Home Startup Kenali 5 Cara Mendapatkan Pendanaan Untuk Startup Agar Lebih Berkembang

Kenali 5 Cara Mendapatkan Pendanaan Untuk Startup Agar Lebih Berkembang

46
0
Kenali 5 Cara Mendapatkan Pendanaan Untuk Startup Agar Lebih Berkembang

Ada banyak cara mendapatkan pendanaan untuk startup, tapi untuk mendapatkannya itu sendiri bukanlah perkara mudah. Karena pada saat memulai bisnis startup pun tentunya ada banyak hal yang harus dipertimbangkan termasuk mengenai masalah pendanaan.

Pendanaan usaha startup

Tidak jauh berbeda dengan berbagai jenis usaha lainnya, untuk memulai usaha startup, Anda juga membutuhkan modal atau pendanaan awal. Karena itulah, banyak orang yang menggunakan tabungan pribadi untuk memulai usahanya. Namun dalam proses pengembangan usaha, tentunya Anda membutuhkan tambahan dana lainnya yang mana jumlahnya pun tidak sedikit.

Jenis pendanaan tersebut bisa Anda dapatkan dari luar. Dalam hal ini, pendanaan tersebut dikenal dengan istilah pendanaan eksternal. Sedangkan untuk mendapatkannya, Anda bisa menggunakan beberapa cara berikut ini:

1.      Ekuitas atau pun saham

Memindahtangankan atau istilahnya menjual saham / ekuitas adalah cara paling mudah yang dapat Anda lakukan untuk menghasilkan modal usaha dalam jumlah banyak. Cara yang satu ini umumnya dilakukan para pengusaha startup untuk mendapatkan sejumlah dana yang berasal dari investor. Sedangkan sebagai gantinya, tentu saja para investor tersebut akan mendapatkan saham di perusahaan itu sendiri.

2.     Loan atau pinjaman

Jenis pendanaan startuplainnya juga bisa Anda dapatkan melalui loan. Loan dikenal pula sebagai bentuk pinjaman. Cara ini dapat Anda lakukan dengan mengajukan permohonan pinjaman dari sejumlah uang tertentu pada pihak kreditur. Untuk pinjaman itu sendiri bisa Anda dapatkan dengan mudah, baik itu melalui institusi keuangan seperti halnya bank, kemudian institusi lain yang tidak berkaitan dengan keuangan dan bahkan secara perseorangan.

3.      Konversi utang menjadi saham

Berbeda dengan dua cara di bagian atas tadi. cara ini umumnya dilakukan padajenis pendanaan awal dari startup top 100. Dalam hal ini para investor akan meminjamkan sejumlah dana pada pihak startup. Apabila dana tersebut telah melewati masa atau batas waktu pembayaran yang telah ditentukan dan belum terbayar. Tentunya jumlah utang tersebut pun akan dikonversikan menjadi saham pada startup itu sendiri.

Baca juga  Strategi Exit Startup dalam Siklus Perjalanan Membangun Startup

4.      Utang ventura

Utang ventura dikenal sebagai cara mendapatkan pendanaan untuk startup lainnya. Seperti yang Anda tahu, bisnis startup umumnya tidak memiliki banyak aset atau arus kas. Karena itulah solusi pendanaan yang bisa didapatkannya pun harus dilakukan dengan syarat pinjaman yang lebih mudah.

Dalam hal ini utang ventura hadir dengan syarat pinjaman yang tentunya dapat disesuaikan pada karakteristik startup. Dengan kata lain, cara yang satu ini termasuk dalam bentuk pinjaman umum, hanya saja kondisi pinjaman yang dilakukannya lebih disesuaikan. Utamanya untuk jenis bisnis startup dengan aset terbatas sebagai barang jaminan yang diberikannya.

5.      Pinjaman pemegang saham

Sesuai dengan nama yang dimilikinya, jenis pendanaan yang satu ini berasal dari modal usaha yang diperoleh melalui pinjaman yang dilakukan oleh para pemegang saham. Untuk jenis pinjaman ini umumnya ia dikenakan biaya bunga yang rendah. Akan tetapi ada pula yang tidak menghadirkan bunga sama sekali.

Demikian lima cara mendapatkan pendanaan untuk startup hingga berkembang pesat.

Previous articleIni Dia Tahapan Dalam Cara Mendapatkan Funding Startup Dengan Tepat
Next articleMengenal Lebih Dekat Perusahaan Venture Capital di Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here