Home Startup Tahapan Seri Pendanaan Startup

Tahapan Seri Pendanaan Startup

21
0
Ini Dia, Tahapan Seri Pendanaan Startup

Seri pendanaan startup- Mendirikan sebuah perusahaan startup top 100 membutuhkan waktu yang cukup lama, kedisiplinan, dedikasi, dan pendapatan yang memadai.

Sebuah perusahaan startup perlu melewati tahap pendanaan hingga kondisi finansialnya dapat dikatakan stabil.

Sumber dana yang didapatkan perusahaan startup berasal dari berbagai sumber, tergantung minat para investor, jenis industri, serta beberapa faktor lainnya.

Maka dari itu, jika Anda berniat untuk mendirikan perusahaan startup sebaiknya memulai usaha dari sumber dana kecil sebelum melangkah ke tahap selanjutnya.

Tahapan seri pendanaan startup sebuah perusahaan startup terbagi ke dalam beberapa kategori seperti berikut.

Pendanaan selama tahap awal pembentukan

Hal ini merupakan tahap awal yang perlu dilakukan oleh setiap individu atau organisasi yang akan membangun perusahaan startup. Dalam pendanaan tahap awal ini terbagi ke dalam beberapa tahap sebagai berikut:

  1. Pre-seedfunding

Pada tahap ini, pendanaan startup berasal dari sumber yang sudah tersedia. Pada umumnya, investor berasal dari pendiri perusahaan itu sendiri atau bahkan keluarga dan teman-temannya.

Dana yang dibutuhkan dalam tahap pre-seedfunding ini sekitar 150 juta hingga 1,5 miliar rupiah. Untuk mencari sumber dana tersebut, pendiri perusahaan dapat melakukan eksplorasi lebih banyak terkait produk, menyusun rencana launching produk, dan melakukan marketing testing.

2. Seedfunding

Pada tahap pendanaan startup seedfunding berlangsung, perusahaan startup diharapkan telah mendapatkan bantuan untuk menentukan target pasar dan produk akhir.

Investor dapat berasal dari keluarga atau kerabat sendiri, businessangel, microventurecapital, crowdfunding atau berupa penggalangan dana melalui internet.

Pendanaan selama tahap pertumbuhan

Setelah memutuskan produk akhir, tahapan seri pendanaan startup selanjutnya adalah melakukan serangkaian pengujian, mengadakan rekruitmen hingga perusahaan startup dapat melangkah ke tahap selanjutnya.

Baca juga  Macam – Macam Tahapan Pendanaan Untuk Bisnis Startup

Adapun tahapan yang perlu dilakukan oleh perusahaan startup adalah sebagai berikut.

  1. Putaran Seri A

Pendanaan seri A dimulai pada saat  perusahaan startup sudah memiliki produk tetap dan pengguna dengan jumlah tertentu. Dalam tahap ini pendiri startup diharapkan mampu membangun model bisnis yang tepat sehingga mampu berkembang ke wilayah lainnya.

Jumlah dana yang didapatkan dari pendanaan putaran seri A tergantung dari potensi perusahaan startup itu sendiri. Biasanya berkisar 10 miliar hingga 33 miliar rupiah. Dana yang didapatkan berasal dari beberapa investor sekaligus.

2. Putaran Seri B

Pendanaanstartup seri B nantinya akan diberikan kepada perusahaan startup yang sudah mengalami peningkatan scaling dan marketshare. Perusahaan yang akan mendapatkan pendanaan seri B juga diharapkan mampu bertahan untuk bersaing dengan kompetitor dan memiliki tim yang solid.

3. Putaran Seri C dan Seterusnya

Ketika perusahaan sudah mencapai tahap putaran seri C, maka perusahaan tersebut sudah dapat dikatakan matang. Model usaha yang digunakan juga sudah efektif serta memiliki pengguna yang terus meningkat.

4. InitialPublicOffering (IPO)

Dalam tahapan ini perusahaan dapat menawarkan sahamnya kepada masyarakat. Perusahaan yang sudah mencapai tahap IPO artinya sudah memiliki finansial yang stabil

Nah, itulah tahap pendanaan startup yang perlu kamu ketahui jika ingin membangun perusahaan startup.

Previous articleTips Mengembangkan Bisnis Startup Dari Awal Seperti Nordea Startup and Growth
Next articleHal Penting Yang Perlu Dimiliki Perusahaan Startup

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here