Home Business Pentingnya Membaca Berita Bisnis Dan Keuangan

Pentingnya Membaca Berita Bisnis Dan Keuangan

49
0
berita bisnis dan keuangan
Image: Unsplash/absolutvision

Mikamoney.com– Berita bisnis dan keuangan memang membosankan untuk dibaca bagi sebagian orang. Namun, tahukah anda bahwa hal ini sangat penting untuk diketahui perkembangannya.

Apalagi di tengah pandemi seperti ini, berita bisnis menjadi terasa sangat penting untuk semua lapisan masyarakat.

Salah satu alasan mengapa berita bisnis jarang dikonsumsi yaitu karena terdapatnya beberapa istilah asing yang mungkin belum bisa dipahami. Namun, bagaimanapun berita bisnis ini harus disimak dengan rutin. 

Membosankan namun esensial untuk kehidupan finansial anda 

Berita bisnis wajib dikonsumsi oleh semua orang, terlebih bagi anda yang memiliki bisnis, yang ingin memulai bisnis, dan para entrepreneur muda.

Mengapa? karena berita bisnis ini akan terkait dengan kehidupan anda. Bahkan para karyawan pun juga perlu mengonsumsi berita bisnis untuk mengetahui bagaimana masa depan perusahaan tempat anda bekerja tersebut.

Jadi, tidak hanya mengetahui cara buat laporan keuangan yang baik, namun membaca berita juga penting dilakukan.

Seberapa banyak mengonsumsi berita bisnis?

Anda harus tahu bahwa seorang pebisnis unggul selalu menyempatkan harinya untuk membaca berita bisnis dan keuangan setiap harinya.

Kebiasaan membaca ini dapat menentukan kesuksesannya karena dengan itu, ia berarti sedang mengumpulkan data terbaru juga akurat terkait riset kebijakannya. 

Seorang CEO Tesla Motor yang merupakan pendiri PayPal selalu menghabiskan waktunya kurang lebih 5 jam per harinya untuk membaca berita dunia.

Masih banyak orang-orang hebat lainnya yang juga menghabiskan waktunya untuk membaca. Hal ini adalah bukti bahwa orang-orang yang gemar membaca berita akan memberikan hasil baik dalam hal yang dikerjakannya, termasuk dalam dunia bisnis. 

Sensus ekonomi terakhir menunjukkan bahwa entrepreneur Indonesia mencapai 3,1% dari jumlah angkatan kerja yang ada. Malaysia mencapai 5%, Singapura 7%, China 10%, Amerika Serikat 12%, dan Jepang 11%.

Anda bayangkan saja, jika entrepreneur Indonesia rutin mengonsumsi berita bisnis setiap harinya, maka hal itu akan memberikan pengaruh besar terhadap bisnisnya. 

Pengaruh langsung maupun tidak langsung terhadap bisnis 

Setiap berita dibuat dengan tujuan tertentu sehingga penyajian materinya pun beragam agar dapat memberikan pengaruh terhadap pembacanya.

Salah satu contohnya yaitu ketika bank sentral mengkhawatirkan harga jual rumah di area tertentu, mereka pun mengemukakan argumen secara terbuka yang diliput dalam media massa.

Setelah berita itu terbit, para pemilik rumah, juga calon pemilik rumah di area tersebut langsung mengubah perilaku bisnis sesuai dengan yang terjadi. Masih banyak contoh lainnya.

Untuk itu, jangan remehkan berita apapun dari media massa juga media sosial. Perilaku usaha sudah seharusnya menyimak kabar terbaru agar kebutuhan usahanya bisa menyesuaikan dengan apa yang terjadi.

Jadi, tidak hanya tren bisnis saja yang dipentingkan, namun regulasi dan perubahan pasar juga sangat perlu diketahui. 

Walau demikian, seorang entrepreneur sejati harus selalu berhati-hati, kritis dan bisa memilah serta memilih yang terbaik.

Terlebih jika hal itu terkait dengan solusi bisnis. Anda harus mencermati legalitas, aspek objektivitas, juga aktualitas dari setiap berita yang anda baca.

Dengan begitu, hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan bagaimana strategi bisnis anda kedepannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here