Home Startup Startup Top 100: 6 Cara untuk Mendapatkan Funding Startup

Startup Top 100: 6 Cara untuk Mendapatkan Funding Startup

95
0
Startup Top 100: 6 Cara untuk Mendapatkan Funding Startup
Photo by Startup Stock Photos from Pexels

Indonesia termasuk sebagai salah satu negara yang memiliki banyak startup. Tidak tanggung-tanggung startup Indonesia ini tidak hanya memulau tetapi juga memiliki potensi dan berkembang dengan sangat baik. Salah satu buktinya adalah masuknya beberapa startup Indonesia ke dalam startup top 100 dunia.

Jika Anda juga ingin membuat startup, Anda akan membutuhkan 2 modal utama, yaitu ide yang cemerlang dan tentunya dana untuk mengembangkan startup Anda. Tidak peduli sebaik apa ide yang Anda miliki jika Anda tidak tahu cara mendapatkan funding startup untuk membangun startup Anda maka startup Anda tidak akan pernah maju.

Dalam artikel ini kami akan membahas 5 cara yang bisa Anda ikuti untuk mendapatkan pendanaan untuk startup Anda seperti layaknya startup top 100 dunia.

Investor Angel

Salah satu sumber dana untuk startup adalah Angel Investor atau Angel Funding. Angel Investor merupakan jenis investor dalam bentuk individu yang umumnya melakukan investasi pada startup di stage awal perusahaan ini berdiri.

Biasanya sebagai gantinya, seorang yang menjadi angel investor akan mendapatkan timbal balik berkali lipat jika proyek tersebut berhasil. Akan tetapi cara mendapatkan pendanaan untuk startup yang satu ini bisa di sebut cukup sulit untuk dilakukan. Mengapa? Hal ini disebabkan karena pendanaan investasi yang satu ini memang membutuhkan kepercayaan yang tinggi.

Sedangkan untuk nominalnya sendiri, biasanya perusahaan venture capital yang memberikan pendanaan ini akan mengeluarkan dana sebanyak Rp 300 jutaan hingga Rp 1.5 M akan tetapi bisa lebih banyak lagi. Umumnya, untuk mendapatkan dana investasi dari angel investor ini, sebuah perusahaan harus memiliki kualitas, passion, komitmen, integritas peluang pemasaran dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca juga  Ide Bisnis Startup yang Bisa Dikembangkan

Crowdfunding

Crowdfunding merupakan salah satu cara untuk mencari fundingdari beberapa investor untuk startup. Akan tetapi biasanya cara untuk mendapatkan modal ini dilakukan melalui websitecrowdfunding. Website dan pembiayaan seperti ini biasanya akan memberikan peluang bagi sebuah startup untuk mengumpulkan dana untuk bisnis mereka serta membuat sebuah perusahaan mampu menawarkandan mempromosikan produk dan layanannya dengan lebih baik.

Salah satu kelebihan untuk mendapatkan dana funding melalui websitecrowdfunding ini tidak sulit untuk dilakukan. Anda hanya perlu membuat profil Anda dan bisnis Anda di situs crowdfunding. Pastikan Anda membuat informasi yang jelas mengenai perusahaan dan bisnisnya. Anda juga harus memberikan informasi mengenai beberapa uang yang Anda butuhkan untuk modal bisnis usaha Anda.

Setelahnya, tahapan pendanaan startup dengan cara crowdfunding ini adalah dengan menunggu. Orang-orang yang tertarik dengan bisnis Anda akan menginvestasikan uang mereka pada bisnis Anda. Akan tetapi tentunya seorang investor tidak mau gambling dengan uang mereka ya! Biasanya investor akan mencari proyek-proyek yang menjanjikan sehingga mereka bisa mendapatkan timbal balik yang menarik di masa depan.

Selain mudah, saat ini ada banyak juga website yang bisa Anda gunakan untuk mencari pendanaan dengan sistem crowdfunding ini. Dan tidak sedikit lho startup top 100 yang juga menggunakan sistem crowdfunding untuk mendapatkan investasi pertama mereka.

Menggunakan kartu kredit

Satu lagi cara funding yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan modal untuk memulai bisnis adalah kartu kredit. Kartu kredit bisa digunakan dan bahkan umum digunakan untuk perusahaan yang masih dalam skala kecil. Perusahaan yang menggunakan kartu kredit ini biasanya merupakan perusahaan startup dengan ukuran yang masih kecil.

Menggunakan kartu kredit untuk mendapatkan pinjaman dana memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya Anda bisa mendapatkan dana kredit dengan mudah. Anda hanya perlu mendapatkan layanan kartu kredit di bank dan setelah itu Anda bisa menggunakan dana yang Anda pinjam untuk pembiayaan bisnis Anda.

Baca juga  Macam – Macam Tahapan Pendanaan Untuk Bisnis Startup

Akan tetapi cara mendapatkan pendanaan startup ini juga memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan utama dari sistem pendaan dengan menggunakan kartu kredit ini adalah mengenai bunganya yang cukup besar. Selain itu, pendanaan startup ini membutuhkan pembayarankredit secara berkala sesuai dengan perjanjian dengan bank.

Venture Capital

Perusahaan startup yang didanai venture capital juga merupakan salah satu sumber dan cara untuk bisa mendapatkan pendanaan untuk bisnis Anda. Biasanya startup yang mencari pendanaan akan datang ke studio venturecapital untuk mendapatkan pendanaan startup mereka. Hal ini disebabkan karena perusahaan ini bisa menyediakan banyak kebutuhan dari sebuah startup.

Mulai dari modal usaha, pendampingan strategic, memperkenalkan startup pada konsumen potensial, partner dan bahkan pegawai. Inilah yang membuat studio venturecapital sangat menarik untuk membantu sebuah perusahaan untuk mendapatkan dana mereka. Salah satu perusahaan Venturecapital yang biasanya memberikan dana untuk modal bisnis bagi startup potensial adalah nordea startup and growth.

Pinjaman bisnis kecil

Cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan pendanaan bisnis startup Anda adalah pinjaman untuk usaha kecil. Pinjaman ini bisa Anda temukan di mana saja, mulai dari lingkungan hingga dari bank. Akan tetapi pinjaman untuk bisnis kecil atau disebut dengan UMKM ini umumnya diberikan dengan bunga dan harus dikembalikan dalam bentuk cicilan.

Biasanya pemerintah akan mengeluarkan program ini untuk memberikan dana bantuan pada pelaku UMKM dengan bunga yang lebih kecil. Dengan bantuan ini, sebuah bisnis bisa mendapatkan lebih banyak kemudahan mulai dari membangun kembali produk mereka, memperluas jaringan pemasaran, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Seperti disebutkan sebelumnya, seri pendanaan startup dengan menggunakan pinjaman ini bisa Anda temukan dengan mudah. Mulai dari perbankan, dari lingkungan hingga menggunakan pinjaman online. Akan tetapi untuk memastikan pendanaan lebih mudah dilakukan, pastikan Anda tentukan dahulu mana jasa pinjaman yang bisa memberikan keuntungan dan kemudahan sesuai dengan kondisi Anda.

Baca juga  Kenali 5 Cara Mendapatkan Pendanaan Untuk Startup Agar Lebih Berkembang

Untuk mengetahui apakah dana pinjaman dari bank ini lebih menguntungkan untuk bisnis Anda, Anda bisa melihatnya dari beberapa aspek. Aspek pertama adalah dari bunga pinjaman, setelah itu dari waktu pembayaran dana pinjaman apakah dengan cara bulanan atau tahunan, mengenai denda jika ada keterlambatan pembayaran dan masih banyak lagi yang lainnya.

Menggunakan investasi pribadi

Terakhir, jika Anda memiliki sumber investasi pribadi seperti emas, menggunakan emas Anda untuk modal startup juga sangat memungkinkan. Apalagi jika emas yang Anda miliki adalah emas tua yang sudah Anda miliki dari beberapa tahun yang lalu. Hal ini disebabkan karena trading emas hari inimemberikan banyak sekali keuntungan bagi Anda yang memiliki emas dari waktu yang lalu.

Jika Anda menggunakan investasi emas Anda untuk dijual saat ini, Anda bisa mendapatkan return berkali lipat. Apalagi jika emas Anda berusia lebih dari 10 tahun, ini akan membuat Anda mendapatkan banyak sekali keuntungan. Pastikan juga Anda cek bagaimana nilai emas hari ini untuk memastikan Anda bisa mendapatkan pembiayaan maksimal guna mengejar rekan-rekan Anda yang sudah masuk startup top 100 dengan bisnis startup mereka.

Previous articleBerikut Ini Cara Membuat Laporan Keuangan Serta Fungsinya
Next articleIni Dia Tahapan Dalam Cara Mendapatkan Funding Startup Dengan Tepat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here