Tips Bangkit dari Kebangkrutan Saat Menjalani Usaha

  • Share
Tips Bangkit dari Kebangkrutan Saat Menjalani Usaha
Ilustrasi photo: depokrayanews

Sebagai seorang pengusaha yang masih pemula tentu harus mempunyai mental kuat jika akan mengalami kebangkrutan. Dengan mengetahui tips bangkit dari kebangkrutan saat menjalani usaha maka akan membantu pemilik bisnis untuk memulai kembali usahanya.

Namanya juga bisnis pasti ada pasang surutnya dan untuk menjadi sukses juga tidak mudah. Ada banyak cobaan yang harus berani dilalui, salah satunya adalah kebangkrutan. Kebangkrutan bukan menjadi akhir dari segalanya melainkan awal untuk mencoba kembali. Ini beberapa tips bisa bangkit kembali. 

Cara Agar Bangkit dari Kebangkrutan

Tidak ada yang tahu apakah bisnis yang sedang dijalankan dapat bertahan lama atau malah bangkrut. Oleh sebab itu ketahui dulu apa yang harus dilakukan ketika bangkrut baru bisa memulai bisnis.

1.     Meminta Dukungan dari Orang Dekat

Tips yang pertama harus dilakukan ketika mengalami kebangkrutan adalah dengan mencari dukungan dari orang terdekat. Memberikan dukungan moral kepada orang-orang terdekat yang sedang mengalami masalah adalah hal berharga.

Jangan sampai merasa tidak pantas untuk bercerita atau malu menceritakan apa yang terjadi. Dengan membagi cerita kepada orangtua atau sahabat tentu dapat mengurangi beban. Kebangkrutan memang membuat siapa saja merasa dirinya adalah orang yang gagal.

Akan tetapi hal tersebut tidaklah benar, kebangkrutan menandakan bahwa seorang pebisnis masih diberi kesempatan untuk memulai kembali yang lebih baik. Itulah mengapa dukungan dari orang terdekat sangat penting. Selain dukungan moral, jika mengalami kerugian maka pasti menghasilkan hutang.

Oleh karena itu ini pentingnya bercerita atau mencari orang lain yang bisa mendukung. Barangkali ada orang dekat yang bisa membantu untuk membayar hutang atau memberikan modal untuk bisnis kembali. Mungkin akan merasa takut akan tetapi bagaimanapun juga harus bisa bangkit kembali dari kegagalan.

2.     Fokus untuk Melunasi Hutang-Hutang

Tips bangkit dari kebangkrutan yang berikutnya adalah dengan fokus melunasi hutang-hutang. Apabila sudah mendapatkan uang tunai maka lakukan pelunasan hutang. Agar tidak salah maka catatlah jumlah hutang dan berhutang kepada siapa.

Mulailah untuk melunasinya satu persatu dan agar tidak pusing maka bisa memulai dengan melunasi hutang dari bunga yang paling besar dulu. Lalu jika sudah selesai melunasi hutang maka langkah selanjutnya adalah mencatat hutang mana yang sudah dibayarkan.

Apabila semua hutang sudah terbayar lunas maka cobalah untuk mengolah dan mengatur kembali finansial dan harus lebih berhati-hati. Keuangan akan menjadi lebih stabil jika hutang sudah dibayar semua. Kini tidak perlu lagi memikirkan bagaimana cara membayar hutang.

3.     Mengatur Kembali Lingkaran Pergaulan

Saat menghadapi kebangkrutan atau di suatu keadaan sulit apapun, semuanya akan terlihat siapa yang peduli dan enggan karena sedang bangkrut. Saat-saat inilah yang bisa menjadi cara untuk mempersempit lingkaran pertemanan dan membuang teman-teman toxic.

Jauhilah teman-teman yang tidak mau membantu sama sekali saat sedang mengalami kesulitan. Rangkulah orang-orang dekat yang masih baik dan mau membantu di saat masa kebangkrutan.

4.     Cobalah untuk Mengikuti Perkembangan Zaman

Tips bangkit dari kebangkrutan yang berikutnya adalah dengan mencoba mengikuti perkembangan zaman lagi. Cobalah untuk melakukan riset pasar akan apa yang menjadi kebutuhan pelanggan. Setelah itu coba lagi untuk membuat bisnis sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Barangkali untuk bisnis yang berikutnya tidak mengalami kebangkrutan lagi. Akan tetapi jika mengalami kebangkrutan sekali maka akan terbiasa dengan yang namanya kegagalan. Itulah mengapa pentingnya untuk melakukan riset pasar agar bisnis bisa mengalami perkembangan.

5.     Mencoba Kembali Mencari Pelanggan

Tips yang kedua adalah mencoba kembali untuk mencari pelanggan. Jika sudah mulai untuk berbisnis kembali cobalah untuk menemukan banyak pelanggan. Dengan melakukan promosi di media sosial atau menawarkan kepada teman juga merupakan cara yang dapat dilakukan.

Kebangkrutan adalah hal yang sangat tidak enak apalagi jika usaha sedang berada di atas angin. Oleh karena itu penting untuk mengetahui bagaimana tips bangkit dari kebangkrutan agar tidak terlalu lama terpuruk pada keadaan.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *