Home News Download Sertifikat Vaksin Covid-19 Secara Aman

Download Sertifikat Vaksin Covid-19 Secara Aman

47
0
Download Sertifikat Vaksin Covid-19 Secara Aman

Download sertifikat vaksin Covid-19 sebaiknya Anda lakukan secara aman, yakni melalui aplikasi atau situs PeduliLindungi resmi yang telah disediakan pemerintah. Hal ini untuk mengantisipasi sesuai hal tidak kita inginkan.

Pasalnya belum lama ini ditemukan keberadaan situs serta aplikasi PeduliLindungi palsu. Situs serta aplikasi palsu tersebut dapat mencuri dan menyalahgunakan data pribadi orang yang telah mengaksesnya.

Selain itu, pastikan Anda mencetak kartu vaksin Anda di tempat yang terpercaya. Pasalnya, dalam kartu vaksin ini tidak hanya sebagai bukti bahwa Anda telah melakukan vaksin. Akan tetapi juga memuat data diri serta informasi penting lain yang termuat dalam QR Code pada kartu tersebut.

Cara Download Sertifikat Vaksin Covid-19 dengan Aman

Sertifikat vaksin Covid-19 saat ini menjadi salah satu syarat penting untuk melakukan berbagai kegiatan selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM. Seperti layanan transportasi umum hingga masuk mall serta pusat perbelanjaan pun telah memberlakukan adanya persyaratkan sertifikat vaksin tersebut.

Bagi seseorang yang telah melakukan vaksinasi, pada umumnya sertifikat vaksin akan secara otomatis terintegrasi dalam sistem. Sistem tersebut terdapat pada laman resmi PeduliLindungi. Dalam hal ini, masyarakat hanya tinggal mengunggah atau menunjukkan QR Code dari halaman website ataupun aplikasi PeduliLindungi saat akan mereka gunakan.

Dengan kata lain, sertifikat vaksinasi Covid-19 merupakan suatu bukti bahwa seseorang telah memperoleh dosis vaksinasi Covid-19. Dalam sertifikat vaksin Covid-19 ini memuat data diri pemilik. Mulai dari namanya, NIK, tanggal lahirnya, hingga tanggal serta bulan saat melakukan kegiatan vaksinasi.

Melalui Situs PeduliLindungi.id

Seringkali terdapat kendala dalam mendownload sertifikat vaksin melalui aplikasi karena penyimpanan HP yang terbatas. Namun Anda tidak perlu khawatir, saat ini pemerintah juga menyediakan layanan web https://pedulilindungi.id/. Berikut tutorial yang dapat Anda lakukan antara lain:

  • Langkah pertama, Anda buka situs https://pedulilindungi.id/
  • Selanjutnya pilih menu “registrasi atau login” yang berada pada bagian sudut kanan atas
  • Kemudian, Anda dapat mengisi nama lengkap sesuai KTP serta nomor HP yang Anda gunakan saat mendaftar vaksinasi Covid-19 sebelumnya
  • Langkah berikutnya, Anda pilih “buat akun” kemudian masukkan 6 digit kode OTP yang telah dikirimkan melalui SMS.
  • Akun PeduliLindungi pun telah berhasil Anda buat. Selanjutnya Anda dapat melakukan login serta mencetak sertifikat vaksin Covid-19 yang telah tersedia.
Baca juga  Tingkat kesejahteraan Indonesia di dunia

Melalui Aplikasi PeduliLindungi

Langkah cara download sertifikat vaksin Covid-19 lainnya adalah menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Adapun langkah-langkahnya adalah:

  • Download dan install aplikasi PeduliLindungi pada perangkat HP Anda
  • Ketikkan nomor HP atau alamat emailnya Anda
  • Selanjutnya akan muncul kode PTP yang dikirimkan melalui email atau SMS
  • Lalu masukkan kode OTP tersebut ke kolom yang tersedia, selanjutnya tekan tombol verifikasi
  • Jika sudah masuk pada layar utama, silahkan tekan tombol akun yang ada di pojok kanan atas
  • Pada layar akun, Anda tekan opsi sertifikat vaksin
  • Selanjutnya tekan nama Anda, maka akan muncul sertifikat vaksin yang Anda miliki
  • Berikutnya tekan salah satu sertifikat untuk melihat lebih jelas apabila akan Anda tunjukkan kepada petugas.
  • Anda dapat tekan tombol Unduh Sertifikat yang terdapat di kanan bawah apabila Anda ingin mendownload sertifikat tersebut.

Pastikan mengikuti cara download sertifikat vaksin Covid-19 tadi. Ini merupakan tindakan yang tepat. Anda dapat terhindar dari adanya pencurian data oleh para pihak yang tidak bertanggungjawab. Langkah tepat ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan.

Previous articleInilah Manfaat Laporan Keuangan yang Wajib Anda Ketahui
Next articleBerikut Ini Cara Membuat Laporan Keuangan Serta Fungsinya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here