Herbal  

7 Makanan Untuk Ginjal Agar Tetap Sehat

7 Makanan Untuk Ginjal Agar Tetap Sehat

Ginjal memiliki peranan penting bagi tubuh anda, ginjal berfungsi menyaring limbah dari darah dan mengirimkannya ke kandung kemih. Ginjal juga berperan dalam mengatur tekanan darah, reabsorpsi air, mengontrol keasaman dalam tubuh, dan menyeimbangkan kadar elektrolit. Ginjal perlu dijaga agar tetap sehat dan untuk meningkatkan kesehatan ginjal anda perlu memberikan asupan yang bermanfaat untuk kesehatan ginjal. Berikut ini tujuh makanan untuk ginjal agar tetap sehat

1. Ceri

Buah Ceri mengandung vitamin C dan vitamin K, folat, vitamin B6, magnesium dan sitrat yang berfungsi mengurangi kemerahan dan pembengkakan. Ceri yang memiliki rasa asam mengandung sitrat yang tinggi. Sitrat dapat berfungsi mengurangi asam urat dalam aliran darah yang dapat menyebabkan asam urat dan radang sendi. Mereka yang makan ceri diketahui memiliki kadar asam urat yang lebih rendah dan risiko serangan asam urat yang lebih rendah.

2. Cranberry

Cranberry juga menawarkan vitamin C dan mangan tingkat tinggi. Wanita secara tradisional menggunakannya untuk melawan ISK (Infeksi Saluran Kemih). Penelitian mengungkapkan bahwa cranberry murni (bukan yang manis) yang dilarutkan dalam air dapat mengurangi kadar oksalat dan fosfat urin yang dapat mengurangi terjadinya batu ginjal.

3. Kayu Manis

Kayu manis memiliki manfaat dapat mengatur kadar glukosa dan dapat membantu tubuh mengelola glukosa dengan lebih baik serta dapat memberikan perlindungan dari gangguan gula darah. Kelebihan glukosa pada orang yang terserang penyakit diabetes dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal. Kayu manis juga dapat digunakan sebagai suplemen yang aman dari peningkatan risiko oksalat.

4. Kacang Merah

Kacang merah mudah ditemukan di rumah dan menjadi bumbu yang lazim digunakan pada setiap masakan, kacang merah ini berfungsi efektif untuk menghindari batu ginjal. zaman kuno, polong dimanfaatkan sebagai tonik obat.

Untuk mengurangi sakit batu ginjal- keluarkan kacang dari polong, rebus polong dalam air murni selama 6 jam. Setelah selesai, lanjutkan dengan menyaring cairannya dan biarkan dingin sebelum diminum. Minum sepanjang hari.

5. Minyak Zaitun

Seperti ikan, minyak zaitun menyediakan porsi sehat dari lemak tak jenuh yang padat nutrisi. Minyak zaitun juga merupakan dasar dari ‘Diet Mediterania’. Sebuah studi baru-baru ini menemukan individu yang menderita penyakit ginjal kronis yang mengadopsi diet ini mengalami perbaikan baik dalam gejala dan kelangsungan hidup. Buah zaitun mengandung unsur alami yang dapat menghindarkan orang dari  penyakit ginjal kronis dan juga berfungsi untuk menjaga kesehatan ginjal.

6. Teh Jawa

Juga dikenal sebagai Orthosiphon stamineus , ramuan ini telah menjadi standar pengobatan tradisional sejak lama. Biasanya digunakan untuk gangguan ginjal. Teh Jawa bermanfaat untuk kesehatan ginjal, serta hati dan saluran pencernaan. Ini juga menawarkan potensi untuk stabilisasi gula darah, perlindungan antioksidan, dan stabilisasi tekanan darah.

7. Bawang (dan Bawang Putih!)

Baik bawang merah maupun bawang putih mengandung quercetin. Quercetin mengandung flavonoid kuat yang berfungsi sebagai antioksidan dan dapat melawan kemerahan dan iritasi. Penelitian menemukan bahwa quercetin dapat membantu memberikan perlindungan terhadap kerusakan ginjal bagi perokok. Sedangkan untuk non-perokok,

Quercetin dapat meningkatkan metabolisme lemak untuk membantu melindungi filter tubuh dan kesehatan ginjal. Hidup sehat dengan pola makan yang baik akan menyehatkan ginjal anda dan bagian organ-organ tubuh lainnya. Makanan alami tanpa bahan olahan dan kimia akan memberikan asupan secara alami pada tubuh dan menjadikan tubuh sehat.

Demikian 7 Makanan Untuk Ginjal Agar Tetap Sehat. Info lain 4 Ramuan Tradisional untuk Menurunkan Kolesterol Secara Efektif

Leave a Reply

Your email address will not be published.