8 (Delapan) Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik

Setelah membeli mobil maka hal berikutnya yang perlu dipertimbangkan adalah memilih asuransi mobil yang tepat. Guna mengurangi risiko finansial dan hukum yang terjadi jika suatu waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Oleh karenanya harus dipilih yang tepat. Berikut ini adalah tips memilih asuransi mobil terbaik.

Jenis Asuransi Mobil

Pilih jenis asuransi mobil yang sesuai. Terdapat 2 jenis asuransi mobil sebagai berikut.

All Risk

Perlindungan bagi mobil untuk segala jenis kerusakan. Baik itu untuk kerusakan ringan, sedang hingga berat, juga terhadap risiko kehilangan kendaraan. Adapun syaratnya antara lain usia kendaraan maksimal 7 tahun hingga 10 tahun.

TLO (Total Loss Only)

Perlindungan bagi mobil yang hilang atau rusak dengan nilai kerusakan yang mencapai lebih dari 75% dari harga mobil. Adapun syaratnya antara lain usia kendaraan maksimal 15 tahun.

Pilih juga benefit asuransi yang memberikan ganti rugi sesuai kebutuhan. Dalam hal ini bisa mencakup perlindungan terhadap kerusakan, dan pencurian, serta tanggung jawab hukum.

Bandingkan Premi Asuransi

Setelah memilih jenis polis asuransi mobil yang cocok maka lalu cek dan bandingkan besaran preminya. Bisa pilih yang termurah, tanpa mengorbankan kualitas layanan dan benefit, serta sesuaikan dengan besaran anggaran yang tersedia.

Read also :  5 Manfaat Memiliki Asuransi Mobil All Risk Terbaik

Riwayat Klaim

Cek reputasi perusahaan asuransi lewat riwayat klaimnya. Pilih perusahaan jasa asuransi yang dikenal mudah dan cepat serta adil proses klaimnya.

Perhatikan Ketentuan dan Syarat

Teliti dan pahami dengan benar ketentuan polisnya. Terutama mengenai pembatasan dan pengecualian, terkait yang dicakup dan tidak dicakup.

Cek Bengkel yang Bekerja Sama

Pastikan bengkel yang bekerja sama memiliki layanan yang bagus dan reputasi yang bagus pula. Terdapat di lokasi dekat rumah serta memiliki cabang yang tersebar luas, terutama ada di lokasi yang sering menjadi lokasi bepergian.

Cek Layanan yang Disediakan

Pilih layanan sesuai kebutuhan. Dalam hal ini layanan tersebut seperti kemudahan penyediaan mobil pengganti ketika mobil rusak dan sedang dalam masa perbaikan di bengkel, penyediaan mobil derek secara gratis, juga penyediaan fasilitas ambulance jika diperlukan, dan fasilitas layanan hotline

Serta penyediaan perbaikan darurat di lokasi jika sewaktu-waktu memerlukan seperti ketika tiba-tiba mobil mogok dan mengalami masalah di jalan, hingga bantuan dan kemudahan dalam pengurusan klaim asuransi dan lain sebagainya.

Ketersediaan beberapa layanan plus tersebut akan sangat membantu sekali dan layak menjadi pertimbangan dalam memilih asuransi mobil yang tepat. Cek juga dengan jadwal serta batas maksimal serta syarat untuk bisa mendapatkan layanan tersebut.

Pilih Tarif OR (Own Risk) yang Terkecil

Sebagaimana ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), maka tiap perusahaan asuransi mobil wajib mengenakan biaya OR,   minimal sebesar 300 ribu Rupiah per kejadian.

Cek Tawaran Paket Asuransi

Sering kali akan lebih menguntungkan jika membeli paket asuransi daripada membelinya secara terpisah. Oleh karenanya perlu dipertimbangkan jika ada penawarannya. Contohnya seperti paket asuransi mobil dan rumah atau asuransi mobil dan asuransi jiwa, seperti itu.

Read also :  10 Jenis Jaminan Tambahan Asuransi Mobil Dan Berbagai Manfaatnya

Perhatikan beberapa hal tersebut di atas pada saat hendak membeli asuransi mobil terbaik.

x

Leave a Comment