangkan, Pulau Karimun Jawa, berupa gugusan kepulauan kecil-kecil yang berada di laut jawa dan termasuk dalam kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Disebelah timur berbatasan dengan Pulau Bawean dan disebelah utara berbatasan dengan laut Jawa dan disebelah selatan dan barat berbatasan dengan pulau Jawa dan laut Jawa.

KarimunJawa terkenal dengan keindahan taman lautnya dan menjadi salah satu destinasi wisata lokal dan mancanegara

Read also :  Konsep Pendidikan Berbasis Potensi Diri

Demikian beberapa pulau yang memiliki kemiripan dan kadang membuat orang salah menyebutnya. Bagi sobat Mika yang mengenal pulau-pulau yang memiliki kemiripan nama, silahkan tambahkan di kolom komentar..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *