Benarkah Anak IPA Lebih Pintar dari Anak IPS?

anak ipa vs anak ips
Benarkah Anak IPA Lebih Pintar dari Anak IPS?

Mikamoney.com– Halo sobat Mika, kali ini Mika akan bercerita apakah anak IPA dan teknik lebih keren daripada anak IPS dan jurusan sosial?

Bagi kalian yang ingin memasuki sekolah dan kuliah mungkin bingung mau mengambil jurusan apa!

Bahkan tidak tau dan tidak mau tau asalkan masuk sekolah dan kuliah, padahal mengambil jurusan yang sesuai dengan bakat dan minatmu akan menentukan masa depanmu.

Pada saat memasuki sekolah SMA biasanya ada penjurusan kelas IPA dan IPS, banyak yang beredar dikalangan siswa bahwa anak yang sekolah di jurusan IPA lebih pintar dan lebih bergengsi daripada anak yang sekolah di jurusan IPS, anggapan ini didukung oleh lingkungan melalui cerita-cerita disekeliling kita bahwa anak jurusan IPA lebih pintar daripada anak jurusan IPS.

Karena demi mengejar gengsi kadang juga untuk mendapatkan pengakuan dari teman-temannya tidak jarang siswa sekolah yang memaksakan diri masuk jurusan IPA walaupun sebenarnya dirinya lebih suka masuk jurusan IPS.

Demikian halnya ketika lulus SMA dan memasuki jenjang perguruan tinggi, anak yang diterima di jurusan Teknik dan Kedokteran dianggap lebih bergengsi daripada anak yang mengambil jurusan sosial misalnya pendidikan sejarah atau jurusan bahasa.

Baca juga: Kuliah di kampus terkenal apakah menjamin sukses?

Tidak sedikit yang menunda memasuki perguruan tinggi demi mengejar gengsi agar diterima di perguruan tinggi negeri terkenal di Indonesia

Sekalipun sampai tes tiga kali atau menunggu tiga tahun karena ikut tes seleksi perguruan tinggi yang diadakan setahun sekali demi impian dan apa yang diimpikannya.

Kebanggaan ini berlangsung di lingkungan kampus ketika ada gadis yang membanggakan pacarnya karena jurusan teknik atau kedokteran bahkan terkesan pamer kepada teman kosnya ketika hari minggu ada yang apel ke kosannya.

Read also :  Ikigai dan Jalani Kehidupan Memuaskan

Tapi, taukah kalian bahwa anggapan dan perasaan diri lebih gengsi, lebih pintar dan lebih hebat dari orang lain sebenarnya itu hanya persepsi pada masing-masing kepala individu yang sebenarnya persepsi tersebut berbeda pada setiap orang.

Kalau kalian menganggap diri lebih hebat dari pada teman kalian maka sebenarnya teman kalian juga menganggap dirinya lebih hebat daripada kalian.

Begitupun juga dengan anggapan bahwa anak IPA dan anak Teknik lebih hebat dan lebih pintar dari anak Sosial juga berdasarkan persepsi dari sudut pandang sempit

Sudut pandang itu berdasarkan tolak ukur apa yang digunakan, jika tolak ukurnya untuk mengukur kepintaran seseorang berdasarkan kemampuannya dalam memecahkan soal matematika biasanya anak IPA dan Teknik umumnya memang lebih pintar dan skornya lebih tinggi daripada anak sosial tetapi kalau tolak ukurnya tentang kesuksesan maka hasilnya pun akan berbeda.

Kesuksesan ini umumnya di definisikan tentang keberhasilan seseorang dalam kehidupannya baik secara ekonomi, pendidikan, termasuk jabatan dan nama mentereng.

Banyak orang-orang sukses ini dulunya juga sekolah di IPS dan jurusannya sosial

Lalu, apakah orang IPA dan Teknik tidak sukses? Banyak yang sukses juga, karena sebenarnya kesuksesan itu tergantung pada pribadi masing-masing.

Baca juga: Untuk apa kuliah kalau ujungnya sulit dapat kerja?

Namun, inti dari cerita Mika disini adalah bahwa semua siswa bisa sukses baik siswa IPA atau IPS baik jurusan Teknik ataupun Sosial oleh karena itu perlu usaha dan tekad untuk mewujudkan kesuksesannya masing-masing.

Pilihlah jurusan yang memang benar-benar disukai bukan memilih jurusan karena gengsi atau asal-asalan (asal sekolah dan asal kuliah serta asal mengambil jurusan).

Orang yang mengerjakan sesuatu berdasarkan apa yang disukainya akan menghasilkan sesuatu yang maksimal dan ini akan berdampak pada kesuksesannya kelak kedepannya

Read also :  Sebaiknya Istri Bekerja atau Berhenti Bekerja Setelah Menikah!

Dibandingkan dengan mereka yang asal-asalan dan menghasilkan sesuatu yang tidak maksimal karena menjalani tidak sepenuh hati apa yang dipilihnya

Jika kalian menyukai pelajaran eksak maka pilihlah jurusan IPA dan teknik karena itu duniamu dan jika memilih sesuai dengan apa yang disukainya maka akan mengarah kepada kesuksesannya, begitupula jika kalian menyukai pelajaran IPS dan sosial maka jangan memaksakan diri untuk masuk kelas IPA atau teknik hanya karena gengsi semata atau ingin dianggap pintar oleh teman-teman dan komunitasmu karena sesungguhnya kalianpun bisa pintar di jurusan sosial atau IPS yang sebenarnya sesuai dengan minat dan bakatmu.

Perlu diperhatikan bahwa sekolah dan kampus itu bukanlah tempat terakhir mengukur kesuksesan bagi kalian, dunia sebenarnya adalah ketika kalian keluar dari lingkungan sekolah dan terjun di masyarakat, disitulah sebenarnya tempat kiprahmu untuk membuat kesuksesan dalam hidup.

Baik jurusan IPA atau IPS maupun jurusan Teknik dan Sosial sebenarnya tidak ada yang lebih hebat ataupun lebih gengsi dari satu dengan lainnya karena itu hanyalah sarana untuk mengeksplor bakat seseorang, orang yang bisa mengembangkan dan mengeksplor bakat, hobi dan kemampuannya itulah sebenarnya yang lebih hebat daripada orang yang hanya berkhayal dan bermalas-malasan.

Kesuksesan itu ditentukan oleh kita bukan turun dari langit karena sebenarnya di alam semesta ini telah ditentukan hukum sebab-akibat, jika kita melakukan sebab akan mendapatkan akibat, jika kita memulai untuk berjalan maka kita akan sampai pada tujuan sedangkan orang yang tidak melakukan apa-apa selain menunggu keajaiban dari langit maka tidak akan sampai pada tujuan yang diharapkannya.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *