10 Jenis Jaminan Tambahan Asuransi Mobil Dan Berbagai Manfaatnya

10 Jenis Jaminan Tambahan Asuransi Mobil Dan Berbagai Manfaatnya
10 Jenis Jaminan Tambahan Asuransi Mobil Dan Berbagai Manfaatnya

Ketika mempertimbangkan asuransi mobil sebagai proteksi kendaraan, Anda barangkali sempat mendapat penawaran asuransi all risk dan total loss only (TLO). Namun, pernahkah Anda mengecek asuransi tambahan sebagai penunjang kedua produk utama tadi?

Sejumlah perusahaan asuransi menawarkan jaminan proteksi tambahan. Walau sifatnya tak wajib, menggunakan layanan ini sangat dianjurkan saat kedua asuransi utama belum menyediakan layanan yang Anda butuhkan. Selain itu, ada sejumlah kelebihan seperti premi murah yang akan meringankan beban pengeluaran.

Kelebihan Jaminan Tambahan Asuransi Mobil

Dikenal juga sebagai rider, jaminan tambahan pada asuransi menawarkan perlindungan yang belum atau kurang maksimal diberikan produk utama. Bukan hanya asuransi mobil all risk terbaik dan TLO yang menghadirkannya. Asuransi kesehatan dan jiwa pun mempunyai layanan ini, sehingga nasabah bisa memilih proteksi untuk kebutuhan spesifik.

Mengambil rider dari asuransi pun akan memberikan sejumlah manfaat seperti:

Perlindungan lebih lengkap

Tak sedikit calon nasabah bingung atau urung mengambil asuransi karena layanan proteksi yang dibutuhkan ternyata belum tersedia. Kalaupun ada, jenis asuransinya bukan yang sering digunakan atau preminya mahal. Di sinilah rider hadir sebagai solusi dan pendamping asuransi utama.

Sebagian besar jaminan tambahan memberikan layanan spesifik. Kemudian ketika nasabah atau pihak tertanggung mengalami risiko, layanan ini dapat diberikan sesuai kesepakatan. Dengan begitu, Anda juga akan mendapatkan proteksi lebih lengkap.

Read also :  Manfaat Asuransi Kresna Life

Menambah nilai perlindungan

Rider yang Anda dapatkan dari perusahaan-perusahaan besar seperti asuransi mobil ACA akan membantu memperluas nilai perlindungan. Kemudian dengan mengambil jaminan tambahan, Anda secara tak langsung menambahkan manfaat sesuai premi yang ditentukan.

Adanya jaminan ekstra pun memungkinkan Anda mendapatkan penanganan risiko yang mahal, sehingga pengeluaran dapat ditekan semaksimal mungkin. Berbeda saat Anda hanya mempunyai asuransi utama, pasti ada dana tambahan yang dikeluarkan saat risiko belum ditanggung.

Pertanggungan dari pihak resmi

Rata-rata rider yang ditawarkan sebagai pendamping asuransi mobil online maupun offline datang dari pihak ketiga. Anda pun tak perlu cemas, sebab mereka biasa sudah menjadi tekanan penyedia asuransi dan mempunyai reputasi bagus.

Bengkel adalah pihak ketiga yang sering menjalin kerja sama dengan perusahaan asuransi. Anda yang mempertimbangkan rider dan merasa memerlukan servis berkala dapat memilih layanan yang menawarkan pemeliharaan di bengkel rekanan asuransi.

Jenis Perluasan Jaminan untuk Asuransi Mobil

Tertarik menggunakan perluasan jaminan dari asuransi mobil Allianz atau perusahaan-perusahaan lainnya? Sebelum memutuskan, kenali jenis-jenisnya berikut ini!

1. Bengkel rekanan

Seperti yang dibahas, bengkel adalah fasilitas tambahan yang umum disediakan perusahaan asuransi. Mereka biasanya akan memberikan opsi tersebut beserta penggantian biaya perbaikan saat mobil bermasalah. Dengan catatan, kerugian yang dialami memenuhi persyaratan dan ketentuan.

Akan tetapi, tak semua asuransi kendaraan maupun perluasan jaminannya menawarkan layanan bengkel. Jadi pastikan ketersediaannya saat Anda mengecek layanannya.

2. Mobil pengganti

Jenis perluasan jaminan ini diberikan kepada nasabah saat mobil mereka sedang diperbaiki di bengkel rekanan. Anda yang mendapatkan jaminan tersebut tentunya akan sangat terbantu. Apalagi kalau Anda mengandalkan kendaraan untuk beraktivitas setiap hari.

Read also :  8 (Delapan) Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik

Perlu diingat, kendaraan pengganti yang disediakan asuransi mobil bersifat pinjaman. Jadi selama memakainya, Anda harus jaga baik-baik supaya tak mengalami kendala besar.

