Kartu Pra Kerja dan Cara Mendaftarnya

  • Share
kartu pra kerja
mikamoney.com

Mikamoney.com– Pemerintah Indonesia telah meluncurkan program Kartu Pra Kerja melalui situs www.prakerja.go.id. Pada batch pertama pendaftaran telah ditutup pada kamis (16/4) pukul 16.00 WIB. Untuk selanjutnya pendaftaran akan kembali dibuka pada pekan depan. Nah, bagi anda yang mau mendaftarkan diri sebagai peserta Kartu Pra Kerja silahkan akses situs tersebut.

Apa itu Kartu Pra Kerja ?

Kartu Prakerja merupakan bantuan biaya pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau meningkatkan keterampilannya.

Kartu Prakerja tidak hanya untuk mereka yang sedang mencari pekerjaan, namun juga buruh, karyawan dan pegawai. Pendeknya, semua warga negara yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang sekolah atau kuliah, boleh mendaftar.

Belajar dan berlatih tak mengenal usia. Lifelong learning. Namun prioritas diberikan pada pencari kerja usia muda. Karena langkah pertama di dunia kerja akan membawa pada langkah-langkah selanjutnya yang lebih gemilang di masa depan.

Bagaimana Cara Mendaftarnya ?

Sebelum mendaftar, pastikan dulu bahwa persyaratan sudah dipenuhi, yaitu warga negara Indonesia (WNI), berusia 18 tahun ke atas, dan tidak sedang menempuh pendidikan formal. Pekerja yang baru saja terkena PHK dan tidak menempuh pendidikan formal juga bisa ikut.

Kemudian, persiapkan KTP untuk keperluan mendaftar. Selanjutnya pilih menu Masuk dan lakukan pendaftaran pada situs Pra Kerja tersebut.

Baca juga: Untuk apa kuliah kalau ujungnya sulit dapat kerja!

Dalam menu daftar akun, cukup mengisi email dan password yang harus dibuat lebih dari 8 karakter dengan kombinasi huruf kapital dan kecil, serta angka. Setelah itu pastikan kalimat persetujuan dicentang pilihan ‘saya menyetujui syarat dan ketentuan privasi yang berlaku’.

Pendaftar harus memverifikasi email yang dikirim secara otomatis oleh sistem ke email anda sesuai dengan alamat email yang digunakan pada saat mendaftar. Untuk memverifikasinya, buka email anda pada halaman inbox dengan cara klik link verifikasi maka akan kembali ke halaman utama www.prakerja.go.id dan sudah bisa melakukan login

Jika sudah selesai langkah ini, maka resmi memiliki akun di situs Kartu Pra Kerja. Apabila sebelumnya tidak lolos gelombang pertama, tak perlu membuat akun lagi.

Langkah selanjutnya, masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan tanggal lahir. Lalu berlanjut pada pengisian formulir data diri.

Di tahap pengisian data diri, yang perlu diisi nama lengkap, alamat sesuai KTP, jenis kelamin, pendidikan terakhir, dan status kerja. Diperlukan waktu sekitar 3 menit.

Selanjutnya, yaitu upload foto KTP dan selfie dengan menyertakan KTP. foto KTP tidak bisa hasil scan, namun harus KTP yang difoto langsung dengan kamera.

Tahap selanjutnya mengisi nomor handphone dan secara otomatis kode OTP dikirim ke tersebut, lalu anda masukkan kode OTP sebagai verifikasi

Tahap selanjutnya, anda harus mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar yang terdiri dari 18 soal dengan durasi pengisian maksimal 25 menit. Sebelum mengikuti tes ini, pastikan dulu koneksi internet anda stabil

Nah, jenis soalnya antara lain  pengoperasian matematika, pengurutan instruksi, dan pemahaman bacaan non-sastra. Diperlukan  waktu sekitar 20 menit.

Jika sudah mengikuti tes, langkah selanjutnya yakni bergabung dengan gelombang pertama pendaftaran Kartu Pra Kerja dengan mengklik menu gabung di laman dashboard. Jika sudah bergabung, maka anda resmi terdaftar sebagai calon peserta Kartu Pra Kerja, dan tinggal menunggu hasil evaluasi. Selamat mencoba!

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *