Home Business Konsep Dasar Kewirausahaan serta Faktor Keberhasilan dalam Bisnis

Konsep Dasar Kewirausahaan serta Faktor Keberhasilan dalam Bisnis

126
0
Konsep Dasar Kewirausahaan serta Faktor Keberhasilan dalam Bisnis

Konsep dasar kewirausahaan menuntut semua orang untuk terus dapat berinovasi, sehingga dapat mengikuti kemajuan zaman, serta mampu memenuhi kebutuhan. Sehingga kewirausahaan merupakan salah satu hal yang haruslah dimiliki oleh setiap orang untuk dapat terus bertahan serta memenuhi tantangan kemajuan zaman.

Dalam pengertiannya, kewirausahaan merupakan gabungan dari dua kata yakni wira dan usaha. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, wira merupakan sebuah sifat yang memiliki definisi sebagai pejuang, pemberani, berwatak agung serta berbudi luhur. Sementara usaha memiliki makna sebagai bekerja, serta melakukan sesuatu.

Tips Agar Memiliki Wawasan Bisnis Pengusaha dengan Konsep Dasar Kewirausahaan

Semua orang tentunya memiliki sebuah mimpi serta harapan. Mereka mengupayakan berbagai cara untuk mencapai impiannya tersebut. Salah satunya adalah menciptakan sesuatu, yang berupa sebuah usaha, bisnis, serta melakukan promosi suatu produk yang Anda gemari. (Baca juga: Bentuk promosi dan cara menawarkan produk/jasa kepada konsumen)

Sesuai dengan konsep kewirausahaan, sebuah keberhasilan dalam mencapai sesuatu memanglah tidak terlepas dari berkat kerja keras yang tidak berhenti. Hal ini juga diimbangi dengan pola pikir yang tepat sehingga dapat menentukan keputusan pada setiap permasalahan serta tindakan yang akan diambil. 

Berikut ini bagaimana cara yang dapat Anda lakukan sebagai proses pengembangan pola pikir sebagai wirausaha.

1. Belajar Menerima Saran

Selain harus memiliki insting yang kuat, mendengarkan dan menerima saran dengan tangan terbuka dari orang-orang di sekitar kita tentulah menjadi sebuah jalan yang mengantarkan Anda pada sebuah keberhasilan.

Menerima saran dari orang-orang sekitar yang memiliki pengalaman dalam bidang ini sangatlah membantu Anda dalam menentukan sebuah keputusan. Dengan pengalaman yang mereka miliki, maka Anda akan dapat menanggulangi hal-hal yang merugikan suatu hari nanti. Sebab bagaimanapun, pengalaman adalah guru yang terbaik sepanjang masa,

2. Meningkatkan Kekuatan

Konsep dasar kewirausahaan yang satu ini memanglah cukup penting. Anda tentunya tidak bisa secara terus-menerus dapat melakukan segalanya seorang diri. Seorang wirausaha biasanya lebih mengetahui bahwa mengerjakan sesuatu hanya dalam waktu sehari memanglah tidak akan mungkin selesai.

Sifat utama manusia yang hanya memiliki keahlian pada satu bidang tertentu, Anda tidaklah perlu memaksakan diri untuk fasih dalam mengerjakannya. Berkolaborasi dengan orang lain, yang Anda anggap kompeten untuk dijadikan partner dalam membantu melakukan pekerjaan.

3. Membangun Jejaring

Membangun jaringan bisnis dan relasi tentulah merupakan satu hal yang tidak kalah penting bagi konsep dasar kewirausahaan yang selanjutnya. pasalnya, menjalin sebuah relasi yang berkualitas dapat membantu Anda dalam menuju seorang wirausaha yang ideal. Selain itu Anda dapat dengan mudah menuju pola pikir bagi wirausaha yang ideal.

Baca juga  Berikut Ini Cara Membuat Laporan Keuangan Serta Fungsinya

4. Menetapkan Goal

Menetapkan sebuah goal haruslah secara logis dan realistis. Lupakanlah mengenai rencana hidup yang Anda akan hadapi lima hingga sepuluh tahun kedepan. Usahakan untuk menentukan goal yang lebih realistis sehingga dapat Anda capai dalam waktu yang telah direncanakan.

Terlepas dari semuanya itu. seorang wirausaha haruslah memiliki komitmen dan kerja keras yang tinggi. Semua pencapaian akan Anda raih apabila memiliki etos kerja yang kuat dan mau bekerja keras. Sebab berhasilnya sesuatu berasal dari kerja keras yang tidak pernah lelah.

Karakteristik Kewirausahaan

Pada konsep dasar kewirausahaan, seorang wirausaha haruslah memiliki karakteristik yang menonjol. Hal ini perlu diasah untuk menciptakan seorang wirausaha yang unggul serta memiliki etos kerja yang tinggi. Beberapa karakteristik yang harus ada dalam setiap diri wirausaha adalah sebagai berikut.

– Motif Berprestasi yang Tinggi

Beberapa Ahli menegaskan, seseorang yang memiliki minat dalam berwirausaha memiliki motif tertentu. Motif yang pertama adalah motif berprestasi. Motif ini merupakan sebuah nilai sosial yang lebih menekankan sebuah hasrat agar dapat mencapai sesuatu dengan hasil terbaik sehingga dapat mencapai suatu kepuasan pada diri pribadi.

– Selalu Memiliki Perspektif Ke Depan

Syarat utama menjadi seorang wirausaha ialah haruslah memiliki pola pemikiran yang optimis. Hal ini sesuai dengan konsep dasar kewirausahaan yaitu dengan menatap masa depan dengan penuh keyakinan melalui pola pikir yang optimis serta usaha yang maksimal.

Dalam melakukan sebuah usaha, seorang wirausaha haruslah penuh dengan pertimbangan dan perhitungan sehingga tidak ada satu perilaku pun yang akan mengakibatkan sebuah kekalahan dan penyesalan di kemudian hari. Sementara memiliki perspektif ke depan membuat mereka tidak pernah menyerah, dan terus berusaha menciptakan inovasi produk terbaru sehingga menghasilkan sesuatu yang berbeda dengan yang lainnya.

– Memiliki Kreativitas yang Tinggi

Kreativitas merupakan sebuah kemampuan untuk menciptakan sesuatu. Bagi seorang wirausaha, tentulah akan menciptakan inovasi terbaru yang berbeda serta belum pernah ada yang sama persis dengan yang sebelumnya. Selain karena ingin terlihat berbeda sebuah karya yang baru serta tidak ditemukan di mana-mana menjadi nilai tambah bagi seorang wirausaha dalam memperkenalkan kekhasan usahanya yang tidak sama dengan usaha yang sudah ada.

– Memiliki Inovasi yang Tinggi

Menjadi seorang wirausaha memanglah tidak mudah. Hanya saja, tidak juga terlampau sulit seperti yang terbayang dalam benak sebagian orang. Dalam melakukan pengamatan serta belajar mendalami sesuatu, seorang wirausaha akan berpikir panjang perihal apa yang bisa dipelajari serta dimodifikasi sedemikian rupa sehingga tampak berbeda dengan yang lainnya.

– Selalu Memiliki Komitmen Dalam Pekerjaan, serta Memiliki Etos Kerja Serta Tanggung Jawab yang Tinggi

Baca juga  Prinsip Bisnis Sederhana dalam Memulai Usaha

Konsep menjadi seorang wirausaha haruslah memiliki komitmen dan tekad yang bulat. Selain itu, pada saat terjun kedalam kewirausahaan, haruslah sepenuh hati dalam mencurahkan segenap perhatiannya. Konsep dasar kewirausahaan adalah yang berani menanggung segala resiko yang timbul di kemudian hari.

Karena dalam menggeluti sebuah usaha tentunya akan menemui kesulitan-kesulitan bahkan kegagalan dalam usahanya. Menjadi seorang wirausaha haruslah tetap bertanggung jawab pada segala keputusan yang diambil.

– Bersikap Mandiri

Menilik pada konsep dasar kewirausahaan bahwa menjadi seorang wirausaha haruslah menciptakan sesuatu yang baru serta berbeda dari yang lain dengan berpikir kreatif, maka seorang wirausaha juga dituntut untuk menciptakan berbagai peluang yang berasal dari pikirannya. Sehingga, wirausaha dapat mandiri dalam usaha yang telah ia geluti tanpa harus bergantung pada orang lain.

– Fokus Terhadap Eksekusi

Seorang wirausaha yang baik sesuai konsep dasar kewirausahaan yaitu seseorang yang memiliki cara pandang menggunakan entrepreneur mindset akan merealisasikan sebuah ide yang terbesit di kepalanya menjadi sesuatu yang nyata. Sehingga mereka dapat menganalisis sesuatu dengan sebenarnya melalui evaluasi dan kendala yang dihadapi di lapangan. (Baca juga: Design thinking untuk menemukan ide yang brilian)

Jenis-Jenis Wirausaha

Setidaknya terdapat tiga jenis kewirausahaan yang paling populer di Indonesia, dengan definisi sebagai berikut.

1. Usaha Retail

Seperti yang kita ketahui bahwa jenis usaha ini memanglah banyak digemari. Hal tersebut dikarenakan dalam melakukan usaha retail, memang tidak pernah ada matinya. Usaha retail merupakan usaha penjualan secara eceran kepada konsumen. Jenis usaha ini merupakan sebuah usaha dengan resiko yang minim, karena persaingan hanya berdasarkan antara peritel saja.

2. Startup Bisnis

Jaringan internet dewasa ini memang bukan lagi sesuatu yang mewah. Menggunakan ponsel cerdas, kini kita sudah dapat melakukan kegiatan ekonomi. Hal inilah yang akhirnya dikenal sebagai industri digital. Di era pandemi Covid-19 seperti sekarang, usaha startup melalui media digital memang menjadi metode yang banyak diminati.

3. Industri Kreatif

Dalam jenis usaha ini, memanglah sebagian besar mengandalkan sebuah kreativitas. Dengan modal usaha yang cukup kecil, sehingga jenis wirausaha ini bebas dan tidak memiliki kerangka tertentu dalam menghasilkan sebuah kreativitas produk yang telah dihasilkan.

Dalam era pandemi seperti sekarang ini, memiliki ilmu kewirausahaan memanglah memiliki banyak manfaat. Konsep dasar kewirausahaan yang menuntut pelaku usaha untuk berpikir kreatif dapat membantu Anda mencari peluang untuk usaha yang Anda geluti. Sehingga tetap akan membantu percepatan ekonomi bagi negara Indonesia.

Hal-hal yang Menyebabkan Kegagalan dan Keberhasilan Dalam Berwirausaha

Baca juga  Cara Menjadi Entrepreneur yang Kreatif

Dalam melakukan sebuah usaha, tentunya Anda akan mendapatkan keberhasilan maupun kegagalan. Hal ini tidaklah timbul dengan begitu saja, melainkan terdapat beberapa faktor yang membersamainya.

1. Faktor Kegagalan Berwirausaha

Konsep dasar kewirausahaan memiliki keharusan bagi setiap pelaku usaha untuk bersiap menerima resiko yang dihadapi. Beberapa kegagalan harus ada untuk menempa seberapa kuat mental seorang wirausaha.

Hal-hal tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

– Tidak Kompeten dalam Hal Manajerial

Kemampuan dalam pengetahuan mengelola usaha merupakan sebuah hal yang menjadi penyebab berhasil atau tidaknya sebuah usaha yang baru dimulai. Ketidaktahuan serta minim kompetensi membuat pintu kegagalan terbuka lebar bagi usaha yang baru saja Anda rintis. Sehingga mempelajari secara detail dan terperinci haruslah Anda lakukan sebelum benar-benar terjun ke industri wirausaha tersebut.

– Kurang Berpengalaman

Seperti kata pepatah yang menyebutkan bahwa pengalaman merupakan guru yang paling berharga. Hal tersebut juga terdapat dalam konsep dasar kewirausahaan. Kurangnya pengalaman pada saat melakukan koordinasi, serta keterampilan dalam mengelola SDM akan berimbas buruk pada usaha yang baru Anda rintis.

– Kurang Melakukan Perencanaan

Perencanaan merupakan pondasi awal yang menentukan proses selanjutnya. Gagal pada perencanaan awal akan berakibat pada kesulitan yang berkesinambungan pada saat pelaksanaan.

– Sikap Tidak Sungguh-Sungguh Serta Ketidakmampuan Dalam Melakukan Transisi Kewirausahaan

Melakukan usaha secara setengah hati merupakan hal yang tidak efektif. Hal ini akan mengganggu pelaksanaan konsep dasar kewirausahaan yang sebenarnya. Jika melakukan suatu usaha tanpa Anda terjun secara langsung dan memahaminya dengan baik, maka besar kemungkinan usaha Anda akan gagal dan berakhir.  

Sementara tidak siap dalam menghadapi serta melaksanakan sebuah perubahan tidak akan menjadi seorang wirausaha yang berhasil di kemudian hari. Hal ini merupakan suatu alasan mengapa konsep dasar kewirausahaan haruslah diterapkan dengan sebagaimana mestinya.

Kesimpulan

Kewirausahaan merupakan sebuah kemampuan yang mengandalkan kreatifitas serta inovasi dalam menciptakan suatu usaha yang baru serta berbeda daripada yang lain. Sejalan dengan tuntutan perubahan zaman yang terlampau begitu cepat, serta kondisi pandemi yang semakin mencekam, maka pelaku wirausaha haruslah dituntut memiliki banyak keunggulan sehingga dapat bersaing dalam berjuang melangsungkan kehidupan.

Baca juga: Wirausahawan China: belajar dari negeri tirai bambu

Hal ini juga berlaku untuk meningkatkan kemampuan serta wawasan bagi peluang usaha apa yang dapat bersaing di era new normal seperti sekarang ini. Jika semuanya telah dilakukan sesuai dengan konsep dasar kewirausahaan. Menjadi seorang wirausaha memanglah membanggakan. Anda dapat bekerja sesuai dengan skill yang Anda miliki, serta memberikan lapangan pekerjaan bagi banyak tenaga kerja yang baru.

Previous articleCara Membangun Karakter Wirausaha Dalam Diri Seseorang
Next articleUntuk Menjadi Kaya Tidak Berarti Membanting Tulang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here