3. Layanan darurat

Nasabah yang rentan mengalami masalah seperti mogok hingga kecelakaan lalu lintas sebaiknya mengambil layanan darurat sebagai rider-nya. Jenis layanan ini memudahkan Anda menghubungi pihak asuransi saat membutuhkan bantuan ke lokasi dalam waktu cepat.

Sebagai contoh, saat mobil mengalami ban bocor atau pecah di tengah perjalanan, Anda dapat mengontak pihak asuransi. Mereka lantas akan menyediakan ban pengganti untuk mengatasinya.

4. Mobil derek

Seperti bengkel, mobil derek termasuk layanan tambahan yang disediakan sebagian besar perusahaan asuransi mobil murah. Anda yang berhadapan dengan masalah mobil mogok, terutama di jalan tol, dapat mengontak perusahaan untuk mengambil manfaat ini.

Selain mendapatkan bantuan derek, layanan juga sudah mencakup penanganan di bengkel rekanan terdekat. Dengan begitu, mobil dapat segera diperbaiki dan dikendarai kembali.

5. Kompensasi uang transportasi

Perluasan jaminan berikutnya yang dapat Anda klaim dari asuransi adalah kompensasi uang transportasi. Dalam hal ini, nominal yang diberikan disesuaikan ketentuan dari perusahaan. Anda pun harus memastikan semua syarat dan ketentuan terpenuhi agar pengajuan dikabulkan.

Kompensasi biasanya diberikan saat mobil Anda sedang diperbaiki di bengkel yang ditunjuk pihak asuransi. Hal ini tentunya meringankan beban dari segi finansial.

6. Ambulans

Bukan hanya pada asuransi kesehatan dan asuransi jiwa Kresna maupun tempat lain, ambulans tersedia juga pada perluasan jaminan proteksi kendaraan. Perusahaan akan menawarkannya pada nasabah sebagai bentuk antisipasi kalau mereka mengalami kecelakaan lalu lintas.

Ketika mengambil layanan tambahan ini, Anda umumnya tak akan dipungut biaya. Kemudian, kalau kemungkinan buruk terjadi, nasabah akan mendapatkan akses lebih cepat ke rumah sakit terdekat.

Read also :  Kelebihan Asuransi Mobil Allianz

7. Perpanjangan STNK

Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) mempunyai masa berlaku selama lima tahun dan pemilik mobil perlu memperpanjanganya setiap dua tahun. Jika lalai atau lupa, STNK akan kedaluwarsa dan pihak kepolisian bakal memproses penghapusan data kendaraan tersebut.

Anda yang barangkali tak sempat mengurusnya, ambil saja perpanjangan STNK dari perusahaan asuransi. Langkah ini akan membuat Anda tenang selama mengendarai kendaraan tersebut.

8. Kemudahan pengajuan klaim

Pengajuan klaim di asuransi Kresna Life maupun perusahaan lain memiliki masing-masing syarat serta ketentuan yang perlu diperhatikan. Anda perlu mempelajari setiap poinnya dengan baik agar klaim berjalan lancar. Pihak perusahaan akan menerimanya, lalu mencairkan dana kepada Anda.

Dengan layanan ini, nasabah diharapkan tak kesulitan mengurus pencairan dana di waktu-waktu darurat. Jadi, Anda bisa mengurus ganti rugi atau perbaikan kendaraan yang mengalami masalah.

9. Bonus tanpa perlu klaim

Di beberapa perusahaan, no claim bonus disediakan sebagai perluasan jaminan kepada nasabah. Layanan ini berasal dari potongan premi saat Anda melakukan perpanjangan masa berkalu untuk polis. Dana yang nantinya diterima dapat dimanfaatkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

Sebagai catatan, bonus tanpa klaim ini hanya berlaku pada nasabah yang belum pernah memohon pengajuan klaim selama periode tertentu.

10. Layanan mudah sepanjang waktu

Satu lagi jaminan yang dapat Anda peroleh dari asuransi mobil terbaik adalah pelayanan setiap waktu. Kemudahan ini diberikan melalui customer service yang dapat dihubungi 24 jam. Manfaat ini dianggap menguntungkan, terutama bagi nasabah yang memerlukan bantuan darurat.

Simpan baik-baik kontak layanan pelanggan seperti nomor telepon, kontak aplikasi chatting, dan alamat email. Saat ada satu yang bermasalah, Anda bisa gunakan kontak lain yang masih aktif.

Demikian macam-macam manfaat dan jenis jaminan tambahan atau rider asuransi mobil. Pelajari secara bijak setiap layanan yang ditawarkan saat memilih produk tersebut. Jadi, Anda tak menyesal saat menggunakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *