Home Self Help Bagaimana Memilih Karir Setelah Usia 30 tahun

Bagaimana Memilih Karir Setelah Usia 30 tahun

120
0
memilih karir setelah usia 30 tahun

Mikamoney.com– Apakah kalian merasa bahwa hidup kalian membosankan terjebak dalam rutinitas harian pekerjaan yang sebenarnya tidak sesuai dengan harapan kalian dan ingin berpindah pekerjaan tapi bingung bagaimana memilih karir setelah usia 30 tahun

Bagaimana jika kalian merasa bahwa karir (pekerjaan) yang selama ini dijalani tidaklah cocok atau tidak sesuai dengan keinginan kalian!

Di perguruan tinggi, Kalian bisa berpindah jurusan dan ini bukan masalah besar kalau kalian salah memilih jurusan kuliah. Namun, apa yang terjadi jika Kalian ingin mengubah banting stir karir di kemudian hari? Padahal usia kalian sudah lebih 30 tahun !

Faktanya, banyak orang merasa bahwa pekerjaannya selama ini tidak sesuai dengan harapannya dan bekerja merasa terbebani atau terpaksa karena tidak ada lagi alternatif pekerjaan yang layak untuk dijalaninya.

Banyak pula diantara mereka merasa kecewa dengan pilihan pekerjaan yang dianggapnya merasa keliru mengambil keputusan di saat usia 20-an tahun. Yang lain menyadari bahwa bakat mereka lebih cocok di bidang lain.

Apapun alasannya, keputusan untuk mengambil tindakan yang menyangkut karir adalah hal penting dalam hidup. Terlebih lagi, apabila ingin keluar dari karier yang selama ini dijalani nampaknya menakutkan karena usia tidak muda lagi.

Sejujurnya, Kalian tidaklah perlu stres atau takut akan masa depan yang suram mengingat usia kalian yang tidak muda lagi. Kalian hanya perlu mengambil beberapa langkah untuk meningkatkan peluang kesuksesan emosional, intelektual, dan fiskal.

Berikut yang bisa kalian lakukan jika ingin pindah pekerjaan memilih karir setelah usia 30 tahun

1. Berhenti berangan-angan dan Jalani kehidupan sebaik mungkin

Kalian tidak perlu membuang waktu untuk mencari tahu cara menjalani hidup sesuai keinginan Kalian. Mengapa? karena Kalian sudah melakukannya — Kalian hanya tidak menyadari bahwa Kalian sedang melakukannya!

Kalian perlu mencari tahu apa yang berhasil selama ini, dan apa yang tidak berhasil sekarang, dan bagaimana usaha yang bersedia Kalian lakukan untuk mengubahnya.

Cari tahu apa tentang karir yang Kalian impikan sehingga Kalian bisa berada dalam posisi yang lebih baik untuk menegosiasikannya saat Kalian mencari karier baru.

2. Cari informasi sebanyak mungkin tentang karir yang kalian impikan

Sebelum Kalian memutuskan untuk menekuni karir yang menjadi impian kalian maka sebaiknya cari informasi yang lengkap dan mendalam tentang karir dan pekerjaan yang kalian sukai.  

Mengevaluasi banyak jalur akan membantu Kalian merasa lebih baik tentang langkah Kalian yang akan datang. Jadi, biarkan diri Kalian berpikir besar, tetapi jangan berkomitmen pada pilihan karier tertentu apa pun sampai Kalian mencoba beberapa pilihan dan menemukan yang paling pas dan terbaik bagi kalian.

3. Tentukan Bintang Utara yang menjadi Sasaran Kalian

Setiap pencari kerja dan peniti karir memiliki Bintang Utara sebagai sasaran. Itu adalah puncak sasaran, yang menjadi impian kalian untuk bisa mengatakan “Saya berhasil!

Jawad Ahsan, penulis laris What They Didn Tell Me, berkata bahwa Kalian membutuhkan Bintang Utara sebagai panduan.

Ahsan merekomendasikan bahwa setelah Kalian memilikinya, Kalian dapat “bekerja dengan cara tarik benangnya ke tempat Kalian saat ini, dan fokus pada pengalaman yang Kalian butuhkan untuk tetap berada di jalur Kalian sampai ke titik bintang utara itu.” Dia menyarankan untuk mendapatkan mentor sebagai pemandu menuju ke bintang sasaran tersebut.

Bagaimana jika Kalian mengalami kesulitan untuk fokus pada Bintang Utara yang menjadi sasaran Kalian? Bayangkan diri Kalian dalam tiga tahun.

Bagaimana kondisi kalian tiga tahun kedepan? Bersikaplah umum. Jangan terjebak dalam pekerjaan tertentu. Bersikaplah terbuka.

Apakah Kalian tipe orang yang ingin mengatur orang lain? atau tipe yang suka Bekerja secara mandiri? apakah tipe kreatif? atau suka Membantu orang dengan memecahkan masalah mereka? Jawaban dari Kalian akan membantu untuk mendefinisikan Bintang Utara Kalian.

4. Tetap kerjakan pekerjaan harian kalian — untuk saat ini

Saat Kalian menjadi lebih bersemangat memikirkan perubahan karier, Kalian mungkin tergoda untuk berhenti dari apa pun yang Kalian lakukan sekarang. Don’t do it.

Kalian hanya akan menghadapi potensi kesulitan. Inilah alasannya: Mungkin sangat menantang untuk menjelaskan kepada calon perekrut mengapa Kalian tiba-tiba meninggalkan posisi. Perekrut mungkin melihat Kalian sebagai “kutu loncat”, dan itu bukan hal yang bagus.

Ya, mungkin sulit untuk tetap bertahan pada kantor yang membuat Kalian tidak betah. Namun demikian, Kalian setidaknya akan tetap memiliki pendapatan yang mengalir ke rekening Kalian untuk sementara waktu sebelum kalian mendapatkan pekerjaan yang selama ini menjadi impian.

Bagaimanapun, terkadang, mencapai Bintang Utara akan membutuhkan jalan memutar seperti kembali ke sekolah atau mengambil posisi dengan gaji yang lebih rendah.

5. Coba Pekerjaan sampingan terlebih dahulu

Coba cara lain untuk mendapatkan uang tambahan selain pekerjaan utama kalian. Misalkan: Kalian seorang akuntan yang bekerja full time namun memiliki kesenangan pada mobil tua.

Kalian bisa gunakan mobil tua itu untuk memulai bisnis sampingan kecil dengan mengerjakan beberapa mobil antik milik teman dari garasi rumah Kalian.

Pada waktunya, Kalian mendapatkan reputasi yang cukup baik sebagai seseorang yang tahu bagaimana mengubah clunker menjadi simbol status.

Dengan sedikit bantuan dari situs web yang layak, pemasaran dari mulut ke mulut, dan iklan digital yang bijaksana, Kalian mendapatkan banyak klien.

Jika Kalian dapat mencapai titik kritis, Kalian bisa memutar balik. Mungkin Kalian tetap bekerja sebagai akuntan selama musim pajak dan memperbaiki mobil di waktu-waktu lainnya.

6. Gunakan Gear untuk “Meningkatkan Kemampuan”

Kalau kalian berencana banting setir dalam karir yang berbeda dengan apa yang kalian jalani selama ini. Maka, sebaiknya kalian meningkatkan kemampuan dengan cara mempelajari apa yang dibutuhkan dalam karir baru yang kalian jalani

Untuk meningkatkan kemampuan kalian bisa belajar secara mandiri melalui internet, kursus online maupun mengambil program keahlian di tempat pelatihan karir

7. Tetap Sabar Selama Proses

Apa salah satu alasan terbesar para pencari kerja kehilangan kepercayaan saat mencoba mengubah karier di usia 30-an atau lebih? Jawabannya mudah — kurang sabar.

Sulit untuk menunggu berbulan-bulan atau bertahun-tahun untuk mendapatkan apa yang Kalian inginkan. Itulah mengapa Kalian harus menjaga diri Kalian tetap termotivasi (dan mengapa Kalian tidak boleh membiarkan diri Kalian diperintah oleh orang-orang negatif di dunia Kalian).

Beberapa orang suka membuat jurnal perjalanan sehari-hari mereka. Ini membuat mereka tetap fokus pada hadiah utama.

Yang lain benar-benar mengingatkan diri mereka sendiri tentang minat mereka secara teratur sehingga mereka tidak tergoda untuk berhenti.

Menyimpang dari jalur karier membutuhkan banyak kekuatan batin. Kelilingi diri Kalian dengan keluarga dan teman yang suportif dan tinggalkan para penentang.

8. Persiapkan Diri Secara Finansial

Saat Kalian baru saja memulai karier Kalian di awal usia 20-an, Kalian tidak terlalu khawatir tentang mendapatkan gaji. Tentu, Kalian harus membayar tagihan.

Tetapi Kalian mungkin tidak memiliki rumah atau bahkan mobil. Beralih karier di usia 30-an adalah permainan bola yang sama sekali berbeda.

Pada saat Kalian berusia 30-an, Kalian mungkin memiliki banyak kewajiban finansial. Kalian bahkan mungkin memiliki istri atau anak-anak.

Tagihan utilitas, pembayaran internet, dan pinjaman bank bertambah. Oleh karena itu, berikan bonus besar untuk diri Kalian sendiri dan hemat uang segera setelah Kalian menyadari bahwa Kalian akan berganti karier.

9. Sharing Mengenai Pilihan Karir Kalian Dengan Orang Lain

Mungkin sulit untuk membuat keputusan yang baik dalam ruang hampa karena Kalian mungkin akan melewatkan sesuatu.

Karenanya, Kalian mungkin ingin membagikan keputusan perubahan karier Kalian dengan teman dekat atau orang yang Kalian cintai.

Jelaskan apa yang ingin Kalian lakukan, dan dengarkan tanggapan mereka. Mereka mungkin memiliki umpan balik atau ide luar biasa yang tidak pernah Kalian pertimbangkan.

Akankah beberapa orang mencoba membujuk Kalian agar tidak mengubah karier? Pasti. Namun, jangan mengabaikan kekhawatiran mereka begitu saja.

Sebaliknya, dengarkan mereka. Apa yang mereka katakan mungkin mencakup beberapa masukan yang bisa Kalian gunakan.

Selain itu, Kalian akan menghargai memiliki orang-orang untuk berbagi kesuksesan Kalian ketika semuanya mulai membuahkan hasil.

Kalimat Penutup

Hidup Kalian adalah perjalanan yang idealnya ditentukan oleh apa yang Kalian butuhkan dan inginkan termasuk memilih karir setelah usia 30 tahun. Jika Kalian mendekati usia 30 dan merasa tidak terhubung dengan karier, pertimbangkan untuk pindah. Kalian akan berada di perusahaan yang baik dengan semua orang lain yang telah melakukan perjalanan sebelum Kalian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here