Cara Mempromosikan Bisnis Anti Ribet

  • Share
Cara Mempromosikan Bisnis Anti Ribet
Media promosi (photo: zerys)

Pemasaran adalah salah satu bagian penting pada bisnis karena dengan adanya pemasaran maka bisnis akan mudah dikenal oleh masyarakat. Apalagi untuk usaha mikro menengah yang membutuhkan kegiatan promosi agar produknya bisa terkenal. Jadi pemilik usaha harus tahu cara mempromosikan bisnis itu.

Khusus bagi pemilik bisnis yang baru maka ada beberapa cara untuk mempromosikan produk kepada masyarakat. Pemasaran juga dapat dilakukan untuk menarik minat dan kepercayaan dari masyarakat terhadap produk tersebut. Beberapa caranya adalah sebagai berikut: 

Cara Mempromosikan Produk dengan Cepat

Promosi harus dilakukan jika ingin masyarakat mengetahui mengenai produk tersebut. Barangkali produk tersebut adalah kebutuhan yang dicari oleh masyarakat. Berikut cara mempromosikannya agar cepat laku.

1.     Melibatkan Diri pada Event Besar

Untuk cara yang pertama adalah dengan melibatkan diri pada kegiatan atau event besar. Misalnya di sebuah tempat mengadakan acara dan mengundang pebisnis kecil untuk membuka stand. Cobalah menggunakan kesempatan tersebut untuk mempromosikan produk tersebut.

Ketika rajin mengikuti kegiatan tersebut maka hal yang akan didapatkan adalah pelanggan. Apalagi jika baru buka dan menawarkan promo menarik tentu hal tersebut akan meningkatkan minat dari konsumen untuk membelinya.

2.     Mengumpulkan Data Konsumen

Cara mempromosikan bisnis yang berikutnya adalah dengan mengumpulkan data dari konsumen. Dengan melakukan pendataan maka lebih mudah untuk melakukan pemasaran. Misalnya dimulai dari memberikan penawaran kepada anggota keluarga.

Selain itu semua data yang telah ditulis mulailah untuk menawarkan produk satu persatu sesuai dengan datanya. Hal ini akan membantu pemilik usaha agar tidak mengalami kebingungan saat akan mempromosikan usahanya.

3.     Melakukan Survei Terlebih Dahulu

Agar proses promosi dapat menghasilkan banyak pelanggan, cara berikutnya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan survei terlebih dahulu. Survei yang dimaksud adalah mencari informasi mengenai harga beli di pasaran.

Lalu berikutnya tinggal menyesuaikannya saja dengan produk tersebut, jika harganya tidak jauh berbeda dari harga pasaran maka pembelinya bisa bertambah banyak. Survei juga penting dilakukan sebelum membangun bisnis. Apa yang menjadi kebutuhan dari masyarakat bisa dijadikan sebagai ide bisnis.

4.     Melakukan Kegiatan Amal

Cara mempromosikan bisnis yang berikutnya adalah dengan mengadakan kegiatan amal. Ini bisa dijadikan momen penting untuk mengenalkan produk kepada masyarakat. Rasa peduli yang ditujukan dalam kegiatan amal dapat membuat pelanggan percaya terhadap bisnis tersebut.

Tentu rasa penasarannya juga akan bertambah apalagi jika yang mengikuti kegiatan amal itu banyak. Selain meningkatkan rasa percaya dari pelanggan, tentu hal ini juga dapat dijadikan sebagai ajang memperkenalkan perusahaan kepada konsumen.

5.     Memanfaatkan Media Sosial untuk Promosi

Cara berikutnya yang juga terbukti ampuh adalah dengan menggunakan media sosial. Sudah banyak pebisnis yang menggunakan cara ini dan terbukti efektif. Apalagi sekarang hampir semua orang bermain sosial media apapun.

Adapun langkah pertamanya adalah dengan memilih akan memanfaatkan sosial media apa misalnya Instagram. Langkah berikutnya adalah dengan membuat akun dari usaha tersebut. Lalu kemudian dilanjut dengan membuat postingan yang menarik.

Buatlah caption yang bisa membuat masyarakat penasaran dan jangan lupa sertakan hastag sesuai dengan bisnisnya. Jika ingin mencoba sosial media lain juga bisa menggunakan Facebook Ads, Youtube Ads, TikTok Ads, Google Ads dan lain sebagainya.

Pebisnis juga dapat memanfaatkan fitur iklan yang terdapat pada sosial media tersebut. Tentu akan memerlukan biaya tambahan dan sebaiknya persiapkan hal tersebut sebaik mungkin.

6.     Memberikan Promo atau Tawaran Menarik

Cara terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan penawaran menarik. Misalnya karena bisnis baru buka maka coba untuk memberikan diskon atau potongan harga. Masyarakat sangat menyukai yang namanya promo.

Beberapa cara mempromosikan bisnis yang telah disebutkan di atas dapat dijadikan sebagai alternatif promosi. Pebisnis dapat memilih salah satu atau mencoba semua cara di atas agar produk menjadi laku keras.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *