Mikamoney.com– Jepang tetap menjadi negara dengan reputasi terbaik dunia, menurut penelitian FutureBrand Country Index 2019 untuk mengukur index kekuatan merek negara dalam persepsi global, sementara popularitas Indonesia naik 10 point dari survey yang dilakukan tahun 2014 menjadi peringkat 56 tingkat dunia dan ranking 16 Asia Pasifik tahun 2019 .

FutureBrand Country Index yang diterbitkan untuk pertama kalinya sejak 2014 memetakan persepsi global dari 75 negara yang berbeda, yang memeringkatnya menurut kekuatan “merek” suatu negara. “Tujuan” dan “pengalaman” suatu negara adalah di antara sejumlah faktor yang dipertimbangkan, serta potensi wisata, warisan dan budaya serta kualitas hidup.

Laporan FutureBrand mencatat bahwa dunia mulai melihat melampaui langkah-langkah tradisional karena kita semua bergulat dengan topik-topik seperti imigrasi, hak senjata, dan ketentuan jaring pengaman sosial seperti perawatan kesehatan dan pendidikan. Karena itu, posisi suatu negara di dunia semakin diukur dalam hal bagaimana negara bereaksi, mencapai keseimbangan, dan berkembang dalam dinamika baru saat ini.

Ketika dunia kita menjadi lebih terhubung dengan peningkatan pengaruh, seringkali tidak nyaman, melalui media sosial, FutureBrand Country Index sekarang memasukkan analisis linguistik dari percakapan media sosial dalam menilai persepsi bangsa.

Tren global seperti perhatian, konsumerisme sadar, pengalaman sebagai mata uang baru, pertumbuhan ekonomi pertunjukan dan kerja jarak jauh semuanya mencerminkan perubahan besar dalam keputusan kecil yang dibuat konsumen dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Pilihan-pilihan pribadi ini seperti protein makanan alternatif, kenaikan agri-tudung, atau penurunan plastik sekali pakai semuanya menunjukkan bahwa premi diberikan bukan pada hidup lebih kaya, tetapi pada hidup yang lebih kaya. Pilihan-pilihan pribadi dan keyakinan bersama ini menghasilkan pengocokan yang mencolok dalam peringkat global negara-negara.

Survei menunjukkan bahwa tiga pembangun kekuatan merek negara adalah:

Keramahan lingkungan

Kualitas hidup

Made in (Produk dan Layanan)

Sebaliknya, hambatan utama terhadap index kekuatan merek negara adalah; potensi bisnis, pariwisata, polarisasi politik, dan kurangnya toleransi. Untuk merek negara, perubahan paradigma ini berarti lebih penting dari sebelumnya untuk menunjukkan kemampuan mereka untuk menjaga keselamatan, kesejahteraan, dan kebahagiaan rakyatnya. Dengan penekanan pada semua orang, tidak hanya memilih tingkatan sosial ekonomi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *