Home Herbal Buah Rambusa Buah Liar dengan Nutrisi Tinggi

Buah Rambusa Buah Liar dengan Nutrisi Tinggi

333
manfaat buah rambusa

Mikamoney.com– Buah Rambusa atau Passiflora foetida, salah satu jenis tumbuhan yang tumbuh liar di semak-semak biasanya kita sering jumpai dimasa kecil yang hidup di pedesaan.

Buah tumbuhan ini terlindungi jaring-jaring daun seperti kapas, dibalik itu buah nya yang sudah matang dengan ciri berwarna kuning yang bisa dikonsumsi,

Hanya rambusa yang sudah matang yang boleh di konsumsi sedangkan yang masih mentah/mudah berwarna hijau tidak boleh dimakan karena mengandung racun

Rambusa atau dikenal juga dengan sebutan Markisa Hutan diduga berasal dari Amerika kini hidup liar di banyak tempat. Kemudian pohon itu berkembang ke daerah tropis lainnya di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Tumbuhan ini biasa didapati bercampur dengan herba dan semak lainnya di kebun, tegalan, sawah yang mengering, di pasir pantai, tepi jalan, tepi hutan dan bagian-bagian hutan yang terbuka disinari terik matahari.

Di Indonesia, rambusa mempunyai beberapa nama. Di Jawa disebut ceplukan blungsun. Orang Sunda menyebutnya buah rajutan, kaceprek, atau ki leuleu’eur. Orang Melayu menyebutnya timun padang.

Orang Bawean menyebutnya buah susu. Sedangkan di luar negeri disebut wild water melon atau semangka liar.

Beberapa Manfaat dari Buah Rambusa, sebagai berikut:

1. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Salah satu manfaat buah rambusa adalah untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Hal ini karena buah tersebut mengandung kalsium yang sangat bermanfaat untuk menjaga kepadatan tulang dan mencegah resiko terkena osteoporosis.

Selain itu, kalsium juga bermanfaat untuk menyehatkan dan memperkuat gigi serta gusi.

2. Mencegah anemia

Anemia merupakan suatau penyakit dimana kondisi tubuh kekurangan sel darah merah. Zat besi yang terdapat dalam buah rambusa bermanfaat untuk mencegah penyakit ini dalam tubuh.

Senyawa ini akan bertugas memproduksi sel-sel darah merah dalam tubuh, sehingga tubuh tidak akan kekurangan sel darah merah lagi.

Baca juga: Buah ciplukan dan manfaatnya untuk kesehatan

3. Megurangi stres atau depresi

Manfaat lain dari rambusa adalah dapat mengurangi stres atau depresi. Hal ini karena dalam buah ini diketahui mengandung senyawa yang dapat meningkatkan intensitas produksi hormon endorfin dalam tubuh.

Hormon endorfin adalah zat kimia alami dalam tubuh yang membuat seseorang merasa senang dan rileks.

4. Mengurangi resiko terkena kanker

Vitamin C, flavonoid dan potasium yang terdapat dalam buah rambusa bermanfaat untuk mencegah resiko terkena kanker.

Efek radikal bebas yang merupakan pemicu munculnya kanker dapat dilawan denga adanya vitamin C, flavonoid, dan potasium yang cukup pada tubuh

5. Menjaga kesehatan ginjal

Buah rambusa juga mengandung senyawa mineral yang sangat diperlukan bagi tubuh. Diantara manfaat mineral bagi tubuh adalah menjaga kesehatan ginjal dengan cara memperlancar proses ekresi urine.

Selain itu, Kandungan mineral dalam buah ini juga bermanfaat untuk mencegah munculnya gangguan pada ginjal.

6. Memperlancar sistem pencernaan

Manfaat selanjutnya dari buah rambusa adalah untuk memperlancar sistem pencernaan. Jika kalian sedang mengalami gangguan pada sistem pencernaan seperti sembelit, maka pengonsumsian buah rambusa bisa menjadi salah satu alternatif solusinya.

Rasa buah rambusa yang manis keasam-asaman tidak akan mengganggu sistem pencernaan, malah pengonsumsian buah ini secara teratur dapat memperlancar dan mencegah munculnya gangguan pada sistem pencernaan

7. Mencegah sariawan

Penyebab utama munculnya sariawan adalah kekurangan vitamin C. Vitamin C yang terdapat dalam buah rambusa selain bermanfaat untuk mencegah efek radikal bebas, juga sangat bermanfaat untuk mencegah munculnya sariawan serta gangguan mulut lainnya.

8. Menjaga tekanan darah tetap stabil

Fungsi darah dalam tubuh sudah tidak dapat diragukan lagi. Tekanan darah yang tidak stabil, baik itu tekanan darah yang tinggi ataupun tekanan darah yang rendah tentu akan mengganggu kesehatan tubuh.

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah rambusa diketahui dapat membantu menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

9. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah rambusa bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan menjadikannya lebih kencang.

Hal ini karena vitamin C berperan dalam meragsang produksi kolagen yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

10. Menjaga daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh yang kuat akan menjaga tubuh dari berbagai serangan virus dan bakteri sehingga tubuh tidak akan mudah sakit.

Vitamin C dan flavonoid yang terdapat dalam buah rambusa bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh dan mencegahnya dari berbagai macam alergi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here