Home Insights Awal Mula Sains Filsafat di Yunani

Awal Mula Sains Filsafat di Yunani

329
0
awal mula sains filsafat yunani

Mikamoney.com– Awal Mula Sains Filsafat di Yunani. Para penyair lirik berpikir secara mendalam mengenai masalah alam, manusia dan tuhan. Namun pikiran mereka dikendalikan oleh agama.

Dalam mencari penyebab apa saja mereka selalu kembali ke masalah supranatural. Misalnya, mereka menjelaskan bergantinya musim dingin dan musim panas melalui mitos Demeter, dewi bumi dan pertanian.

Yang dipercaya oleh masyarakat umum di Yunani ia memiliki seorang putri bernama Persephone, yang oleh Hades dewa kematian dan raja bawah tanah untuk diboyong dengan paksa dengan maksud menjadikannya istri dan ratu di dunia yang lebih rendah.

Demeter merasa sedih karena kehilangan putrinya, dan bumi menjadi dingin dan tandus, tetapi setelah beberapa waktu , putrinya dikembalikan, suka cita timbul padanya dan menyebabkan bumi menjadi hangat dan membuat pohon-pohon berbuah.

Baca juga: The theosophical society dan teori relativitas Enstein

Sejak saat itu Persephone tetap bersama ibunya selama bulan-bulan panas dan bersama Hades selama musim dingin.

Selama pemikir puas dengan mitos tersebut, ilmu yang benar tidak akan terungkap dan tetap tidak mungkin di dapat.

Kemajuan pengetahuan yang melepaskan pandangan sempit yang dibelenggu oleh mitos dibuat oleh kaum Ionia, suatu kaum yang menempati pesisir tengah Anatoli Turki.

Salah satunya yang bernama Thales, dia berpikir dan mencari awal penyebab dari segala sesuatu tentang fenomena alam. Dia mengatakan bahwa segala sesuatu bersumber dari air.

Dalam memilih air sebagai penyebab dan subtansi benda, dia sepenuhnya salah; tetapi dalam mencari  penyebab alami- bukan penyebab supranatural- dia telah meletakkan dasar bagi filsafat Yunani.

Inilah yang menjadi awal mula sains filsafah yang berkembang terus menjadi berbagai macam disiplin ilmu pengetahuan modern seperti yang kita kenal saat ini

Baca juga  ZOOX Kendaraan Robot Tanpa Sopir

Kata Filsafat, seperti yang digunakan oleh orang Yunani, termasuk ilmu pengetahuan yang menggali lebih dalam tentang sifat segala sesuatu.

Pada periode awal ini orang-orang Yunani sudah membuat kemajuan dalam ilmu matematika, astronomi, geografi dan ilmu yang bermanfaat lainnya, meskipun mereka belum memisahkan bidang pengetahuan ini satu sama lain atau menyusun fakta tersebut dalam sistem yang pasti

Kita sekarang telah membuat sketsa kemajuan umat dari zaman batu sekitar 480 SM. Untuk mengapresiasi dengan benar periode ini perlu diingat adanya kenyataan bahwa hampir seluruh dunia pada saat itu masih dalam keadaan terbelakang dan kegelapan ilmu pengetahuan,

baik yang hidup di zaman batu atau yang sedikit lebih maju dalam penggunaan logam. Kemajuan pada waktu sebatas pada Mesir, Asia Barat Daya dan Yunani

Memang benar, India dan China memiliki peradaban mereka sendiri, tetapi pada waktu itu Yunani telah menjelajah banyak pulau dan pantai di laut Mediterania yang panjang membentang dan perairan sungainya.

Dibagian barat koloni Fenesia, Mediterania bersaing dengan orang-orang Yunani. Dari orang-orang ini, dan terutama yang terakhir, penduduk asli belajar industri, seni rupa dan alphabet, tetapi kemajuan ini tidak meluas jauh dari pantai

Peta yang menyertainya mengetengahkan pandangan dunia yang dipegang oleh ahli geografi paling terpelajar pada zaman itu. Hingga ke Utara dan ke Selatan, pada kenyataannya, ia termasuk daerah yang membentang jauh melampaui batas peradaban.     

Previous articleKutipan Guru Meditasi Mengenali Diri
Next articleBaper Saat Di Tanya Kapan Nikah ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here