Cara Membangun Pola Pikir Kelimpahan

  • Share
Cara Membangun Pola Pikir Kelimpahan

Pikiran adalah alat yang ampuh dan dapat secara drastis mengubah kinerja Anda dalam karier, di sekolah, dan dalam hubungan pribadi Anda. Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bagaimana Anda berpikir bahkan dapat berdampak pada sistem kekebalan Anda. Beberapa bahkan mungkin mengatakan apa yang Anda pikirkan adalah apa adanya. Kekuatan pikiran adalah salah satu alasan mengapa penting untuk memiliki pola pikir kelimpahan.

Ini lebih dari sekadar berpikir positif, dan dapat berdampak besar pada kehidupan Anda dan bahkan keuangan Anda.

Apa itu pola pikir kelimpahan?

Pola pikir berkelimpahan diciptakan oleh Stephen Covey dalam The 7 Habits of Higly Effective. Buku terlaris tahun 1989 ini mengajarkan orang Amerika bahwa untuk mengubah hidup Anda, Anda perlu mengubah pola pikir Anda.

Bagi Covey, pola pikir yang melimpah adalah ketika Anda percaya bahwa ada cukup sumber daya dan Anda memiliki cukup kesuksesan untuk dibagikan kepada orang lain. Itu bertentangan dengan pola pikir kelangkaan, yang menyatakan bahwa jika seseorang menang, maka Anda kalah. Dengan kata lain, hanya ada begitu banyak sumber daya untuk digunakan.

Mengapa Anda membutuhkan pola pikir kelimpahan?

Memiliki pola pikir berkelimpahan adalah bagian dari pengembangan pribadi Anda. Meskipun tidak menyembuhkan segalanya, pola pikir berkelimpahan dapat membantu Anda menjalani kehidupan yang memuaskan. Ini dapat membantu Anda melihat gambaran besar dan menikmati peluang baru yang datang kepada Anda.

Hal ini juga dapat berdampak pada keuangan Anda. Jika Anda berpikir banyak, kemungkinan Anda akan menemukan cara baru untuk menciptakan kekayaan dalam hidup Anda. Tapi mari kita perjelas — memiliki pola pikir kelimpahan tidak akan membuat hutang Anda hilang atau membuat Anda kaya dalam semalam. Tetapi apa yang dapat dilakukan adalah membantu Anda melihat hal-hal dalam cahaya baru dan menangani keuangan Anda dengan cara yang kreatif saat Anda berusaha keluar dari hutang.

Bagaimana memiliki pola pikir kelimpahan

Kedengarannya lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, bukan? Ini mungkin tampak menakutkan, tetapi memiliki pola pikir berkelimpahan sebenarnya hanya tentang mengubah perspektif Anda. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengendalikan pikiran dan berpikir secara berlimpah:

Fokus pada pikiranmu

Pikiran Anda adalah kunci dari pola pikir berkelimpahan. Bagian dari itu adalah berpikir besar dan mempraktikkan afirmasi. Jangan berpikir tentang kelangkaan. Jika seorang teman mendapat pekerjaan baru atau kolega mendapat promosi, jangan pikirkan bagaimana Anda menginginkan pekerjaan atau promosi itu.

Sebaliknya, berbahagialah untuk mereka dan pikirkan bahwa akan ada pekerjaan dan peluang lain di luar sana untuk Anda. Anda bahkan dapat melangkah lebih jauh dan berpikir bahwa Anda tidak mendapatkan pekerjaan itu karena itu tidak dimaksudkan untuk Anda. Dan ketika Anda mendapatkan pekerjaan atau promosi baru, itu akan menjadi pekerjaan yang tepat untuk Anda.

Hargai apa yang kamu punya

Bersyukur adalah alat yang kecil namun kuat. Cobalah untuk berlatih bersyukur setiap hari. Tuliskan satu hal yang Anda syukuri dalam agenda atau buku harian Anda atau luangkan waktu untuk bersyukur sebelum Anda pergi tidur. Jika Anda merasa buntu, Anda dapat memikirkan hal-hal sederhana, seperti fakta bahwa Anda memiliki tempat tidur untuk tidur, udara yang Anda hirup, atau fakta bahwa Anda memiliki rekening investasi.

Jangan terpaku pada kenyataan bahwa Anda tidak berada di tempat yang Anda inginkan dalam karir Anda atau bahkan belum banyak berinvestasi. Sebaliknya, pikirkan tentang berapa banyak yang telah Anda capai dan apa yang telah Anda investasikan.

Rangkullah perubahan

Perubahan adalah bagian dari kehidupan tapi bukan berarti kita menyukainya. Alih-alih takut akan perubahan atau melawannya, rangkullah. Perubahan biasanya positif, meskipun terkadang tidak nyaman. Bagian dari memiliki pola pikir berkelimpahan adalah melihat perubahan sebagai peluang, bukan sebagai penghalang.

Jadilah proaktif

Cari peluang. Memiliki pola pikir berkelimpahan bukan hanya tentang menjadi positif sepanjang waktu. Ini juga tentang mencari peluang dan memanfaatkannya ketika Anda memiliki kesempatan.

Misalnya, jika Anda melihat peluang untuk mendapatkan uang ekstra untuk digunakan untuk pinjaman kartu kredit Anda, jangan kecewa jika itu tidak membuat penyok besar. Menemukan banyak peluang untuk mendapatkan uang ekstra di sana-sini bertambah dan akan membantu Anda menjadi bebas utang.

Ringkasnya

Pola pikir berkelimpahan dapat memperkaya hidup Anda. Tidak hanya akan membantu Anda bersyukur atas apa yang Anda miliki, tetapi juga akan memperluas pikiran Anda untuk memikirkan peluang baru dan upaya kreatif. Karier, dompet, dan hubungan Anda akan berterima kasih. Percaya dan Anda akan menerima.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *