Ingin Main Saham? Begini Cara Main Saham Online Bagi Pemula

Ingin Main Saham? Begini Cara Main Saham Online Bagi Pemula
Ingin Main Saham? Begini Cara Main Saham Online Bagi Pemula

Anda ingin terjun ke dunia saham, tapi masih merasa takut, pemula, dan belum mengetahui cara main saham online? Padahal sekarang ini banyak bermunculan aplikasi saham online di Indonesia yang dapat dicoba seperti salah satunya fxpro mt4. 

Tak sedikit orang di Indonesia, yang sekarang mulai mencoba lakukan investasi saham online, sebab dinilai lebih simpel dan praktis. Tak hanya investasi jangka panjang, banyak pula yang pilih trading saham di pasar saham. 

Sama seperti instrumen investasi yang lain, investasi saham dilakukan untuk kembangkan uang serta dapatkan keuntungan. Namun tak sedikit pula para investor serta trader yang alami kerugian. Ini karena sejumlah faktor seperti kurang tepat di dalam memilih emiten saham, waktunya kurang pas ketika beli saham, sampai salah strategi yang lain.

Bagaimana? Anda sudah mulai tertarik mencoba investasi saham? Mari, ketahui dahulu cara berinvestasi saham online yang dapat diterapkan dengan mudah, sebelum Anda menyusun berbagai strategi yang jitu untuk mendapatkan untung yang besar.

Apa yang Dimaksud dengan Investasi Saham Online?

Investasi saham online pada dasarnya sama dengan investasi saham konvensional. Tapi pengaplikasiannya berbeda, yakni dilakukan online melalui aplikasi yang ada di laptop ataupun smartphone Anda.

Banyak manfaat yang akan didapatkan dari investasi saham online, dari kemudahan akses diberikan, praktis, serta pastinya lebih hemat waktu serta tenaga sebab Anda tak perlu repot-repot untuk datang ke kantor broker untuk transaksi saham. Selain itu, saat ini sudah semakin banyak broker yang bagus dan terpercaya, termasuk broker forex terbaik

Read also :  Cara Mengembangkan Diri Agar Mampu Menjadi Seorang Pemimpin Yang Dicintai dan Disegani

Cara-Cara Main Saham Online

Berikut ini beberapa tips yang perlu dilakukan bagi pemula yang ingin trading atau invetasi saham

Pilihlah Perusahaan Sekuritas Tepat

Cara main saham online pertama adalah memilih perusahaan sekuritas tepat dan terbaik untuk beli saham.

Bahkan, sekarang ini Anda pun dapat menemukan banyak perusahaan sekuritas tercatat resmi jadi anggota di BEI (Bursa Efek Indonesia). Seperti BCA sekuritas, yang dimana Anda berkesempatan mendapatkan dividen BCA yang menguntungkan.

Selain sudah tercatat BEI, Anda pun perlu untuk cek nilai transaksi perusahaan sekuritas, untuk tahu perusahaan tersebut punya aktivitas saham bagus.

Memilih Platform Saham Online yang Mudah Digunakan (User Friendly)

Cara main investasi saham online yang berikutnya adalah dengan pilih platform saham online bagus serta user friendly. Ada cukup banyak pula platform saham online yang dapat dipakai, seperti bumi stockbit, goto, dan lain-lainnya.

Anda bisa install di ponsel pintar Anda dan pastikan Anda punya jaringan internet baik, saat sedang memakainya.

Daftar dan Membuka Rekening Saham (Rekening Dana Nasabah)

Tak perlu datang ke kantor cabang, Anda dapat lakukan pendaftaran keanggotaan serta pembuka rekening pada perusahaan sekuritas saham lewat platform online tersedia.

Proses pendaftaran sangat penting supaya Anda bisa lakukan transaksi jual dan beli saham.Untuk pembukaan rekening adalah rekening saham di perusahaan sekuritas dipilih.

Sama seperti buka rekening tabungan, Anda pun harus lampirkan sejumlah dokumen, serta isi formulir khusus. Untuk informasi yang lebih lanjut, Anda pun dapat hubungi langsung ke perusahaan sekuritas untuk buka rekening saham. Setelah Anda buka rekening saham, nantinya semua transaksi jual dan beli saham, semua dana akan tersimpan pada rekening tersebut, atau biasa juga disebut dengan Rekening Dana Nasabah (RDN).

Read also :  Koleksi Best Gadget Amazon 2021 Yang Paling Diminati

Lakukan Setor Modal ke RDN

Sudah memiliki rekening RDN, cara main investasi saham online yang berikutnya adalah dengan setor dana ke rekening saham. Fungsinya menjadi modal untuk lakukan transaksi.

Untuk jumlah tergantung pada jumlah harga saham beli. Bahkan, Anda pun harus lakukan deposit dulu, lalu baru dapat lakukan transaksi perdagangan saham.

Nah, jika Anda sudah transaksi saham pertama dan berhasil, pada transaksi yang berikutnya Anda dapat lakukan pembayaran kewajiban. Pembayaran tersebut dilakukan 2 hari sejak transaksi.

Lakukan Transaksi Beli atau Jual Saham Online

Anda sudah memiliki RDN dan sudah ada modal, berikutnya Anda dapat melakukan transaksi jual ataupun beli saham dengan online. Untuk dana yang akan dikeluarkan, nominal berbeda-beda di tiap perusahaan sekuritas. Misal di goto stockbit nominal dana berbeda dengan BCA Sekuritas.

Selain itu, untuk lakukan pembelian saham, Anda harus beli 1 Lot (100 lembar) untuk 1 saham.

Lot sendiri adalah takaran harga, seperti saat Anda beli suatu barang. Tak hanya di Indonesia, Lot pun digunakan internasional, di dalam transaksi saham.

Cara dan Memilih Saham Menguntungkan

Di dalam dunia saham, ada istilah trader dan investor, dimana hal itu merupakan sebutan orang yang main saham, tapi dibedakan dengan jangka waktu dipakai. Investor lebih pada investasi saham jangka panjang, dan sementara trader adalah yang sebaliknya. Salah satu contoh trader adalah CFD trader. 

Nah, baik itu trader maupun investor, tentu memiliki daftar incaran saham-saham yang nantinya akan dibeli karena memiliki potensi menguntungkan.

Di dalam memilih saham, jangan asal-asalan karena Anda harus mencari tahu bibit, bebet, dan bobot saham yang akan dibeli. Cek pula fundamental ataupun kinerja perusahaan sekuritas dari tahun ke tahun, termasuk dengan pendapatan, keuntungan, prospek ke depan, dan bahkan sampai informasi hutang.

Read also :  Skill Seorang Wirausaha yang Harus Dimiliki

Untuk ini, Anda bisa mencari tahu lewat website, media sosial, sampai grup ataupun forum diskusi para investor.

Setelah temukan saham bagus, Anda pun masih harus mempelajari tentang laporan keuangan perusahaan sekuritas secara rutin dan berkala.

Memantau Terus Pergerakan Tren Harga Saham

Cara bermain saham online berikutnya yang dapat dikatakan paling seru, yakni pada momen saat Anda harus pantau pergerakan tren harga saham. Sebab, aktivitas ini harus selalu Anda lakukan, apalagi untuk para trader.

Itu karena Anda sebagai pemegang saham harus pantau pergerakan harga saham dalam hitungan detik, hitungan menit, hitungan jam, sampai hitungan mingguan. Untuk investor pun dapat memantau dengan berbagai macam strategi, untuk kebutuhan investasi saham jangka panjang. 

Ada banyak faktor yang buat pergerakan harga saham alami banyak tren. Anda pun bahkan dapat memperkirakan tren tersebut dengan berbagai macam analisis. Misalnya saja kapan tren pergerakan saham naik atau Bullish, turun atau Bearish, stabil atau Sideways.

Atau bahkan kapan Anda harus hold saham, cut loss, dan lain-lainnya. Anda pun dapat mencari tahu berbagai tips yang terkait mengenai ciri-ciri harga saham akan mengalami naik, akan turun, dan lain sebagainya. 

Pakailah berbagai kesempatan tren berlangsung untuk dapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya.

Nah, bagaimana? Anda sudah memiliki bayangan mengenai cara main saham online? Anda bisa mulai coba melakukan install dulu aplikasi saham online yang diinginkan, seperti goto, pepperstone webtrader, stockbit, dan lain-lainnya untuk lihat daftar saham. Saat Anda sudah mulai memahami dan berani untuk mencoba terjun dan masuk dunia saham, Anda bisa mulai setor modal dan mulailah transaksi. 

Demikian pembahasan kali ini. Semoga membantu dan bermanfaat! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *