Home Startup Ini Dia Tahapan Dalam Cara Mendapatkan Funding Startup Dengan Tepat

Ini Dia Tahapan Dalam Cara Mendapatkan Funding Startup Dengan Tepat

35
0
Ini Dia Tahapan Dalam Cara Mendapatkan Funding Startup Dengan Tepat
Ilustrasi (Proxyclick/pixabay)

Bagaimana sih cara mendapatkan funding startup? Bentuk pertanyaan tersebut kini banyak dilontarkan. Hal ini berkaitan dengan banyaknya usaha atau bisnis startup yang maju dan mengalami perkembangan pesat di Indonesia. Sehingga banyak para pengusaha yang tertarik dan ingin memulai usaha serupa.

Akan tetapi dalam memulai usaha tersebut, ada banyak hal yang dibutuhkan. Bukan hanya berkaitan dengan ide atau gagasan saja. tetapi modal atau pendanaan pun juga turut mempengaruhi. Ada dua sumber utama yang dapat Anda gunakan sebagai pendanaan awal untuk memulai usaha startup, berikut penjelasannya :

1      Pendanaan dari tabungan pribadi

Untuk pendanaan yang digunakan dari tabungan milik pribadi ini dikenal dengan istilah bootstrapping. Jenis pendanaan ini dikenal sebagai bentuk pendanaan paling ideal. Utamanya bagi mereka yang ingin segera bergelut dalam bidang startup dan juga sebagai latihan dasar untuk menghadapi scaleup.

2      Pendanaan eksternal

Berbeda dengan jenis pendanaan yang ada di bagian atas tadi. Untuk jenis pendanaan yang kedua adalah mencari pendanaan dari luar. Pencarian pendanaan tersebut bisa Anda dapatkan dengan melakukan presentasi dan juga pitching pada investor.

Jenis pendanaan yang satu ini umumnya lebih dilakukan oleh mereka yang telah melakukan usaha startup dan usahanya tersebut mulai berdiri dengan teguh. Sedangkan pendanaan, umumnya dilakukan untuk raisefunding atau memperluas target pasar.

Mengenal proses raise funding startup

Pendanaan usaha startup dengan menggunakan uang pribadi memang tidak serumit pendanaan yang didapatkan dari eksternal. Namun jenis pendanaan tersebut tentunya tidak dapat terjaga dengan stabil. Itu sebabnya dibutuhkan pendanaan dari luar atau bentuk pendanaan eksternal.

Sebelum Anda menyatakan akan melakukan raise funding dan mencari cara mendapatkan funding startup dari luar. Ada baiknya jika Anda mengenal beberapa tahapan pendanaan eksternal terlebih dahulu. Seperti halnya beberapa tahapan yang umumnya dilakukan oleh startup top 100 berikut ini:

Baca juga  Inovasi Untuk Organisasi dan Startup

·         Pre-Seed Funding

Tahap yang satu ini dikenal sebagai tahap awal. Karena itulah tahapan ini pun umumnya dimulai dengan proses pengenalan founderstartup juga model bisnis yang dilakukannya. Untuk para investor yang dimilikinya sendiri umumnya terdiri dari keluarga atau bahkan kerabat dekat.

·         Seed Funding

Masih termasuk dalam tahap awal, pendanaan pada bagian seed funding startup umumnya ditujukan untuk menggerakan roda bisnis dari usaha startup itu sendiri. Seperti halnya digunakan untuk pengembangan produk dan lainnya.

·         Series A

Pada tahapan ini, umumnya startup telah memiliki beberapa produk unggulan dan bahkan telah memiliki banyak pelanggan.

·         Series B

Tahap ini ditandai dengan startup yang telah berusia 2-4 tahun, sehingga ia telah memiliki basis pengguna yang dapat menghasilkan keuntungan.

·         Series C

Untuk tahapan ini, funding lebih dilakukan untuk proses ekspansi produk serta pasar. Seperti halnya membuka cabang, dan lainnya.

·         Initial Public Offering (IPO)

IPO dikenal pula sebagai penawaran umum dari saham perdana. Hal ini dikenal sebagai tahapan akhir yang mana startup melakukan penjualan saham secara terbuka di bursa efek.

Demikian penjelasan singkat mengenai tahapan rais funding dalam cara mendapatkan fundingstartupyang harus Anda pahami terlebih dahulu.

Previous articleStartup Top 100: 6 Cara untuk Mendapatkan Funding Startup
Next articleKenali 5 Cara Mendapatkan Pendanaan Untuk Startup Agar Lebih Berkembang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here