Home News Tingkat kesejahteraan Indonesia di dunia

Tingkat kesejahteraan Indonesia di dunia

122
0
tingkat kesejahteraan indonesia di dunia 2019

Mikamoney.com– Tingkat kesejahteraan Indonesia di dunia. The Legatum Prosperity Index telah merilis laporan tingkat kesejahteraan negara di dunia tahun 2019,

terdapat 12 kategori dalam penilaiannya untuk menentukan tingkat kesejahteraan suatu Negara yang meliputi safety and security, personal freedom, governance, social capital, investment environment, enterprise conditions, market access and infrastructure, economic quality, living conditions, health, education, natural environment

Berdasarkan 12 kategori tersebut Indonesia berada pada peringkat 63 dari 167 negara didunia yang berada dalam daftar indeks legatum.

Dari kategori tersebut, Indonesia memiliki nilai unggul pada kategori Social Capital yang mengukur tingkat kekuatan personal dan hubungan social, norma dan partisipasi  sipil dalam pemerintahan.

Jika dibandingkan dengan tahun 2018, Indonesia mengalami penurunan dua peringkat. Hal ini disebabkan masih terdapat empat kategori yang memiliki nilai merah pada safety and security, personal freedom, living conditions, dan health.

Kategori safety and security mengukur tingkat konflik, terror dan criminal yang mengganggu keamanan individual  yang berdampak pada jangka pendek maupun panjang.

Personal freedom mengukur perlindungan HAM, kebebasan individual dan toleransi social. Living conditions mengukur tingkat kualitas hidup termasuk di dalamnya sumber-sumber material, shelter, layanan dasar dan konektivitas.

Sedangkan health meliputi tingkat kesehatan dan kemudahan akses layanannya, hasil kesehatan, sistem yang sehat, faktor risiko sakit dan tingkat kematian

Jika dilihat dari tahun 2009 hingga 2019, Indonesia mengalami kenaikan peringkat dalam tingkat kesejahteraan dari peringkat 83 pada tahun 2009 naik menjadi peringkat 63 di tahun 2019.

Baca juga: Peringkat IPM daerah di Indonesia 2020

Namun, terdapat beberapa poin yang perlu diperbaiki jika ingin naik lebih lanjut terutama pada kategori yang masih merah seperti tingkat keamanan  akan  bahaya laten teroris, konflik horizontal seperti sentiment kebencian yang perlu diantisipasi pemicunya termasuk penyebaran hoax, perlindungan HAM dan kesamaan di depan hukum

Dalam daftar Negara-negara makmur didunia peringkat atas masih di dominasi Negara-negara dari skandinavia seperti Denmark, Norwegia, Switzerland, Sweden dan seterusnya.

Di Asia Tenggara, Singapore menduduki peringkat paling atas pada peringkat 16 disusul dengan Malaysia yang berada pada peringkat 41 dan Indonesia berada di peringkat 63. Lalu Thailand (66), Philipines (84), Vietnam (85), Laos (116) dan Kamboja (122)  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here