Tahapan Audit dalam Pengembangan Bisnis Penting Diketahui

  • Share
Tahapan Audit dalam Pengembangan Bisnis Penting Diketahui

Tahapan audit dalam pengembangan bisnis penting untuk kita pahami. Secara umum, udit merupakan pemeriksaan resmi terhadap akun laporan keuangan yang dihasilkan oleh para individu.

Dalam pelaksanaannya, terdapat beberapa proses dan berbagai langkah untuk menunjang proses audit. Audit dilakukan bertujuan untuk mematikan validitas serta reliabilitas informasi.

Pelaksanaan audit meliputi pemeriksaan rekening atau suatu sistem dengan adanya bukti, data serta dokumen pendukung. Hal ini guna mendeteksi dan juga mencegah kesalahan.

Sebenarnya fungsi utama audit adalah untuk mencegah tindakan fraud atau kekurangan. Dalam hal ini auditor harus memeriksa ketelitian sistem pengendalian internal dalam rangka menentukan sejauh mana pemeriksaan audit.

Mengetahui Tahapan Audit dalam Pengembangan Bisnis

Istilah audit sering terdengar dalam pengelolaan sebuah keuangan. Bahkan saat ini, stilah ini te;ah meluas hingga pada sektor lain seperti lingkungan, pangan serta industri farmasi.

Dalam proses pelaksanaan audit, data serta informasi yang tertuang dalam sebuah laporan akan diperiksa secara lebih detail dan rinci. Hal ini untuk memastikan tidak ada data yang melenceng. Audit dilakukan dengan tujuan supaya data serta informasi pada laporan sesuai dengan kebenaran yang ada.

Audit juga dapat diartikan sebagai proses evaluasi atau pemeriksaan pada suatu organisasi, produk, proses atau sistem. Proses pelaksanaan audit akan dilakukan para pihak yang memiliki kompeten, objektif serta tidak memihak.Pihak-pihak ini pada umumnya disebut dengan auditor.

Baca juga : Peluang Bisnis: Darimana Datangnya Peluang!

Kepemilikan data yang lengkap dan juga akurat dari perusahaan akan memberikan pengaruh dalam pengambilan keputusan yang akan dilakukan. Melalui data-data yang ada, maka para pemimpin perusahaan bisa menentukan langkah yang tepat untuk memajukan serta mengembangkan bisnis yang mereka jalankan.

Dalam pelaksanaan, audit harus melalui beberapa tahapan-tahapan penting. Berikut ini beberapa tahapan audit untuk perkembangan bisnis antara lain:

Perencanaan serta Persiapan Audit

Dalam tahapan pertama ini melibatkan pembuatan rencana audit yang mencatat semua proses audit yang akan terselenggara sepanjang tahun, menjabarkan ruang lingkup setiap audit serta mengidentifikasi pihak-pihak yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan audit. Persiapan audit melibatkan pelatihan personel. Selain itu juga memastikan ketersediaan catatan beserta berbagai dokumen untuk keperluan audit.

Eksekusi Audit serta Kerja Lapangan

Dalam kerja lapangan membutuhkan pengumpulan serta analisis data serta informasi. Terutama untuk menilai apakah kontrol internal organisasi akan bermanfaat sesuai dengan yang dibutuhkan.

Pada umumnya, eksekusi akan melibatkan wawancara dengan personel organisasi, pemeriksaan dokumen, pengumpulan data dan lain sebagainya. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan temuan audit.

Pelaporan serta Review Audit

Tahapan audit dalam pengembangan bisnis selanjutnya adalah pelaporan dan review audit. Laporan audit merupakan perpaduan antara temuan audit dan rekomendasi yang telah diajukan oleh auditor.

Laporan ini selanjutnya dikirim untuk di review oleh manajemen terutama pada laporan audit internal. Kemudian, dalam laporan ini mencakup surat manajemen. Surat tersebut telah tercantum kegagalan atas pengendalian internal hingga terdapat rekomendasi terkait.

Tindakan Korektif serta Pencegahan

Tindakan korektif juga pencegahan ini perlu terjadi saat ada rekomendasi yang berasal dari auditor serta manajemen. Tindakan korektif bertujuan untuk memperbaiki kegagalan atau kekurangan yang terbukti melalui adanya audit. Sedangkan tindakan pencegahan bertujuan untuk menghilangkan beberapa faktor yang dapat menyebabkan adanya kesalahan serta kegagalan di masa depan.

Itulah beberapa tahapan-tahapan audit dalam pengembangan bisnis yang dalam praktiknya tentu terdapat beragam hambatan. Hal tersebut akan dilalui oleh para auditor selama pelaksanaan audit berlangsung. Namun hambatan tersebut dapat diminimalisir dengan cara mematangkan persiapan serta perencanaan audit. Terutama pada workshop tim audit yang akan terjun langsung pada perusahaan klien.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *