Home News Pesona Taman Nasional Gunung Rinjani

Pesona Taman Nasional Gunung Rinjani

14
danau segara anak gunung rinjani
mikamoney.com

Mikamoney.com– Pesona Taman Nasional Gunung Rinjani menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara sempat diabadikan dalam bingkai mata uang rupiah pecahan Rp. 10.000 yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia tahun 1998.

Bank Indonesia menjadikan panorama Gunung Baru Jari Rinjani yang muncul ditengah permukaan kawah danau Segara Anak dan dikelilingi oleh tebing setinggi ratusan meter, serta puncak Gunung Rinjani yang menjulang ke angkasa dianggap pantas untuk dipromosikan kepada masyarakat Indonesia.

Bagi pendaki, Danau Segara Anak menjadi lokasi favorit untuk berkemah dan melepas penat seusai mendaki melintasi perbukitan terjal, savana, memasuki hutan belantara selama 12 jam dari pintu pendakian Sembalun ataupun pendakian Senaru. Para pendaki akan menikmati pemandangan yang terhampar luas Gunung Rinjani dan Pulau Lombok ketika sampai di puncak Pelawangan tepi Danau Segara Anak Rinjani

Selain melepas penat, lokasi ini juga ideal untuk memanjakan lidah. Ikan-ikan yang ditebar di danau telah dewasa dan banyak beranak pinak sehingga bisa dipancing untuk memenuhi kebutuhan pangan para wisatawan.

Jumlah ikan yang melimpah di Segara Anak, membuat penduduk lokal tertarik datang untuk memancing meskipun harus turun naik bukit selama berjam-jam. Beberapa diantaranya bahkan ada yang menginap selama beberapa hari, dan baru pulang ketika hasil pancingan sudah dirasakan cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya.

Gunung Rinjani menjadi nafas bagi masyarakat sasak penduduk asli Pulau Lombok dengan segala keindahan dan mitos yang menyertainya. Selain itu, Gunung Rinjani dianggap sebagai tempat suci oleh masyarakat Pulau Lombok khususnya masyarakat Hindu. Setiap tahun ribuan umat Hindu melakukan sembahyangan di areal Danau Segara Anak yang dikenal dengan upacara “Mulang Pakelem”.

Lebih lanjut banyak masyarakat Lombok datang ke areal Danau Segara Anak untuk tujuan berobat. Mereka melakukan ritual pengobatan dengan berendam di air panas dan di Danau Segara Anak. Beberapa sumber air panas yaitu Aik Kalak, Pinggiran Danau Segara Anak maupun di beberapa gua.

Tertarik dengan cerita dan pesona Taman Nasional Gunung Rinjani? Follow @gunungrinjani_nationalpark dan @ayoketamannasional_official

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here