Pulau Pitcairn salah satu tempat terpencil di Dunia

Pitcairn di samudera pasific selatan
Pulau Pitcairn salah satu tempat terpencil di Dunia

Mikamoney.com– Pulau Pitcairn salah satu tempat terpencil di Dunia. Pernahkan anda membayangkan tinggal disuatu tempat yang tepencil di dunia yang dikelilingi lautan

dan berada di pojok belahan bumi samudera Pasific seperti dalam film cast away yang dibintangi Tom Hanks? Ternyata ada pulau kecil yang dikelilingi samudera dan tebing yang curam, pulau kecil itu bernama Pitcairn.

Pulau sekaligus Negara dengan ibukota Adamstown ini memiliki jumlah penduduk tidak lebih dari 50 orang dan merupakan bagian wilayah luar Inggris terakhir di Pasifik

Pulau kecil ini merupakan pulau vulkanik yang berbatasan dengan pulau-pulau kecil terdekat yakni Handerson, Ducie, Oeno di samudera pasifik bagian selatan.

Diantara kepulauan itu hanya Pitcairn yang berpenghuni dimana penghuninya merupakan keturunan 9 pemberontak di kapal Bounty Inggris dan juga keturunan Polinesia khususnya orang Tahiti yang menemaninya.

Mereka menetap di pulau itu sejak tahun 1790 dan membakar kapal ‘Bounty’ yang membawa mereka kesana dan bangkai kapal itu masih terlihat dibawah air di Bounty Bay hingga saat ini

Sebelum Kepulauan Henderson dan Ducie ditemukan pada 1606 oleh seorang pelaut Portugis yang berlayar untuk kerajaan Spanyol, Pedro Fernandes de Queirós.

Pulau Pitcairn dihuni oleh orang Polinesia yang hidup hanya di pulau Henderson, Pulau Pitcairn, dan Pulau Mangareva yang berjarak 250 mil (400 mil) kilometer) jauhnya.

Terlepas dari jarak antar pulau, penduduk pulau memperdagangkan barang-barang bepergian dengan sampan dari satu pulau ke pulau lainnya dan memiliki ikatan sosial yang kuat yang bergantung pada pertukaran ekonomi ini.

Ketika sumber daya alam di pulau itu habis, menyebabkan terputusnya hubungan sosial diantara mereka yang berakhir dengan perang saudara yang dimulai di Mangareva untuk memperebutkan sumber daya alam termasuk makanan.

Read also :  Hak Paten dan Kekayaan Intelektual Pada Produk

Perang menyebabkan kepunahan penduduk di Kepulauan Pitcairn dan Henderson. Jadi, ketika pulau-pulau itu ditemukan oleh orang-orang Eropa di abad ke-17, pulau itu tidak berpeghuni.

Pada 1791, dalam misi untuk menemukan pemberontak Bounty, Kapten Angkatan Laut Kerajaan Inggris, Edwards menemukan kembali Pulau Ducie saat berlayar di HMS Pandora.

Pulau ini dinamakan sesuai nama kapten Angkatan Laut Kerajaan, Francis Reynolds-Moreton, Baron Ducie ke-3.

Pada tahun 1838, Pulau Pitcairn menjadi koloni Inggris dan merupakan salah satu wilayah pertama di mana wanita memiliki hak suara. Hanya satu dekade kemudian, penduduk pulau itu melonjak hingga 200 penduduk.

Untuk mengatasi kelebihan penduduk dan terbatasnya sumberdaya alam di Pitcairn, pemerintah Inggris menawarkan penduduk Pitcairn untuk pindah ke Pulau Norfolk

dan pada tahun1856 seluruh populasi Pitcairn yang terdiri dari 193 orang berangkat ke Norfolk.

Namun, setelah hanya 18 bulan, 17 Pitcairners kembali ke pulau asal mereka. Dalam lima tahun berikutnya, 27 lainnya juga menyusul.

Saat ini pulau itu memiliki sekitar 50 penduduk dan menawarkan tanah gratis bagi siapa saja yang ingin pindah ke sana.

Namun begitu, tidak seperti tempat lainnya di Negara maju dimana orang bebas keluar masuk tiap saat, transportasi ke sana hanya melalui jalur laut dan harus menunggu selama 3 bulan untuk sampai kesana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *