Home Netizen SpaceX meluncurkan dua astronot ke orbit

SpaceX meluncurkan dua astronot ke orbit

141
0
spacex berhasil luncurkan astronot ke orbit
A SpaceX Falcon 9 rocket carrying 60 Starlink satellites launches from pad 40 at Cape Canaveral Air Force Station in Florida. This is the fifth batch of internet satellites launched by SpaceX, making a total of 300 now in orbit. The first stage booster rocket missed its planned landing on the SpaceX drone ship. (Photo by Paul Hennessy / SOPA Images/Sipa USA)(Sipa via AP Images)

Mikamoney.com-Amerika Serikat membuka era baru perjalanan ruang angkasa berawak pada hari Sabtu ketika sebuah perusahaan swasta SpaceX untuk pertama kalinya meluncurkan astronot ke orbit, hampir satu dekade sejak pemerintah AS menghentikan program pesawat ulang-alik setelah tragedi nasional.

Dua astronot Amerika terbang lepas landas pada pukul 3:22 malam dari landasan peluncuran pesawat luar angkasa Florida yang sama dengan yang melayani misi Apollo dan pesawat ulang-alik. Namun kali ini berbeda, roket dan kapsul yang membawa mereka keluar angkasa dibangun dan dioperasikan bukan oleh NASA tetapi perusahaan swasta SpaceX, perusahaan yang didirikan oleh miliarder Elon Musk untuk mengejar mimpinya mengirim kolonis ke Mars.

Mula-mula naik perlahan-lahan, roket itu melesat seperti lembing meluncur ke langit yang berawan dan lembab setelah tiga hari ditunda karena cuaca di Florida yang kurang mendukung

Ini adalah momen penting bagi Amerika untuk menunjukkan dominasinya dalam bidang sains, inovasi teknologi, dan perusahaan swasta pada saat pandemi coronavirus ditengah ketidakpastian ekonomi, dan perselisihan politik. Jutaan orang di seluruh dunia menonton peluncuran secara online dan disiarkan di televisi selama pemberlakuan karantina mandiri di rumah

Baca juga : Ledakan bintang terbesar yang pernah diamati

Peluncuran pesawat SpaceX ini disaksikan oleh presiden AS Donald Trump dari atap di pusat ruang angkasa bersama staf, pejabat dan politisi Republik. Presiden Trump menyebutnya “inspirasi bagi negara kita” dan “pemandangan yang indah” setelah pesawat tersebut lepas landas ke angkasa.

“Saya sangat bangga dengan orang-orang di NASA, semua orang yang bekerja bersama, publik dan pribadi,” katanya kepada wartawan sebagaimana disampaikan nytimes.

Falcon 9 roket yang membawa kapsul Crew Dragon yang diawaki dua astronot Robert L. Behnken dan Douglas O. Hurley dijadwalkan berada di Stasiun Luar Angkasa Internasional pada hari Minggu pagi.

Ini adalah peluncuran pertama astronot NASA dari Amerika Serikat sejak pesawat ulang-alik dipensiunkan pada tahun 2011. Sejak tahun itu, NASA membayar program ruang angkasanya ke Rusia untuk dapat membawa astronotnya ke stasiun ruang angkasa. Dan dengan keberhasilan ini, NASA, mulai menyerahkan tugas ini ke SpaceX dan membuka kemungkinan baru bagi pihak swasta lain yang tertarik dalam bisnis luar angkasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here