Home Netizen Mengenal Mesin Pencari Sebelum Google

Mengenal Mesin Pencari Sebelum Google

153
0
tampilan Altavista 1998 (Brent Payne/ Flickr. CC BY 2.0)
Brent Payne/ Flickr. CC BY 2.0

Mengenal Mesin Pencari Sebelum Google. Pada saat ini rasanya semua orang tidak bisa hidup tanpa google dan sebagian besar orang mengenal mesin pencari tersebut.

Memang kalimat ini terkesan lebay namun kita tidak bisa memungkiri bahwa google dan anak perusahaannya menjadi bagian dari lifestyle kita.

Kita menjadi semakin mudah dalam mengakses informasi dengan google, berbagai macam informasi tersaji di dalamnya menjadikan manusia modern seperti hidup dalam satu kampung global yang bernama kampung bumi, one world one sky

Namun, taukah kalian bahwa sebelum google muncul sudah ada mesin pencari yang menjadi jejak first step dalam peradaban informasi internet, mesin pencari tersebut bernama altavista dan yahoo.

Sudah menjadi hukum alam bahwa penemuan teknologi akan merembet kepada penemuan-penemuan lainnya dengan didasari atau terinspirasi dari penemuan teknologi sebelumnya.

Saya mengenal mesin pencari altavista dan yahoo di awal-awal kuliah pada akhir tahun 1998 sekaligus saya mengenal internet, walaupun sebelumnya saya sudah familiar dengan istilah internet sejak SMA melalui media massa

namun secara langsung saya belum pernah berinteraksi dengannya, pertama kali mengenal internet yakni pergi ke warnet  dengan tarif 6000/jam

dan komputernya masih menggunakan windows 95, jangan dibayangkan kecepatan internetnya seperti sekarang, pada saat itu kecepatannya ibarat kura-kura yang berjalan.

Yang pertama saya lakukan untuk membuka internet dengan mengklik internet explorer (IE), pada saat itu belum ada firefox atau google chrome seperti yang saya gunakan saat ini.

Saya hanya membuka IE dan duduk termenung sambil baca-baca berita di situs yahoo bahkan membuat emailpun belum bisa

dan sekali-kali saya buka altavista hanya ingin tau saja dengan melihat tampilan awalnya lalu saya tutup dan kembali ke yahoo lagi, baca-baca berita lagi

Altavista menjadi mesin pencari terkenal sebelum kemunculan google dengan 80 juta hits perhari yang mengaksesnya.

Tampilan altavista sama seperti yahoo, dimana halaman homepage-nya berisi berita dan email serta menyisipkan mesin pencari dengan tampilan yang sederhana ala website html.

Jika saja altavista tetap focus pada mesin pencari sebagai lini bisnis utamanya bisa saja kita hanya mengenal altavista saat ini.

Altavista dibuat oleh sekelompok peneliti di Digital System Coorporation Networks Systems Laboratory dan Western Research Laboratory dan diluncurkan pada tahun 1995.

Pada tahun 1996 Altavista di akuisisi oleh Compaq dan diluncurkan sebagai web portal berita yang mirip dengan yahoo

dimana fokusnya menampilkan berita dengan menambahkan fitur email dan menyisipkan mesin pencari pada halaman homepagenya. Tahun 2003, yahoo mengakuisisi altavista dengan cara membeli perusahaan induknya, Overture

Begitupun ketika pertama kali saya mencoba mesin pencari google di tahun 1999,

tampilannya saya rasa begitu aneh dimana satu halaman hanya ada kotak pencarian dan tombol dibawah tulisan Google, tampilannya ibarat seperti saya buat dengan input text dan button di html.

Namun siapa sangka, kesederhanaan tampilannya ini yang disukai oleh user dan seperti yang kita ketahui saat ini bahwa Google merajai mesin pencari di dunia

Apa yang membedakan google dengan lainnya yakni kesederhanaan tampilannya yang langsung menyajikan kotak pencarian tanpa iklan beterbangan.

Jadi ketika orang menyebut google maka yang terbayang mesin pencarian, itulah branding.

Selain itu, pola indexing mesin pencari yang kuat dimana google dilengkapi dengan crawler robot yang merambat di mesin pencarian untuk mengindeks halaman page yang baru

dengan robot tersebut memudahkan untuk indexing halaman berdasarkan sistem peringkat untuk ditampilkan di halaman depan google dan tentunya banyak formula lainnya yang ditetapkan google untuk mengindeks berita pada mesin pencarinya.

Itulah kenapa hasil tampilan mesin pencari google lebih dinamis dan lebih banyak pilihan dibandingkan dengan mesin pencari lainnya

Altavista dan yahoo semakin ditinggalkan oleh penggunanya dikarenakan banyak bermunculan situs-situs berita lain yang lebih beragam berita yang disajikan,

sedangkan untuk mesin pencarian, pengguna internet lebih banyak beralih ke google yang tampilannya sederhana dan tidak muncul banyak iklan.

Kini, altavista telah membeku dalam sejarah mesin pencarian setelah yahoo menutup semua layanannya di tahun 2013 setelah 10 tahun yahoo mengakuisisinya.

Bagaimanapun, altavista telah meninggalkan tapaknya sebagai pioneer mesin pencarian dalam peradaban teknologi internet.

Entah ada kaitannya atau tidak dengan google, saya kira google terinspirasi secara langsung ataupun tidak langsung dari mesin pencari ini sebagaimana hukum teknologi dimana penemuan teknologi akan merembet dengan penemuan-penemuan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here