Cara Sukses Menjadi Dropshipper

kerja online tanpa modal

Mikamoney.com Cara Sukses Menjadi Dropshipper. Memasuki zaman yang serba digital, ternyata membawa pengaruh pada beberapa kebiasaan manusia dan salah satunya ialah kebiasan berbelanja.

Cukup dengan gawai dalam genggaman, barang atau produk yang diinginkan langsung bisa didapatkan. Tanpa harus bersusah payah mengunjungi toko atau biasa disebut dengan belanja online.

Perubahan kebiasaan ini, justru membuka jalan untuk kalian kerja online tanpa modal. Dan Menjadi Dropshipper adalah jawabannya.

Apa itu Dropship

Bisnis dropship merupakan bisnis dimana kalian menjual produk yang dibuat orang lain, tanpa kalian perlu untuk menyetok dan juga mengirimkan barangnya secara manual dan mandiri.

Dan dropshipper merupakan pelaku usaha yang menjalankan bisnis dropship itu sendiri. Artinya, ketika kalian memulai langkah untuk menjadi dropshipper, kalian tidak perlu memiliki modal dan juga tidak perlu mengurus stok barang.

Terlebih, usaha ini akan membuat kalian leluasa untuk menjalin kerja sama dengan lebih dari satu toko.

Dianggap sebagai bisnis online tanpa modal, kalian tetap memiliki resiko dengan usaha dropship dimana berjualan untuk membesarkan brand milik orang lain, keuntungan tidak sebesar pemilik brand, serta bersaing dengan ribuan dropshipper lainnya.

Kiat merintis usaha menjadi dropshipper.

Menjalankan bisnis dropship memang  tidak semudah kedengarannya. Dibutuhkan niat serta konsistensi agar dapat berkembang untuk memperoleh keuntungan yang terus meningkat.

Bagi kalian yang tertarik untuk menjadi seorang dropshipper pemula, berikut beberapa tips cara sukses menjadi dropshipper agar usaha dropship mampu berkembang dan tidak menimbulkan kerugian.

1. Pilah dan pilih jenis produk

Saat memutuskan untuk menjadi dropshipper, langkah pertama tentukan jenis produk yang ingin kalian tawarkan atau jual pada masyarakat.

Sebagai kerja online tanpa modal, kalian juga perlu menganalisa tren pasar yang sedang berkembang dan berapa banyak peminatnya. Kalian dapat memperhatikan hal berikut untuk memilih produk untuk dropship.

  • Pilihlah produk dimana memiliki keuntungan yang sedikit, namun dapat dijual dengan jumlah yang banyak. Semisal produk fashion, karena kebutuhan alamiah untuk semua orang.
  • Memperhatikan ukuran pengiriman produk. Pastikan kalian menjual produk yang tidak memiliki ukuran besar, sehingga mudah untuk dikirim dan biaya pengiriman lebih murah tentunya.
  • Pasarkan produk yang dibutuhkan oleh masyarakat. Kalian dapat melakukan riset dengan menggunakan google keyword planner.
  • Pilih produk yang tidak mudah rusak. Ini agar kalian tidak terlalu repot dan menguras banyak waktu yang berurusan dengan pengembalian barang.

2. Cari supplier yang dapat dipercaya dan bertanggung jawab

Langkah selanjutnya, cari supplier yang bertanggung jawab. Sebab, tanpa adanya supplier bisnis ini tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya. Kalian dapat mencari supplier di berbagai e-commerce atau marketplace.

Lihat statistik mereka secara keseluruhan, kemudian kepuasaan pelanggan terhadap pengiriman dan juga barang yang dibeli, dan tak lupa pilih supplier yang masih berada dekat di wilayahmu.

Agar dapat bertemu dan menjalin berbagai strategi untuk meningkatkan penjualan.

3. Pilih channel pemasaran yang tepat

Dan yang terakhir memilih platform untuk pemasaran. Jika kalian memiliki supplier yang berasal dari marketplace, sebaiknya untuk tidak menggunakan tempat tersebut sebagai lapak dagangan kalian.

Karena dapat dipastikan kalian akan kalah dalam pertarungan harga, dimana penjualan produk umumnya dimenangkan oleh toko yang berani memberikan harga paling murah. Dan ini sudah menjadi kebiasaan pelanggan atau konsumen pada umumnya

Kalian dapat memanfaatkan media sosial seperti facebook dan juga instagram  karena memiliki banyak pengguna dan juga target konsumen.

Agar promosi lebih maksimal jangan lupa untuk melakukan promosi dan memasang iklan pada sosial media seperti facebook ads, instagram ads ataupun google ads.

Meski merintis kerja online tanpa modal, bukan berarti kalian dapat menjalankan bisnis dropship seenaknya. Tetap harus menggunakan strategi agar usaha dropship dapat berkembang dan keuntungan dapat meningkat setiap harinya. 

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *