Home Money 7 Cara Jualan Online Shop Yang Perlu Kalian Tahu Untuk Pemula

7 Cara Jualan Online Shop Yang Perlu Kalian Tahu Untuk Pemula

264
0
cara jualan online shop

Mikamoney.com Ketika Kalian ingin memulai usaha dengan menjual produk secara online, ada banyak hal yang perlu Kalian perhatikan. Hal ini karena cara jualan online shop terkadang membutuhkan persiapan yang lebih matang jika dibandingkan dengan jualan secara offline. 

Siapkan mental

Ketika Kalian ingin memasarkan produk yang diproduksi sendiri secara online, hal paling penting adalah persiapan mental, mengingat apa yang Kalian pikirkan belum tentu sesuai dengan realita yang akan terjadi. Apa yang sudah direncanakan juga belum tentu berjalan lancar. Kesiapan mental yang sudah Kalian miliki akan membantu Kalian tetap berpikir tenang apapun masalah yang dihadapi selama bisnis.

Siapkan dana

Ketika Kalian sudah benar-benar ingin memulai usaha secara online, tetap siapkan dana yang akan digunakan untuk membeli bahan baku, operasional harian usaha, seperti membeli kuota data, dan lainnya. Dana yang sudah disiapkan akan membantu Kalian dalam menjalankan usaha secara online, baik menggunakan website maupun hanya melalui media sosial.

Cari supplier yang tepat

Ketika Kalian ingin mengembangkan pemasaran menggunakan media online, cari dulu supplier bahan baku yang bisa diajak kerjasama dengan ketersediaan bahan baku harga murah namun kualitasnya terjamin. Pemilihan supplier yang tepat akan sangat membantu Kalian di awal saat usaha yang dirintis belum terlalu banyak memberikan pundi-pundi Rupiah.

Susun rencana bisnis

Apapun cara dapat uang cepat yang Kalian baca di media bisnis, tidak akan berhasil ketika Kalian tidak menyusun rencana bisnis dengan benar. Kalian bisa menyusun terlebih dahulu rencana bisnis setidaknya untuk tiga bulan kedepan setelah memulai bisnis secara online. Rencana bisnis yang disusun di awal akan membantu Kalian mengatasi kemungkinan masalah yang mungkin terjadi selama menjalankan bisnis.

Atur sistem pencatatan pendapatan bisnis

Berapapun pendapatan yang Kalian dapatkan, jangan lupa untuk membuat pencatatan sederhana terkait alur uang keluar masuk. Atur dengan jelas sistem pencatatan pendapatan bisnis dan sebaiknya bisnis yang Kalian lakukan dipisahkan rekeningnya dengan rekening pribadi. Pencatatan rutin yang dilakukan per hari akan membantu Kalian melacak berapa jumlah laba bersih yang didapatkan per hari dan berapa jumlah uang yang perlu Kalian dapatkan per hari agar segera kembali modal.

Metode promosi 

Adakalanya cara jualan online shop baru akan berhasil ketika metode promosi produk yang dilakukan tepat. Kalian bisa menggunakan pihak ketiga untuk mempromosikan produk yang dijual melalui media sosial. Namun demikian, ketika Kalian tidak ingin menggunakan pihak ketiga, Kalian bisa mempelajari terlebih dahulu metode fotografi, SEO, hingga videografi yang menarik untuk meningkatkan penjualan.

Evaluasi hasil

Pada saat Kalian menggunakan Facebook, Instagram, atau media sosial lainnya untuk menjual produk secara online, jangan lupa untuk mengevaluasi hasil yang didapatkan. Evaluasi secara berkala akan membantu Kalian menentukan metode promosi yang lebih tepat untuk pemasaran produk. 

Previous articleMembuka Usaha dengan Modal 5 Juta
Next articleBagaimana Cara Jualan di Facebook Untuk Pebisnis Pemula?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here